Comscore Tracker

Barcelona di Antara Realita dan Keinginan Xavi Hernandez

Xavi meminta Barcelona untuk memperkuat skuad

Jakarta, IDN Times - Situasi Barcelona di awal-awal musim 2022/23 ini benar-benar sulit. Terlepas dari hasil imbang lawan Rayo Vallecano yang mereka dapat pada Minggu (14/8/2022) dini hari, sejatinya masih banyak masalah yang menimpa mereka.

Sebelum musim 2022/23 bergulir, Barcelona tampak menjanjikan. Mereka merekrut nama-nama mentereng macam Robert Lewandowski, Jules Kounde, Raphinha, Franck Kessie, hingga Andreas Christensen.

Tidak cuma itu, selama pramusim, Barcelona juga tampil ciamik. Mereka mampu menggulingkan Real Madrid, dan meraih kemenangan atas tim-tim seperti New York Red Bulls dan juga Inter Miami. Permainan mereka seolah sudah terbentuk.

Namun, hasil imbang lawan Rayo menandakan masih ada masalah yang menimpa mereka. Sialnya lagi, di saat kondisi serba sulit, manajer Barcelona, Xavi Hernandez, justru meminta penguatan di tim.

1. Xavi meminta penguatan skuad

Barcelona di Antara Realita dan Keinginan Xavi HernandezManajer Barcelona, Xavi Hernandez. (twitter.com/FCBarcelona)

Dilansir Marca, buah dari hasil imbang lawan Rayo, Xavi meminta Barcelona untuk memperkuat skuad. Dengan sisa waktu bursa transfer yang beberapa minggu lagi, dia menginginkan adanya bek kanan berkualitas yang didatangkan.

Memang, Barcelona memiliki Sergino Dest, Ronald Araujo, dan Sergi Roberto yang bisa dipasang sebagai bek kanan. Akan tetapi, kualitas keduanya belum sebanding dengan Dani Alves, sosok yang mereka beli musim lalu dan sekarang sudah hengkang.

Tak heran, Barcelona sempat mengincar Cesar Azpilicueta. Namun, sang pemain bergeming dengan tawaran Barcelona dan memilih bertahan di Chelsea. Kini, mereka tengah mengarahkan pandangan pada beberapa pemain lain.

Selain bek kanan, Barcelona juga dikabarkan tengah menjajaki kemungkinan merekrut Bernardo Silva dan Marcos Alonso. Akan tetapi, sebelum mendatangkan mereka, ada hal-hal yang harus Barcelona penuhi, terutama soal salary cap.

Baca Juga: Frenkie De Jong Punya Peluang Bertahan di Barcelona

2. Kondisi Barcelona sedang serba sulit

Barcelona di Antara Realita dan Keinginan Xavi HernandezBarcelona lawan Real Madrid di pramusim. (ANTARA FOTO/REUTERS/Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports)

Di tengah keinginan Xavi itu, kondisi Barcelona sebenarnya tengah sulit. Mereka masih bermasalah soal keuangan. Meski sudah mengaktifkan fourth economic lever, yaitu dengan menjual aset Barca Studios ke Orpheus Media, mereka masih kesusahan.

Sebab, salary cap Barcelona masih jauh dari kata seimbang. Alhasil, meski sudah bisa mendaftarkan Lewandowski di laga lawan Rayo, mereka masih belum bisa mendaftarkan Kounde lantaran salary cap mereka masih terlalu tinggi.

Salah satu cara paling sahih yang harus Barcelona lakukan adalah dengan menjual para pemain bergaji mahal. Mereka sejatinya sudah punya daftar nama-nama yang akan mereka jual, seperti Samuel Umtiti, Martin Braithwaite, hingga Dest.

Tidak hanya itu, Barcelona juga berpotensi menjual Memphis Depay, Frenkie de Jong, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Sekarang, tinggal bagaimana caranya saja mereka meyakinkan para pemain itu untuk pergi dari Camp Nou.

3. Realita yang harus diselesaikan Barcelona

Barcelona di Antara Realita dan Keinginan Xavi HernandezBarcelona lawan Real Madrid di pramusim. (ANTARA FOTO/REUTERS/Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports)

Sebelum bicara tentang musim 2022/23 yang indah, Barcelona harus membenahi banyak hal. Selain soal permainan di atas lapangan, manajemen juga harus membereskan hal-hal di luar lapangan, yang pada akhirnya, tetap berpengaruh pada banyak hal.

Barcelona boleh mengawang-awang. Wajar juga Xavi Hernandez selaku manajer meminta penguatan skuad. Namun, ada realita yang harus mereka penuhi dan terima, bahwa saat ini, keuangan mereka belum baik-baik saja.

Baca Juga: Barcelona Daftarkan 4 Pemain Barunya, Tapi Gak Termasuk Kounde

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya