Comscore Tracker

5 Pemain Real Sociedad yang Dijual dengan Harga Mahal

Sebagian besar merupakan jebolan akademi Real Sociedad

Real Sociedad sedang tampil bagus di Liga Spanyol 2021/2022. Klub asuhan Imanol Alguacil ini sedang berada di papan atas Liga Spanyol. Mereka bersaing ketat dengan Real Madrid dan Atletico Madrid.

Real Sociedad ternyata juga pernah merasakan gelar juara, yakni 2 gelar Liga Spanyol, 3 gelar Copa del Rey, dan 1 gelar Piala Super Spanyol. Gelar terakhir yang dimenangkan Real Sociedad ialah Copa del Rey 2019/2020 lalu. Saat itu, Real Sociedad mengandalkan Martin Odegaard, Mikel Oyarzabal, dan Alexander Isak.

Kini, Martin Odegaard sudah tidak bersama Real Sociedad. Namun, mereka masih bisa mengandalkan duet Mikel Oyarzabal dan Alexander Isak. Kedua pemain tersebut tampil bagus musim ini.

Klub-klub besar pun mulai tertarik merekrut kedua pemain tersebut. Pada bursa transfer Januari musim ini, bukan tak mungkin Real Sociedad bakal menjualnya jika ada tawaran mahal yang datang.

Berbicara tentang penjualan pemain, Real Sociedad ternyata pernah beberapa kali menjual pemain dengan harga mahal. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Antoine Griezmann

5 Pemain Real Sociedad yang Dijual dengan Harga MahalAntoine Griezmann (skysports.com)

Antoine Griezmann merupakan pemain asal Prancis yang berposisi sebagai penyerang. Griezmann termasuk jebolan akademi Real Sociedad.

Pada April 2010, ia berhasil promosi ke tim utama Real Sociedad. Griezmann menjadi salah satu pemain kunci bagi  klub Basque tersebut. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Griezmann telah memainkan 202 pertandingan bersama Real Sociedad dengan torehan 52 gol dan 18 assist di semua kompetisi.

Antoine Griezmann menjadi salah satu pemain muda yang bersinar di Eropa kala itu. Ia pun menjadi incaran klub-klub besar Eropa, seperti Arsenal, Tottenham Hotspur, hingga AS Monaco.

Pada musim panas 2014, Griezmann memutuskan untuk pindah dari Real Sociedad. Namun, ia tetap bermain di Liga Spanyol dengan bergabung bersama Atletico Madrid. Griezmann pun menjadi penjualan termahal Real Sociedad hingga saat ini, yakni sebesar 54 juta euro atau saat ini sekitar Rp879 miliar.

2. Inigo Martinez

5 Pemain Real Sociedad yang Dijual dengan Harga MahalInigo Martinez (sempreinter.com)

Berikutnya ada nama Inigo Martinez, bek tengah asal Spanyol. Martinez juga termasuk jebolan akademi Real Sociedad.

Ia berhasil promosi ke tim utama Real Sociedad pada musim panas 2011. Martinez tampil brilian bersama Real Sociedad.

Perannya sangat dibutuhkan di lini pertahanan Real Sociedad. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Martinez telah memainkan 239 pertandingan bersama Real Sociedad dengan torehan 17 gol dan 6 assist di semua kompetisi.

Pada musim dingin 2018, Real Sociedad menjual Inigo Martinez ke Athletic Bilbao dengan harga sebesar 32 juta euro atau saat ini sekitar Rp 521 miliar. Athletic Bilbao merekrut Martinez untuk menggantikan posisi Aymeric Laporte yang memutuskan pindah ke Manchester City.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Real Sociedad

3. Asier Illarramendi

5 Pemain Real Sociedad yang Dijual dengan Harga MahalAsier Illarramendi (skysports.com)

Asier Illarramendi berperan sebagai gelandang bertahan. Pemain Spanyol ini termasuk jebolan terbaik akademi Real Sociedad. Ia sangat piawai dalam mendistribusikan bola di lini tengah. Ia juga kerap membantu pertahanan maupun serangan. Pada musim panas 2013, Illarramendi dijual ke Real Madrid dengan harga sebesar 32 juta euro atau saat ini sekitar Rp521 miliar.

Real Madrid merekrut Asier Illarramendi untuk dijadikan pelapis sekaligus penerus dari Xabi Alonso. Sayangnya, Illarramendi gagal memenuhi ekspektasi pihak Real Madrid. Cedera merupakan salah satu hal yang memicu gagalnya Illarramendi bersama Real Madrid. Selain itu, Real Madrid juga mendapat sosok pengganti Xabil Alonso yang tepat, yakni Casemiro. Pada musim panas 2015, Illarramendi memutuskan berpisah dengan Real Madrid untuk kembali ke klub lamanya Real Sociedad.

4. Alvaro Odriozola

5 Pemain Real Sociedad yang Dijual dengan Harga MahalAlvaro Odriozola (sporteology.net)

Selanjutnya ada nama Alvaro Odriozola, pemain yang berperan sebagai bek sayap kanan. Pemain Spanyol ini juga menimba ilmu di akademi Real Sociedad.

Odriozola berhasil promosi ke tim utama pada musim dingin 2017. Odriozola langsung bersinar semenjak dipomosikan Real Sociedad. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Odriozola memainkan 57 pertandingan bersama Real Sociedad dengan torehan 1 gol dan 9 assist di semua kompetisi.

Real Madrid yang sangat gencar dalam merekrut pemain muda tertarik untuk memboyong Alvaro Odriozola ke Santiago Bernabeu. Pada musim panas 2018, Real Sociedad setuju untuk menjual Odriozola ke Real Madrid. Kala itu, Odriozola dijual dengan harga sebesar 30 juta euro atau saat ini sekitar Rp488 miliar.

Sayangnya, Odriozola tak menjadi pilihan utama di Real Madrid. Ia gagal menjadi pesaing Dani Carvajal maupun penerusnya. Bahkan, ketika Carvajal cedera, pihak Real Madrid lebih memilih memasang Lucas Vasquez yang posisi aslinya merupakan penyerang sayap.

5. Diego Llorente

5 Pemain Real Sociedad yang Dijual dengan Harga MahalDiego Llorente (skysports.com)

Diego Llorente merupakan pemain Spanyol yang berposisi sebagai bek tengah. Real Sociedad membeli Llorente dari Real Madrid pada musim panas 2017 dengan harga sebesar 11 juta euro atau saat ini sekitar Rp179 miliar.

Sempat gagal bersama Real Madrid, Llorente mulai tampil bagus bersama Real Sociedad. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Llorente memainkan 88 pertandingan bersama Real Sociedad dengan torehan 8 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2020, Real Sociedad memutuskan untuk menjual Real Sociedad ke klub Inggris, Leeds United, dengan harga sebesar 20 juta euro atau saat ini sekitar Rp325 miliar. Pihak Real Sociedad pun berterima kasih atas kinerja Llorente selama 3 tahun yang dinilai sangat profesional dan berkomitmen.

Itulah deretan pemain yang dijual Real Sociedad dengan harga mahal. Saat ini, Real Sociedad memiliki dua pemain yang sedang bersinar, yakni Mikel Oyarzabal dan Alexander Isak. Kedua pemain tersebut sedang diincar oleh klub-klub besar Eropa.

Baca Juga: 5 Fakta Real Sociedad Musim Ini, Sang Pemuncak Klasemen La Liga

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya