6 Eks Gelandang Liverpool yang Lanjutkan Karier ke Ligue 1

Ada dua gelandang yang ikut memenangi Liga Champions

Liverpool memiliki nama besar sebagai salah satu klub terbaik di Inggris, bahkan di dunia. Tak ayal, Liverpool selalu menjadi perbincangan bagi seluruh penikmat sepak bola, baik itu dalam hal performa klub maupun transfer pemain.

Aktivitas transfer Liverpool selalu menjadi sorotan, entah itu pemain yang datang maupun pemain yang hengkang. Berbicara tentang hengkangnya pemain, ada banyak pemain Liverpool berposisi gelandang yang memutuskan melanjutkan karier ke Ligue 1.

Siapa saja mereka dan bagaimana nasib mereka setelah tinggalkan Liverpool?

1. Vladimir Smicer

6 Eks Gelandang Liverpool yang Lanjutkan Karier ke Ligue 1potret Vladimir Smicer (liverpoolfc.com)

Usai meraih gelar Liga Champions musim 2004/2005 bersama Liverpool, Vladimir Smicer memutuskan hengkang dari Liverpool untuk berkiprah ke Ligue 1. Ia pindah ke Girondins Bordeaux pada Juli 2005 dengan status bebas transfer.

Smicer hanya dua musim bersama Bordeaux. Berperan sebagai gelandang serang, ia mampu membukukan 5 gol dan 3 assist dari 36 pertandingan di semua kompetisi.

Pada Juli 2007, Bordeaux melepas pria asal Republik Ceko itu ke Slavia Prague secara gratis. Smicer sudah gantung sepatu sejak November 2009. Slavia Prague menjadi klub terakhir di sepanjang kariernya.

2. Alou Diarra

6 Eks Gelandang Liverpool yang Lanjutkan Karier ke Ligue 1potret Alou Diarra (girondins4ever.com)

Pada Juli 2002, Liverpool mendapatkan Alou Diarra secara gratis dari Bayern Munich. Diarra sendiri belum pernah mencatatkan penampilan bersama tim utama Bayern Munich. Kepindahannya ke Liverpool juga tak membuat nasibnya lebih baik.

Diarra lebih sering dipinjamkan Liverpool ke klub lain, di antaranya Le Havre, SC Bastia, dan Lens. Diarra juga belum pernah bermain untuk tim utama Liverpool.

Pada Juli 2005, Diarra resmi berpisah dengan Liverpool untuk bergabung secara permanen dengan Lens. Transfer tersebut memakan biaya sebesar 3 juta euro atau saat ini sekitar Rp45 miliar. Diarra juga sudah gantung sepatu. AS Nancy adalah klub terakhir yang ia bela.

3. Bruno Cheyrou

6 Eks Gelandang Liverpool yang Lanjutkan Karier ke Ligue 1potret Bruno Cheyrou (liverpoolfc.com)

Bruno Cheyrou sempat dipinjamkan Liverpool ke dua klub Prancis, yakni Olympique Marseille pada Juli 2004 dan Girondins Bordeaux pada Juli 2005. Berposisi sebagai gelandang tengah, Cheyrou tak mampu memberikan kontribusi yang signifikan untuk Liverpool.

Tak mau duduk di bangku cadangan, Cheyrou hengkang dari Liverpool untuk bergabung ke Stade Rennais dengan biaya transfer sebesar 1 juta euro atau saat ini sekitar Rp15 miliar. Bersama Liverpool, Cheyrou mencatatkan 48 pertandingan dengan koleksi 5 gol di semua kompetisi. Ia sudah pensiun sejak Juli 2015. AC Boulogne-Billancourt menjadi klub terakhirnya.

Baca Juga: Gagal di Liverpool, 5 Pemain Ini Temukan Sinarnya di Klub Baru

4. Carl Medjani

6 Eks Gelandang Liverpool yang Lanjutkan Karier ke Ligue 1potret Carl Medjani (footalgerien.com)

Carl Medjani merupakan gelandang bertahan asal Aljazair. Pada Juli 2003, Liverpool mendapatkannya dari tim akademi AS Saint-Etienne secara gratis. Sayangnya, Medjani belum mendapatkan kepercayaan di Liverpool. Ia belum pernah bermain untuk tim utama Liverpool.

Medjani lebih sering dipinjamkan ke klub lain, di antaranya FC Lorient dan FC Metz. Kiprahnya bersama Liverpool resmi berakhir pada Juli 2006 setelah ia resmi dilepas secara gratis ke FC Lorient.

5. Christian Poulsen

6 Eks Gelandang Liverpool yang Lanjutkan Karier ke Ligue 1potret Christian Poulsen (football365.com)

Sebelum pensiun, Christian Poulsen merupakan salah satu gelandang terbaik Eropa, terutama saat ia masih bermain untuk Sevilla. Performa ciamik Poulsen bersama Sevilla membuat Juventus merekrutnya pada Juli 2008. Sayang, Ia gagal menunjukkan performa terbaiknya bersama Juventus.

Poulsen kemudian pindah ke Liverpool pada Agustus 2010. Liverpool membelinya dari Juventus dengan harga sebesar 5,48 juta euro atau saat ini sekitar Rp83 miliar.

Kariernya bersama Liverpool juga tak terlalu cemerlang. Ia hanya bertahan selama satu musim dengan mencatatkan 21 penampilan di semua kompetisi. Pada Agustus 2011, Poulsen resmi hengkang dari Liverpool untuk merapat ke Evian secara gratis.

6. Georginio Wijnaldum

6 Eks Gelandang Liverpool yang Lanjutkan Karier ke Ligue 1potret Georginio Wijnaldum (liverpoolfc.com)

Georginio Wijnaldum direkrut Liverpool dari Newcastle United pada Juli 2016 lalu. Gelandang tengah asal Belanda itu mampu tampil cemerlang bersama Liverpool hingga menjadi andalan Jurgen Klopp di lini tengah.

Bersama Liverpool, Wijnaldum berhasil memenangkan 1 gelar Liga Inggris, 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Piala Super Eropa, dan 1 gelar Piala Dunia Antarklub. Wijnaldum juga mencatatkan 237 penampilan dengan torehan 22 gol dan 16 assist di semua kompetisi. Setelah lima musim berkarier bersama Liverpool, Wijnaldum memutuskan hengkang ke Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer.

Dari daftar di atas, Vladimir Smicer dan Georginio Wijnaldum mampu meraih kesuksesan bersama Liverpool sebelum memutuskan hengkang ke Ligue 1. Keduanya mampu memenangkan gelar Liga Champions yang merupakan kompetisi paling bergengsi di Eropa.

Baca Juga: 5 Klub Potensi Tujuan Georginio Wijnaldum Musim 2022/2023

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya