Comscore Tracker

Ada Foto Mesut Oezil di Laga Jerman Lawan Spanyol

Suporter juga menunjukkan gestur menutup mulut

Jakarta, IDN Times - Ada hal menarik di laga Jerman melawan Spanyol di Al Bayt Stadium, Senin (28/11/2022) dini hari. Tampak suporter membawa foto Mesut Oezil ke stadion.

Tidak cuma membawa foto, ia juga memeragakan gestur yang diperlihatkan Timnas Jerman saat melawan Timnas Jepang beberapa waktu lalu. Suporter ini menutup mulut seolah ingin memberikan sebuah tanda.

1. Sebentuk protes kepada Jerman

Dilansir Sport Bible, apa yang dilakukan suporter, yang disinyalir asal Qatar, merupakan sebentuk protes kepada Jerman. Negara yang jadi jantung Eropa itu dianggap menerapkan standar ganda pada sikap mereka.

Aksi tutup mulut Jerman sendiri dilakukan sebagai bentuk protes terhadap Qatar yang dianggap melakukan tindakan diskriminatif dan pembungkaman. Sontak, suporter asal Qatar ini menyindir Jerman dengan cara serupa.

Baca Juga: Sebelum Kalah, Jerman Sempat Lakoni Aksi Tutup Mulut

2. Standar ganda terhadap Mesut Oezil

Ada Foto Mesut Oezil di Laga Jerman Lawan SpanyolMesut Oezil salat Jumat di Masjid Istiqlal. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Bukan tanpa sebab suporter asal Qatar membawa foto Mesut Oezil dalam aksinya. Standar ganda yang dimaksudkan memang pernah dialami eks penggawa Real Madrid dan Arsenal itu pada 2018.

Oezil kerap mengalami tindakan rasialisme lantaran dukungannya terhadap muslim di dunia. Puncaknya, pada 2018 silam, sang pemain mundur dari Timnas Jerman setelah jadi sasaran aksi rasialisme kala mereka angkat koper dari Piala Dunia 2018 Rusia.

"Saya adalah orang Jerman ketika menang, tetapi jadi imigran saat Jerman kalah," cuit Oezil kala itu.

3. Jerman sempat ingin mundur dari FIFA

Ada Foto Mesut Oezil di Laga Jerman Lawan SpanyolTimnas Jerman menunjukkan gestur menutup mulut sebelum melawan Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar, Rabu (23/11/2022). (skysports.com)

Jerman bersama Inggris, Belanda, dan beberapa negara Eropa sempat berencana mengenakan ban kapten one love sebagai bentuk dukungan terhadap komunitas LGBTQ di Qatar. Namun, aksi mereka dicegah FIFA.

Otoritas sepak bola dunia itu mengancam akan memberikan sanksi kepada negara-negara yang tetap mengenakan ban kapten one love. Menyusul hal ini, Jerman dan beberapa negara tersebut mengancam balik akan mundur dari FIFA.

Baca Juga: Polemik Gelang Lengan One Love di Piala Dunia 2022

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya