Absennya Marselino Pengaruhi Permainan Timnas Indonesia?

Marselino masih absen dari Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Marselino Ferdinan kembali absen di lini tengah Timnas Indonesia dalam laga lawan Filipina, Selasa (21/11/2023). Berarti, dia sudah absen dalam empat laga terakhir Pasukan Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Absennya Marselino memaksa pelatih Timnas, Shin Tae Yong, mengubah susunan pemain di lini tengah. Perubahan yang dilakukan Shin, tak memberikan dampak berarti. Sebab, dalam duel melawan Filipina, Timnas sempat kesulitan mengembangkan permainan.

Dengan fakta tersebut, apa benar hilangnya Marselino begitu merugikan Indonesia?

1. Marselino bisa kasih daya kejut di lini tengah

Absennya Marselino Pengaruhi Permainan Timnas Indonesia?Marselino Ferdinan bersama Timnas Indonesia U-22 tiba di Kamboja jelang SEA Games 2023, Selasa (25/4/2023). (Twitter/@PSSI).

Shin mengakui kehadiran Marselino di lini tengah Timnas memang penting. Menurutnya, Marselino bisa memberikan dimensi lain dalam permainan Timnas. Tapi, Shin tak yakin pemain KMSK Deinze itu bisa memberi perubahan dalam duel melawan Filipina andai main.

"Adanya Marselino belum tentu bisa mengubah performa tim. Namun, tetap saja dia bisa memberi dorongan di lini tengah. Dia juga adalah pemain yang penting bagi tim ini," kata Shin.

Baca Juga: Jordi Amat Blunder, Gawang Timnas Dijebol Filipina

2. Marselino absen, opsi Shin menipis

Absennya Marselino Pengaruhi Permainan Timnas Indonesia?Selebrasi Marselino Ferdinan usai cetak gol ke gawang Vietnam, Minggu (18/9/2022). (dok. PSSI).

Absennya Marselino, membuat opsi Shin di lini tengah jadi sedikit. Hal itu sangat terasa dalam dua laga terakhir kualifikasi, ketika para pemain merasa kelelahan karena perjalanan yang panjang.

"Absennya Marselino bikin saya sedih dan situasi jadi sulit. Sebab, pada akhirnya opsi saya di lini tengah jadi menipis. Itu terasa saat tim kelelahan karena perjalanan panjang seperti ini," ujar Shin.

3. Berharap Marselino kembali

Absennya Marselino Pengaruhi Permainan Timnas Indonesia?Wonderkid, Marselino Ferdinan saat di KONI Jatim. Dok. Istimewa

Shin berharap Marselino bisa sembuh dari cederanya dan kembali ke tim. Bagaimanapun, kehadirannya akan jadi sebuah tambahan daya bagi Timnas.

"Tetap saja, jika Marselino bisa segera bergabung ke Timnas, tentu saya akan bahagia dan performa tim bisa jadi meningkat. Semoga, ke depan dia segera hadir," ucap Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Kesal Main di Filipina: Benahi Lapangan!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya