5 Pemain asal Brasil yang Dijual Barcelona dengan Harga Mahal

Ada yang menjadi pemain termahal di dunia

Barcelona berpeluang besar menjuarai LaLiga Spanyol 2022/2023. Tim asuhan Xavi Hernandez berada di puncak klasemen sementara dengan raihan 76 poin dalam 31 pertandingan. El Barca unggul sebelas poin dari Real Madrid yang ada di posisi kedua.

Performa apik Barcelona tidak lepas dari kualitas pemain yang dimiliki, termasuk Raphinha, winger asal Brasil. Raphinha menjadi satu-satunya pemain Brasil yang ada di tim utama Barcelona musim ini.

Sebelumnya, El Barca dihuni oleh banyak pemain Brasil. Namun, mereka sudah dijual ke klub lain. Bahkan, beberapa di antaranya dijual dengan harga mahal.

Berikut lima pemain Brasil yang pernah dijual Barcelona dengan harga mahal.

1. Neymar Jr

5 Pemain asal Brasil yang Dijual Barcelona dengan Harga Mahalpotret Neymar (fcbarcelona.com)

Neymar Jr menjadi pemain Brasil yang dijual Barcelona dengan harga termahal. Ia dijual ke Paris Saint-Germain pada Agustus 2017 dengan harga sebesar 222 juta euro atau sekitar Rp3,6 triliun.

Neymar Jr pun sukses bersama Paris Saint-Germain. Ia berhasil mempersembahkan 4 gelar juara Ligue 1 Prancis, 3 gelar juara Coupe de France, 2 gelar juara Coupe de la Ligue, dan 4 gelar juara Trophee des Champions.

Bersama PSG sejauh ini, Neymar sudah mencetak 118 gol dan 77 assist dalam 173 pertandingan. Ia masih terikat kontrak dengan PSG hingga Juni 2025.

2. Arthur Melo

5 Pemain asal Brasil yang Dijual Barcelona dengan Harga Mahalpotret Arthur Melo (fcbarcelona.com)

Arthur Melo meninggalkan Barcelona pada September 2020. Ia hanya bertahan 2 musim di Barcelona.

Arthur memutuskan hijrah ke Italia untuk bergabung ke Juventus. Kala itu, Barcelona menjual Arthur dengan harga sebesar 76 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

Bersama Juventus, Arthur menjuarai Coppa Italia dan Italian Super Cup pada 2020/2021. Saat ini, ia dipinjamkan Juventus ke Liverpool. The Reds memiliki opsi untuk membeli sang pemain. Sayang, karier Arthur di Liverpool tersendat akibat cedera panjang.

Baca Juga: 7 Eks Santos yang Tampil di Liga Top Eropa 2022/2023, Termasuk Neymar

3. Paulinho

5 Pemain asal Brasil yang Dijual Barcelona dengan Harga Mahalpotret Paulinho (fcbarcelona.com)

Pada Agustus 2017, Barcelona mengeluarkan dana sebesar 40 juta euro atau sekitar Rp649 miliar untuk membeli Paulinho dari klub asal China, Guangzhou Evergrande.  Paulinho berhasil membantu Barcelona meraih gelar juara LaLiga Spanyol dan Copa del Rey pada 2017/2018, tetapi hanya bertahan di klub tersebut selama semusim.

El Barca memutuskan meminjamkan Paulinho ke klub lamanya, Guangzhou Evergrande, pada Juli 2018. Mereka lalu menjualnya secara permanen ke klub tersebut pada Januari 2019 dengan harga sebesar 42 juta euro sekitar Rp681 miliar.

Selama menjadi penggawa Barcelona, Paulinho mencatatkan 49 penampilan dengan torehan 9 gol dan 3 assist. Ia sendiri saat ini membela klub Serie A Brasil, Corinthians.

4. Malcom

5 Pemain asal Brasil yang Dijual Barcelona dengan Harga Mahalpotret Malcom (fcbarcelona.com)

Sama seperti Paulinho, Malcom juga semusim bersama Barcelona. Ia didatangkan dari Girondins Bordeaux pada Juli 2018 dengan biaya transfer sebesar 41 juta euro atau sekitar Rp665 miliar.

Selama menjadi  penggawa Barcelona, Malcom tampil sebanyak 24 kali dengan koleksi 4 gol dan 2 assist. Pindah ke Barcelona ternyata menjadi momen yang buruk bagi Malcom. Winger Brasil itu kalah bersaing dengan pemain Barcelona lain sehingga lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Pada Agustus 2019, Barcelona menjual Malcom ke klub Rusia, Zenit St Petersburg. Barcelona beruntung bisa menjual Malcom dengan harga yang cukup mahal. Kala itu, Malcom dilepas dengan harga sebesar 40 juta euro atau sekitar Rp649 miliar.

Malcom masih bermain untuk Zenit St Petersburg hingga saat ini. Ia masih terikat kontrak dengan Zenit hingga Juni 2027.

5. Ronaldo

5 Pemain asal Brasil yang Dijual Barcelona dengan Harga Mahalpotret Ronaldo (fcbarcelona.com)

Berikutnya, ada legenda Brasil, Ronaldo. Bersama Barcelona, Ronaldo mampu tampil impresif. Ia tampil luar biasa di lini depan Blaugrana pada 1996/1997 yang merupakan musim satu-satunya Ronaldo bersama Barcelona.

Pada musim tersebut, Ronaldo mencatatkan 49 penampilan dengan torehan 47 gol dan 12 assist. Berkat performa ciamiknya, Ronaldo pun diminati Inter Milan. Alhasil, Barcelona mendapatkan keuntungan yang besar setelah menjual Ronaldo ke klub Italia tersebut dengan biaya transfer sebesar Rp26,5 juta euro atau sekitar Rp430 miliar.

Ronaldo sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak Februari 2011. Ia saat ini berstatus pemilik sekaligus presiden Real Valladolid.

Dari kelima pemain di atas, Neymar Jr menjadi pemain Brasil yang berhasil dijual Barcelona dengan harga termahal. Bahkan, ia menjadi pemain termahal hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Gabung Barcelona Bersama Ronaldo Nazario

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya