3 Hal yang Menonjol dari Laga Barcelona vs Benfica

Barcelona ditahan imbang Benfica

Jakarta, IDN Times - Barcelona sejatinya membutuhkan kemenangan dalam matchday kelima fase grup Liga Champions 2021/22 ini. Namun, Benfica menggagalkan itu.

Bersua di Camp Nou, Barca ditahan imbang Benfica dengan skor 0-0. Meski laga ini tidak menghasilkan pemenang, bukan berarti laga ini tidak memberikan keseruan.

Setidaknya, ada tiga hal menonjol yang bisa disaksikan dari pertandingan ini, kendati tak ada gol yang tercipta. Beberapa pemain sukses menunjukkan taji di laga ini.

1. Ousmane Dembele menyajikan potensi

3 Hal yang Menonjol dari Laga Barcelona vs Benficagoal.com

Di laga lawan Benfica ini, lini serang Barcelona sempat mandeg. Ketiadaan penyerang tengah yang bisa memberikan tekanan bagi lini pertahanan lawan, membuat serangan Barcelona mudah dihentikan para pemain Benfica. Namun, semua berubah ketika Ousmane Dembele masuk.

Kemampuan dribel Dembele ini ternyata bisa jadi opsi tekanan bagi Barcelona ke lini pertahanan lawan. Bukan cuma itu, berkat dribelnya, Dembele bisa mengalihkan perhatian lawan sehingga Memphis Depay atau Yusuf Demir bisa mendapatkan ruang untuk berkreasi.

Sayang, Dembele tidak dalam kondisi terbaik di laga ini, sehingga dia tidak bisa memberikan tekanan yang lebih intens. Jika kondisinya sudah membaik, dia bisa jadi pilihan utama Xavi Hernandez di sisi sayap.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: MU dan Chelsea Menang, Barca Imbang

2. Sinar dari Gavi dan Busquets yang mulai terlihat

3 Hal yang Menonjol dari Laga Barcelona vs BenficaPemain muda Barcelona, Pablo Martin Paez Gavira aka Gavi bermain gemilang selama pramusim. (planetfootball.com).

Di bawah asuhan Ronald Koeman, Gavi dan Sergio Busquets tersiksa. Mereka seperti kehilangan ruang kreasi, dan justru main lebih bagus ketika bersama Timnas Spanyol, ketimbang bersama Barcelona. Akan tetapi, sekarang mereka sudah bebas, dan laga lawan Benfica menjadi cermin kebebasan mereka.

Busquets menjadi dinamo permainan di lini tengah Barcelona, dengan catatan lima tekel dan dua intersep saat bertahan. Dia juga jadi distributor bola yang apik dengan torehan 96 umpan sukses dengan persentase 82,3 persen, plus banyak terlibat di permainan dengan catatan 111 kali sentuhan terhadap bola

Hal serupa juga ditorehkan oleh Gavi. Dia jadi pemain yang berperan sebagai penghubung antar lini. Dia mencatatkan persentase umpan sukses sebanyak 97 persen, plus dua kali menciptakan peluang bagi rekan-rekannya. Dia juga aktif melakukan penetrasi dengan catatan empat kali dribel.

Sinar yang ditunjukkan keduanya ini menjadi potensi bagi Barcelona, sekaligus jaminan bagi Xavi bahwa lini tengah Barca akan dominan dan senang mendikte seperti dahulu kala.

3. Nicolas Otamendi yang beringas

3 Hal yang Menonjol dari Laga Barcelona vs Benficainstagram.com/nicolasotamendi30

Salah satu kesulitan Barcelona mencetak gol di laga ini, selain karena buntunya lini serang, juga karena penampilan beringas dari Nicolas Otamendi. Bek asal Argentina itu berhasil membuat para penyerang Barcelona mati kutu lewat penampilan tanpa komprominya.

Otamendi menorehkan tiga tekel, lima intersep dan sembilan sapuan di laga ini. Dia jugalah yang mampu menghentikan Dembele di menit-menit terakhir, ketika winger Barcelona itu sedang asyik-asyiknya melepas tekanan.

Otamendi juga kerap membantu Benfica membangun serangan dari belakang.

Baca Juga: Real Madrid dan Barcelona Ramaikan Soft Launching JIS

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya