6 Pemain Muda FC Porto yang Layak Bermain untuk Klub Besar Eropa

Penuh talenta dan jadi andalan

FC Porto merupakan klub besar dalam sejarah sepak bola Portugal. Klub yang bermarkas di Estadio do Dragao ini telah meraih banyak kesuksesan. Sejauh ini, FC Porto sudah mengoleksi 29 gelar Primeira Liga Portugal, 2 gelar Liga Champions Eropa, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Pencapaian FC Porto diprediksi bakal segera bertambah mengingat kokohnya mereka di puncak klasemen Primeira Liga Portugal musim 2021/2022 ini.

FC Porto juga dikenal sering mengorbitkan pemain muda bertalenta. Ada beberapa pemain muda yang tampil impresif bersama FC Porto di musim ini. Bahkan, mereka dinilai layak bermain untuk klub besar Eropa. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Diogo Costa

6 Pemain Muda FC Porto yang Layak Bermain untuk Klub Besar EropaDiogo Costa (instagram.com/diogomcosta99)

Diogo Costa merupakan jebolan akademi FC Porto. Costa berhasil promosi ke tim utama pada Juli 2019. Pria Portugal tersebut berperan sebagai penjaga gawang. Usianya masih 22 tahun. Costa sudah dipanggil oleh timnas senior Portugal. ia sudah mengoleksi 3 caps.

Diogo Costa merupakan penjaga gawang utama FC Porto. Kehadiran Costa cukup mengamankan gawang FC Porto. Pada 2021/2022 ini, Costa sudah memainkan 40 laga bersama FC Porto.

Dalam periode tersebut, ia mampu mengoleksi 16 clean sheets dan kebobolan sebanyak 35 kali. Harga pasaran Costa saat ini senilai 16 juta euro atau sekitar Rp248 miliar.

2. Vitinha

6 Pemain Muda FC Porto yang Layak Bermain untuk Klub Besar EropaVitinha (instagram.com/vitinha)

Berikutnya ada nama Vitinha, pemain Portugal yang bertugas sebagai gelandang tengah. Ia masih berusia 22 tahun. Vitinha juga jebolan dari akademi FC Porto. Ia berhasil promosi ke tim utama pada Januari 2020.

Vitinha sempat dipinjamkan ke Wolverhampton Wanderers selama satu musim. Bersama Wolves, Vitinha mampu mencatatkan 22 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 1 assist di semua kompetisi. Pada Juni 2021 lalu, ia kembali ke FC Porto.

Pada 2021/2022 ini, ia menjadi salah satu gelandang yang diandalkan oleh FC Porto. Dari 42 pertandingan yang sudah ia lakoni sejauh musim ini, Vitinha sudah mencetak 3 gol dan 5 assists di semua kompetisi. Harga pasaran Vitinha cukup besar, yakni 24 juta euro atau saat ini sekitar Rp372 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain FC Porto Asal Kolombia yang Hasilkan Cuan Besar untuk Klub

3. Fabio Vieira

6 Pemain Muda FC Porto yang Layak Bermain untuk Klub Besar EropaFabio Vieira (instagram.com)

Fabio Vieira merupakan pemain Portugal yang berposisi sebagai gelandang serang. Ia masih berusia 21 tahun. Vieira juga jebolan akademi FC Porto. Ia berhasil promosi ke tim utama pada Juni 2020.

Meskipun masih muda, Vieira sudah dipercaya menjadi jendral lini tengah FC Porto. Ia memainkan peran playmaker dengan cukup baik.

Pada 2021/2022 ini, Vieira sudah tampil sebanyak 36 kali musim ini dan berhasil mencetak 7 gol dan 15 assists di semua kompetisi. Saat ini, harga pasarannya di angka 17 juta euro atau sekitar Rp263 miliar. Kabarnya, ia sedang diincar oleh Manchester United.

4. Evanilson

6 Pemain Muda FC Porto yang Layak Bermain untuk Klub Besar EropaEvanilson (instagram.com/evanilsonlima99)

Evanilson berperan sebagai penyerang tengah. Pemain asal Brasil tersebut masih berusia 22 tahun. Evanilson bergabung ke FC Porto pada September 2020. Kala itu, ia dibeli dari Tombense seharga 8,8 juta euro atau saat ini sekitar Rp136 miliar.

Pada 2021/2022 ini, Evanilson sudah memainkan 41 laga bersama FC Porto. Ia sudah mencetak 20 gol dan 5 assists di semua kompetisi. Harga pasaran Evanilson saat ini mencapai 20 juta euro atau sekitar Rp310 miliar.

5. Joao Mario

6 Pemain Muda FC Porto yang Layak Bermain untuk Klub Besar EropaJoao Mario (instagram.com/joaomario.23)

Berikutnya ada sosok Joao Mario, bek kanan asal Portugal. Pria berusia 22 tahun tersebut juga merupakan jebolan akademi FC Porto. Ia berhasil promosi ke tim utama pada September 2020.

Joao Mario menjadi andalan FC Porto di sektor bek kanan. Pada 2021/2022 ini, Joao Mario sudah memainkan 35 pertandingan bersama FC Porto dengan torehan 4 assists di semua kompetisi. Harga pasaran Joao Mario kini sebesar 12 juta euro atau sekitar Rp186 miliar.

6. Francisco Conceicao

6 Pemain Muda FC Porto yang Layak Bermain untuk Klub Besar EropaFrancisco Conceicao (instagram.com/francisco.conceicao7)

Francisco Conceicao berperan sebagai gelandang kanan. Pemain Portugal berusia 19 tahun tersebut juga termasuk jebolan akademi FC Porto. Ia berhasil promosi ke tim utama pada Februari 2021.

Di usia yang masih belasan tahun, Conceicao sudah dipercaya untuk mengisi posisi lini tengah FC Porto. Pada 2021/2022 ini, Conceicao sudah tampil sebanyak 29 kali bersama FC Porto dengan koleksi 3 gol dan 4 assists di semua kompetisi. Harga pasarannya mencapai 8 juta euro atau saat ini sekitar Rp124 miliar.

 

Sederet talenta muda FC Porto tersebut mampu tampil cemerlang pada 2021/2022 ini. Mereka masih sangat muda dan memiliki banyak waktu untuk berkembang menjadi lebih baik lagi. Mereka dinilai layak bermain untuk klub besar Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Porto ke Klub Premier League

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya