Ada Pesawat Kasih Bocoran Taktik ke Inggris dan Belanda

Spanduk itu dibawa oleh pesawat

Jakarta, IDN Times - Cara unik diterapkan oleh Timnas Inggris dan Belanda dalam sesi latihan taktik jelang Piala Eropa 2020. Tidak hanya mengandalkan instruksi pelatih, mereka juga menggunakan media baru, yakni spanduk.

Saat Belanda dan Inggris menjalani sesi latihan pada Sabtu (12/6/2021), tampak ada pesawat yang mengitari kompleks latihan mereka. Pesawat itu rupanya tidak cuma berputar-putar saja. Pesawat itu juga rupanya membawa sesuatu, instruksi taktik.

Baca Juga: Suntikan Berharga Buat Inggris, Maguire Mulai Latihan

1. Instruksi dari pesawat

Ada Pesawat Kasih Bocoran Taktik ke Inggris dan BelandaInggris vs San Marino (Twitter.com/England)

Saat Inggris menjalani latihan di St George Cross, ada sebuah pesawat yang terbang mengitari mereka. Ternyata, itu bukan pesawat biasa. Pesawat tersebut membawa sebuah spanduk berisikan pesan tentang gaya main Kroasia.

"Kebanyakan gol Kroasia saat ini banyak berasal dari sisi kiri," begitulah isi tulisan di dalam spanduk tersebut. Tulisan di dalam spanduk, tentunya berkaitan dengan pilihan pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, yang membawa banyak full-back kanan di Piala Eropa 2020.

2. Belanda juga mendapatkan pesan dari pesawat

Ada Pesawat Kasih Bocoran Taktik ke Inggris dan Belandasportingpedia.com

Selain Inggris, Belanda juga mendapatkan pesan yang sama dari pesawat yang mengitari tempat latihan mereka. Pesawat itu membawa pesan bagi pelatih Belanda, Frank de Boer. Kira-kira begini isi pesannya.

"Frank, gunakan skema 4-3-3," tulis pesan tersebut.

Formasi 4-3-3 memang sudah sangat akrab dengan skuat Belanda. Secara tradisional, Belanda memang terbiasa main dengan skema 4-3-3 sejak Johan Cruyff masih jadi pemain. Mereka seharusnya tidak masalah dengan gaya main seperti ini.

3. Pemain Inggris dan Belanda senang akan pesan ini

Ada Pesawat Kasih Bocoran Taktik ke Inggris dan BelandaInggris vs San Marino (Twitter.com/England)

Menanggapi pesan taktikal lewat pesawat ini, pemain Belanda dan Inggris hanya tersenyum semata. Bagi mereka, mungkin, itu adalah sebuah cara yang unik dalam rangka menyampaikan pesan taktikal.

Namun, hal itu juga bisa jadi acuan tersendiri bagi mereka. Inggris memang akan menghadapi Kroasia di laga pembuka grup Piala Eropa 2020 nanti, sedangkan Belanda bentrok melawan Ukraina yang ditangani Andriy Shevchenko.

Baca Juga: Sialnya Kayu Mati MU, Dicoret Belanda Jelang Piala Eropa

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya