6 Mantan Pemain Chelsea yang Kini Bermain di Liga Turki

Dari Franco Di Santo hingga Loic Remy

Chelsea merupakan salah satu klub papan atas di English Premier League (EPL). Klub yang bermarkas di Stamford Bridge ini mengoleksi banyak gelar bergengsi, termasuk 6 gelar juara kasta tertinggi Liga Inggris dan 2 Liga Champions Eropa.

Chelsea sendiri termasuk klub yang sering melakukan jual beli pemain. Ada banyak mantan pemain mereka yang tersebar di berbagai liga di Eropa. Beberapa di antaranya kini bermain di Liga Turki.

1. Franco Di Santo

6 Mantan Pemain Chelsea yang Kini Bermain di Liga TurkiFranco Di Santo (skysports.com)

Franco Di Santo merupakan penyerang tengah asal Argentina. Di Santo bergabung bersama Chelsea pada Januari 2008. Kala itu, ia dibeli dari Audax Italiano seharga 4,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp70 miliar.

Bersama Chelsea, Di Santo berhasil memenangi Piala FA 2009. Berdasarkan catatan Transfermarkt, ia mencatatkan 16 pertandingan bersama Chelsea dan hanya mencetak 1 gol.

Pada Agustus 2009, Chelsea sempat meminjamkan Di Santo ke Blackburn Rovers selama 1 musim. Pada Agustus 2010, sang pemain dijual Chelsea ke Wigan Athletic seharga 2,4 juta euro atau saat ini sekitar Rp37 miliar. Di Santo kini bermain di Liga Turki bersama Goztepe.

2. Fabio Borini

6 Mantan Pemain Chelsea yang Kini Bermain di Liga TurkiFabio Borini (goal.com)

Berikutnya, ada nama Fabio Borini, winger kiri asal Italia. Borini merupakan jebolan akademi Chelsea. Ia berhasil promosi ke tim utama pada 2009. Bersama Chelsea, Borini mengoleksi 1 gelar juara Premier League, 1 Piala FA, dan 1 Piala Super Inggris.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Borini hanya tampil sebanyak delapan kali bersama Chelsea tanpa mencetak gol maupun assist. Chelsea juga sempat meminjamkan Borini ke Swansea City pada Maret 2011. Namun, pada Juli tahun yang sama, mereka melepasnya ke Parma dengan harga 369 ribu euro atau saat ini sekitar Rp5,7 miliar. Borini kini bermain untuk Fatih Karagumruk di Liga Turki.

3. Jeffrey Bruma

6 Mantan Pemain Chelsea yang Kini Bermain di Liga TurkiJeffrey Bruma (skysports.com)

Jeffrey Bruma merupakan bek tengah asal Belanda. Ia juga meniti karier dari akademi Chelsea. Pada Juli 2009, Bruma promosi ke tim utama. Bersama The Blues, ia mengoleksi 1 gelar juara Premier League, 1 Piala FA, dan 1 Piala Super Inggris.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Bruma hanya mencatatkan sepuluh pertandingan bersama Chelsea. Ia sempat dipinjamkan ke Leicester City pada Februari 2011 dan Hamburger SV pada Juli 2011. Chelsea baru resmi melepas Bruma ke PSV Eindhoven pada Juli 2013 seharga 3,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp54 miliar. Sang pemain saat ini bermain bersama Kasimpasa di Liga Turki.

Baca Juga: 6 Mantan Pemain AC Milan yang Kini Bermain di Liga Turki

4. Patrick van Aanholt

6 Mantan Pemain Chelsea yang Kini Bermain di Liga TurkiPatrick van Aanholt (skysports.com)

Ada pula sosok Patrick van Aanholt, bek kiri asal Belanda. Aanholt sempat menimba ilmu di akademi Chelsea. Ia berhasil promosi ke tim utama pada Juli 2009. Bersama Chelsea, Aanholt memenangi kasta tertinggi Liga Inggris pada 2009/2010.

Berdasarkan data Transfermarkt, Aanholt hanya membela Chelsea sebanyak 8 kali dengan torehan 1 gol dan 1 assist. Chelsea sempat meminjamkannya ke Coventry City, Newcastle United, Leicester City, Wigan Athletic, dan Vitesse Arnhem.

Pada Juli 2014, Chelsea resmi menjual Aanholt ke Sunderland seharga 1,9 juta euro atau saat ini sekitar Rp29 miliar. Aanholt kini menjadi bagian dari Galatasaray di Liga Turki.

5. Papy Djilobodji

6 Mantan Pemain Chelsea yang Kini Bermain di Liga TurkiPapy Djilobodji (chelseafc.com)

Papy Djilobodji berposisi sebagai bek tengah. Ia berasal dari Senegal. Chelsea merekrut Djilobodji pada September 2015. Kala itu, ia dihargai sebesar 3,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp54 miliar.

Djilobodji hanya sekali bermain bersama Chelsea. Bersama The Blues, Djilobodji tidak meraih satu gelar pun. Pada Januari 2016, Chelsea meminjamkan Djilobodji ke Werder Bremen selama setengah musim.

Pasa Agustus 2006, Chelsea memutuskan untuk menjual Djilobodji ke Sunderland dengan harga 9,7 juta euro atau saat ini sekitar Rp151 miliar. Saat ini, pemain Senegal itu berkarier di Liga Turki bersama Gaziantep.

6. Loic Remy

6 Mantan Pemain Chelsea yang Kini Bermain di Liga TurkiLoic Remy (skysports.com)

Loic Remy merupakan penyerang tengah asal Prancis. Ia direkrut Chelsea dari Queens Park Rangers pada Agustus 2014. Chelsea membeli Remy dari QPR seharga 13,2 juta euro atau saat ini sekitar Rp206 miliar. Bersama Chelsea, Remy mampu meraih gelar juara Premier League Inggris 2014/2015 dan Piala Liga Inggris 2015.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Remy memainkan 47 laga bersama Chelsea di semua kompetisi. Pada periode tersebut, ia mencetak 12 gol dan 3 assist. Namun, pada Agustus 2016, Chelsea meminjamkan Remy ke Crystal Palace selama 1 musim. Chelsea akhirnya melepasnya ke Las Palmas pada setahun kemudian dengan status bebas transfer. Remy kini bermain untuk klub Turki, Adana Demirspor.

Mereka merupakan mantan pemain Chelsea yang kini bermain di Liga Turki. Kebanyakan mendapatkan menit bermain yang sangat minim selama berkiprah di klub London itu. Dari deretan nama di atas, hanya Loic Remy yang tampil cukup bersinar.

Baca Juga: 5 Pemain Gagal Liverpool yang Kini Bermain di Liga Turki

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya