Arsenal, West Ham, dan Fulham Harus Menggelar Laga Tanpa Fans

Pemerintah Inggris perketat protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Baru saja merayakan kembalinya fans ke stadion, klub-klub asal London seperti Arsenal, West Ham, dan Fulham harus menerima kenyataan pahit. Hal ini terkait kebijakan terbaru dari pemerintah Inggris.

Dilansir Evening Standard, pada Senin (14/12/2020), Sekretaris Kesehatan Inggris, Matt Hancock, memutuskan untuk menaikkan status wilayah London dari yang semula Tier 2 menjadi Tier 3. Kebijakan ini akan mulai diberlakukan pada Rabu (16/12/2020) dini hari waktu Inggris.

Penaikan status ini seiring dengan adanya temuan varian baru COVID-19 di wilayah tenggara Inggris. Naiknya status ke Tier 3 membuat acara olahraga yang dilaksanakan di London mesti berlangsung tanpa kehadiran penonton.

Hal itu pun memberikan pengaruh terhadap tim-tim macam Arsenal, West Ham, dan Fulham yang akan jadi tuan rumah dalam laga pekan ke-13 Liga Inggris 2020/21 yang berlangsung tengah pekan ini.

1. Arsenal mengeluarkan permohonan maaf

Arsenal, West Ham, dan Fulham Harus Menggelar Laga Tanpa FansArsenal di Liga Europa. (Twitter.com/Arsenal)

Laga Arsenal vs Southampton yang berlangsung pada Kamis (17/12/2020) harus berlangsung tanpa penonton, buah dari kebijakan pemerintah Inggris ini. Mereka pun mengumumkan permintaan maaf kepada para fans dalam keterangan resminya.

Tak cuma itu, mereka juga berjanji akan melakukan refund bagi para fans yang sudah kadung membeli tiket. Proses refund ini akan dilakukan lewat kartu kredit yang digunakan fans untuk membeli tiket.

"Dengan berat hati, kami mengonfirmasi bahwa kami tidak bisa lagi menyambut kedatangan fans di Emirates Stadium dalam laga Premier League melawan Southampton, Rabu malam (Kamis (17/12/2020) dini hari waktu Indonesia)," ujar pernyataan resmi Arsenal.

"Fans yang sudah membeli tiket akan menerima full refund dari kami. Nantinya, proses refund ini akan dilakukan melalui kartu kredit yang digunakan untuk membeli tiket. Proses refund akan berjalan selama 3-5 hari kerja," lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga: Redup di Arsenal, 5 Pemain Ini Tampil Menjanjikan Bersama Klub Lain 

2. West Ham dan Fulham juga melakukan hal serupa

Arsenal, West Ham, dan Fulham Harus Menggelar Laga Tanpa Fanswhufc.com

Sama seperti Arsenal, West Ham dan Fulham juga mengumumkan dalam situs resmi mereka bahwa laga tengah pekan kedua tim, yakni melawan Crystal Palace dan Brighton and Hove Albion, akan berlangsung tanpa kehadiran penonton.

"West Ham mengonfirmasi bahwa, sesuai peraturan terbaru dari pemerintah, fans tidak akan bisa hadir saat laga Premier League melawan Crystal Palace di London Stadium," ujar keterangan resmi West Ham.

"Merujuk pada aturan pemerintah terbaru, kami (Fulham) dengan berat hati mengumumkan bahwa laga lawan Brighton and Hove Albion di Craven Cottage akan berlangsung tanpa kehadiran penonton," tulis keterangan resmi Fulham.

3. Jumlah penonton di Inggris sesuai klasifikasi wilayah

Arsenal, West Ham, dan Fulham Harus Menggelar Laga Tanpa Fanspixabay.com/anwo00

Meski membuka peluang untuk fans hadir di stadion, sejatinya pemerintah Inggris tetap menerapkan batasan-batasan. Menyoal pembatasan jumlah penonton, pemerintah Inggris mengacu pada tiga klasifikasi wilayah, yakni Tier 1, Tier 2, dan Tier 3.

Pada wilayah Tier 1, jumlah penonton yang boleh hadir maksimal 4 ribu orang. Sedangkan, Tier 2, penonton yang diperkenankan hadir maksimal 2 ribu orang. Untuk Tier 3, acara olahraga masih akan dilaksanakan tanpa kehadiran penonton.

"Di Tier 1 dan 2, penonton (suporter) dan juga acara-acara bisnis boleh terselenggara baik itu di dalam dan di luar ruangan, tentunya dengan pembatasan kapasitas dan aturan menjaga jarak," ujar Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, dilansir BBC.

Dengan naiknya London ke Tier 3, Arsenal, West Ham, dan Fulham harus rela kehilangan dukungan dari fans, yang sejatinya baru saja mereka terima beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol Terbaik di Liga Inggris Saat Ini, Ada 3 Pemain Baru!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya