Comscore Tracker

5 Pemain Top Turki yang Bermain di Liga Italia, Ada Hakan Calhanoglu

Ada yang menjadi andalan di klubnya

Turki merupakan salah satu kekuatan di sepak bola di Eropa. Turki sempat lolos ke semifinal Piala Dunia 2002 yang diadakan di Jepang dan Korea Selatan. Bahkan, Turki menempati peringkat ke-3 terbaik setelah mengalahkan Korea Selatan lewat gol cepat Hakan Sukur. Selain itu, Turki juga lolos ke semifinal Piala Eropa 2008 meskipun kalah dari Jerman dengan skor 3-2.

Melihat prestasi Turki di kancah dunia, tak jarang banyak pemain Turki yang bermain di liga-liga papan atas Eropa, salah satunya adalah Arda Turan yang sukses bermain di Liga Spanyol bersama Atletico Madrid dan Barcelona. Selama empat musim membela Atletico Madrid, Arda Turan mampu meraih 5 gelar juara, termasuk juara Liga Spanyol dan Liga Europa. Bersama Barcelona, ia meraih treble winners, termasuk gelar juara Liga Champions 2015.

Selain Liga Spanyol, Liga Italia juga sering menjadi destinasi bagi pemain-pemain Turki. Siapa saja pemain Turki yang bermain di Liga Italia? Berikut lima pemain Turki yang bermain di Liga Italia.

Baca Juga: 10 Pemain Asal Turki dengan Banderol Termahal Saat Ini, Siapa Saja?

1. Hakan Sukur (Inter Milan dan Parma)

5 Pemain Top Turki yang Bermain di Liga Italia, Ada Hakan Calhanoglusteemit.com

Hakan Sukur adalah striker legendaris Timnas Turki. Ia menjadi sangat terkenal karena gol cepatnya di Piala Dunia 2002. Gol tersebut dicetak pada detik ke-11 saat Turki melawan Korea Selatan pada pertandingan perebutan juara ketiga Piala Dunia 2002. Turki akhirnya menang melawan Korea Selatan dengan skor 3-2 dan berhak menempati posisi ketiga.

Hakan Sukur tercatat pernah bermain di Liga Italia bersama Inter Milan dan Parma. Kariernya di Liga Italia ternyata tidak begitu mentereng. Bersama Inter Milan, Ia hanya tampil 24 kali dengan raihan 5 gol. Bersama Parma, ia hanya mencetak 3 gol dalam 15 pertandingan. Hakan Sukur akhirnya hengkang ke Liga Inggris dan bergabung dengan Blackburn Rovers. Setelah pensiun dari dunia sepak bola, Hakan sukur memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Kini, ia dikabarnya menjadi sopir taksi daring.

2. Emre Belozoglu (Inter Milan)

5 Pemain Top Turki yang Bermain di Liga Italia, Ada Hakan Calhanoglusempreinter.com

Emre Belozoglu pernah bermain bersama Inter Milan pada kurun waktu 2001--2005. Emre Belozoglu dibeli Inter Milan dari klub Turki, Galatasaray. Selama empat musim bersama Inter Milan, Emre Belozoglu telah memainkan 79 pertandingan Liga Italia dengan torehan 3 gol dan 2 assist. Seletah itu, ia pindah ke Liga Inggris dan bergabung dengan Newcastle United.

Emre Belozoglu mengungkapkan bahwa dirinya menyesal hengkang dari Inter Milan. Dia memiliki banyak kenangan bersama Inter Milan, termasuk raihan juara Piala Italia 2004/2005. Meskipun meraih sedikit gelar, itu sudah sangat mengesankan bagi Emre Belozoglu. Andaikan waktu bisa berputar kembali, Emre Belozoglu ingin bertahan di Inter Milan dan meraih banyak gelar di sana. Saat ini, Emre Belozoglu menjadi direktur sepak bola di Fenerbahce.

3. Cengiz Under (AS Roma)

5 Pemain Top Turki yang Bermain di Liga Italia, Ada Hakan Calhanogluinstagram.com/cengizunder

Cengiz Under merupakan pemain berbakat asal Turki yang bersinar ketika bermain bersama Istanbul Basaksehir. Saat itu ia menorehkan 7 gol dalam 32 pertandingan. Atas penampilannya tersebut, ia diboyong AS Roma dengan harga 13,4 juta euro. Ia diberi kontrak lima tahun hingga 30 Juni 2002. Pemain yang dijuluki Messi dari Turki ini mengenakan nomor punggung 17.

Cengiz Under bisa bermain di posisi sayap atau gelandang serang. Di Liga Italia, Cengiz Under sudah mencetak 13 gol dan 8 assist dalam 70 pertandingan. Saat ini, ia dipinjamkan AS Roma ke klub Inggris, Leicester City. Di Leicester, ia bermain dengan teman senegaranya, Caglar Soyuncu. Ia resmi dipinjam oleh Leicester City selama satu tahun dengan opsi pembelian permanen di akhir musim senillai 27 juta euro.

4. Hakan Calhanoglu (AC Milan)

5 Pemain Top Turki yang Bermain di Liga Italia, Ada Hakan Calhanogluinstagram.com/hakancalhanoglu

Hakan Calhanoglu merupakan gelandang andalan Timnas Turki. Ia berkesempatan mengembangkan karier di Liga Italia setelah AC Milan memboyongnya dari klub Jerman, Bayern Leverkusen. Ia diboyong pada musim panas 2017/2018 dan diberi kontrak 4 tahun sampai Juni 2021. AC Milan mengeluarkan biaya senilai 20 juta euro untuk mendapatkan pemain yang mahir mengeksekusi tendangan bebas ini.

Musim ini AC Milan menunjukkan kebangkitannya di Liga Italia. Hakan Calhanoglu turut andil dengan hasil yang diraih AC Milan musim ini. Bersama AC Milan, Hakan Calhanoglu sudah memainkan 121 pertandingan dengan raihan 19 gol serta 33 assist di Serie A. Kontrak Hakan Calhanoglu akan berakhir Juni 2021 nanti. AC Milan sedang berusaha keras untuk mempertahankannya.

5. Merih Demiral (Sassuolo dan Juventus)

5 Pemain Top Turki yang Bermain di Liga Italia, Ada Hakan Calhanogluinstagram.com/merihdemiral

Merih Demiral direkrut Juventus dari sesama klub Italia, Sassuolo, dengan harga senilai 18 juta euro dan diberi kontrak selama lima tahun hingga 2024. Ia merupakan pemain belakang Turki yang mencuri perhatian Juventus atas penampilannya musim lalu. Bersama Sassuolo, Ia sudah memainkan 14 pertandingan dengan torehan 2 gol.

Saat ini, posisi Merih Demiral di Juventus sedang tidak aman. Ia hanya memainkan 10 pertandingan musim ini di semua kompetisi. Sang pelatih, Andrea Pirlo, lebih memilih duet Leonardo Bonucci dan Matthijs de Light untuk menjaga pertahanan Juventus. Kabar terakhir, Merih Demiral ingin hengkang dari Juventus untuk mendapatkan lebih banyak menit bermain.

 

Lima pemain di atas merupakan pemain berkebangsaan Turki yang pernah dan masih menghiasi Liga Italia. Hakan Calhanoglu sepertinya yang paling mentereng. Setuju?

Baca Juga: Sulit Dapatkan Merih Demiral, AC Milan Fokus Mengejar Todibo

Royan Wijayanto Photo Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya