4 Langkah Erick Thohir Usai Jadi Ketua Umum PSSI

Erick akan langsung bekerja dalam waktu dekat

Jakarta, IDN Times - Erick Thohir resmi terpilih jadi Ketua Umum PSSI. Dalam kontestasi pemilihan Ketum di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Kamis (16/2/2023), Erick menang telak atas calon-calon lain.

Begitu terpilih jadi Ketum, Erick menjabarkan ada empat langkah yang akan diambilnya demi mengawali era di PSSI. Ada yang sifatnya jangka pendek, hingga panjang. Apa saja itu?

1. Erick akan gelar sarasehan dengan stakeholder bola nasional

4 Langkah Erick Thohir Usai Jadi Ketua Umum PSSIErick Thohir saat dikerubungi wartawan di Shangri-La, Kamis (16/2/2023). (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dalam kurun waktu dua pekan setelah pemilihan, Erick akan menggelar sarasehan sepak bola nasional. Nantinya, ada beberapa pihak yang terlibat, seperti klub-klub Liga 1, Liga 2, Liga 3, perwakilan Timnas, dan beberapa stakeholder lain.

"Dalam sarasehan sepak bola itu kami akan undang per kelompok mulai dari klub Liga 1, 2, dan 3, perwakilan Timnas, perwasitan, kepelatihan, futsal, dan sepak bola wanita. Di sana, saya akan melempar garis besar visi-misi yang kami sepakati," ujar Erick di Hotel Shangri-La.

Erick berujar akan memberikan waktu enam jam bagi para kelompok tersebut untuk berdiskusi. Nah, dari hasil diskusi itu, akan ada kesepakatan yang terjalin bersama, yang nanti akan ditandatangani semua pihak.

Baca Juga: La Nyalla Ingatkan Erick Thohir Masih Banyak Mafia di PSSI

2. Mempersiapkan diri untuk Piala Dunia U-20

4 Langkah Erick Thohir Usai Jadi Ketua Umum PSSIMenpora dan Ketum PSSI di GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick bersama kepengurusannya juga langsung menyiapkan diri untuk menggelar hajatan besar, Piala Dunia U-20 2023. Kini, tersisa 94 hari lagi menuju gelaran akbar tersebut, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

"Ini (Piala Dunia U-20 2023) event terbesar kedua dari FIFA, tidak mungkin Indonesia 10 tahun sekali dapat kejuaraan Piala Dunia U-20, artinya martabat bangsa kita pertaruhkan di ajang nanti," ujar Erick.

"Saya akan berbicara kepada para pelatih dan pemain apa yang bisa kami dorong. Kami berikan yang terbaik, tidak mudah. Tapi, kami coba berikan yang terbaik," tambahnya.

3. Konferensi pers dengan FIFA

4 Langkah Erick Thohir Usai Jadi Ketua Umum PSSIErick Thohir di Bali jelang KLB PSSI. (Dok. B.E.D.A.)

Selain itu, Erick juga akan menggelar konferensi pers, dengan mengundang perwakilan FIFA. Nantinya, konferensi pers ini akan membahas banyak hal, termasuk soal pemberantasan match fixing.

"Saya akan bikin konferensi pers pada 19 Februari 2023 nanti, jam 17.00. Kami akan datangkan perwakilan FIFA, salah satunya bagaimana cara membersihkan match fixing, coba tawarkan aturan siapa yang main, disepakati," ujar Erick.

Baca Juga: Tok! Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI

4. Pengurus PSSI akan berisikan anak muda

4 Langkah Erick Thohir Usai Jadi Ketua Umum PSSIMenteri BUMN Erick Thohir resmi mencalonkan diri sebagai Calon Ketua Umum PSSI. (IDN Times/Tino Satrio)

Terakhir, Erick berjanji akan melibatkan banyak generasi muda di kepengurusan PSSI-nya kelak. Menurutnya, yang tua cukup memberikan sokongan dan menjadi mentor. Biarkan yang muda yang berbicara.

"Saya akan mendorong banyak kepemimpinan muda nanti, ya. Karena, eranya anak muda. Mayoritas (kepengurusan) kita muda, yang senior mendorong, mendukung, dan menjadi mentor. Kami ingin punya fondasi, yang harus berjalan," tutur Erick.

Erick Thohir resmi jadi Ketum PSSI usai unggul telak suara atas La Nyalla Mattalitti. Erick mengumpulkan 64 suara, sedangkan La Nyalla menorehkan 22 suara. Sedangkan Doni Setiabudi dan Arif Putra Wicaksono, keduanya tak mendapatkan suara.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya