Andre Onana, Investasi Besar MU di Posisi Kiper

Andre Onana akan bawa perubahan di MU

Jakarta, IDN Times - Musim ini, Manchester United agaknya menyadari satu hal. Ya, mereka harus berinvestasi di posisi kiper, sektor yang jarang diperhatikan. Atas dasar itulah, MU merekrut Andre Onana dari Inter Milan.

Dilansir ESPN FC, MU dan Inter sudah mencapai kata sepakat untuk transfer Onana. Dikabarkan, pemain asal Kamerun itu dikontrak oleh MU selama lima musim, dengan opsi perpanjangan 12 bulan. Dia akan melakukan tes medis dalam waktu dekat.

Perekrutan Onana jadi sebuah langkah yang baik bagi MU. Setelah Liverpool dan Manchester City melakukannya, sekarang MU juga turut berinvestasi untuk posisi kiper.

1. Investasi Liverpool dan ManCity sukses

Andre Onana, Investasi Besar MU di Posisi KiperEderson Moraes (dailymail.co.uk)

Beberapa musim lalu, Liverpool dan ManCity berinvestasi di posisi kiper dengan merekrut Alisson Becker dan Ederson Moraes. Perekrutan ini juga didasari dengan perubahan strategi yang dilakukan Liverpool dan ManCity saat itu.

Ederson dan Alisson menjadi representasi dari kiper modern. Tidak cuma andal menghentikan bola, mereka juga bisa jadi distributor dari lini belakang. Hal inilah yang menjadi awal revolusi dari Liverpool dan ManCity.

Fluiditas yang dipertontonkan Liverpool dan ManCity saat ini, tak lepas dari keberanian merekrut Alisson dan Ederson. Sampai kini, permainan Liverpool dan ManCity lebih matang berkat andil kedua kiper tersebut.

Baca Juga: Andre Onana Segera Diresmikan Jadi Kiper Anyar MU

2. Andre Onana akan beri warna baru bagi MU

Andre Onana, Investasi Besar MU di Posisi KiperAndre Onana (twitter.com/Inter_en)

Apa yang dilakukan oleh Liverpool dan ManCity, sekarang coba diterapkan oleh MU. Mereka berani mendepak David De Gea, yang gayanya terlalu kuno, dengan merekrut Onana. Bukan tanpa sebab mereka merekrut Onana.

Sejak direkrut dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2022 lalu, Onana tampil apik bersama Inter Milan. Dia menorehkan 41 penampilan di semua kompetisi, dan sukses mencatatkan 19 clean sheet. Dia juga cuma kebobolan 36 gol.

Onana turut membawa Inter finis ketiga di Serie A 2022/23, juara Coppa Italia, serta membawa Nerazzurri ke final Liga Champions 2022/23. Kepergiannya pun akan jadi kehilangan tersendiri bagi Inter.

Secara kemampuan, MU juga membutuhkan Onana. Legenda Liverpool, Danny Murphy, memprediksi kemampuan distribusi bola Onana akan menjadikan MU lebih hidup. Sebab, mereka punya opsi tambahan distributor bola.

"MU punya banyak pemain berkemampuan ciamik, dengan kesadaran ruang yang bagus. Dengan adanya kiper yang bisa memainkan umpan-umpan pendek, juga melihat jalurnya, mereka akan berada di situasi lebih menguntungkan," ujar Murphy.

3. Investasi yang berpotensi sukses

Andre Onana, Investasi Besar MU di Posisi KiperAndre Onana (Instagram.com/inter)

Menilik apa yang dilakukan Liverpool dan ManCity, investasi yang dilakukan MU terhadap Onana ini juga berpotensi sukses. Apalagi, Setan Merah sudah ditangani Erik ten Hag, manajer dengan pendekatan permainan yang lebih progresif.

Namun, semua akan tergantung dari masa kerja Ten Hag. Jika dia diberi kepercayaan jangka panjang untuk membenahi MU, Onana akan menjadi andalan di bawah mistar. Jika Ten Hag pergi, bisa saja investasi ini berbuah kegagalan.

Baca Juga: Andre Onana Senang Sekaligus Sedih Pindah ke MU

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya