Beda Nasib Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani di Timnas U-23

Asnawi sudah bergabung, sedangkan Saddil belum

Jakarta, IDN Times - Nasib berbeda melanda Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani di skaud Timnas U-23. Jika Asnawi sudah bergabung dalam pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan, pemanggilan Saddil masih terganjal di level klub.

Asnawi dan Saddil sejatinya masuk dalam 29 nama yang dipanggil Shin Tae Yong untuk ikut TC di Korea Selatan. TC ini merupakan bagian dari persiapan Timnas U-23 jelang menghadapi ajang SEA Games 2021 di Vietnam, Mei mendatang.

Akan tetapi, kedua pemain itu saat ini mengalami nasib yang berbeda. Hal itu pun sedikit mengganggu persiapan skuad Garuda Muda saat ini.

1. Asnawi sudah bergabung dengan Timnas U-23

Beda Nasib Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani di Timnas U-23Duel Timnas Indonesia vs Timor Leste, Kamis (27/1/2022) / PSSI

Asnawi saat ini sudah ikut TC Timnas U-23 di Korea Selatan. Dilansir situs resmi PSSI, pemain yang kini main di Ansan Greeners itu sudah bergabung dengan Marc Klok dan kolega pada Selasa (26/4/2022) di Daejeon World Cup Stadium.

Eks pemain PSM Makassar itu rencananya akan ikut dalam uji coba terakhir Timnas U-23 lawan Daejeon Hana Citizen pada Rabu (27/4/2022). Selepas itu, jika tak ada aral melintang, Asnawi akan ikut skuad Garuda Muda untuk SEA Games 2021 pada 3 Mei.

"Saya akan gabung di uji coba terakhir melawan Daejon. Setelah itu, saya akan kembali ke Ansan, baru tanggal 3 Mei bergabung dengan Timnas U-23 di Vietnam untuk SEA Games 2021, sambil menunggu informasi dari Ansan, bisa gabung Timnas atau tidak," ujar Asnawi.

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Akhirnya Gabung Timnas Indonesia U-23

2. PSSI masih mengupayakan pemanggilan Saddil

Beda Nasib Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani di Timnas U-23potret Saddil Ramdani saat membela Sabah FC (instagram.com/saddilramdanii)

Sedangkan, PSSI masih mengupayakan pemanggilan Saddil ke Timnas U-23. Terbaru, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, telah berkirim surat kepada Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Selain kepada FAM, PSSI juga telah mengirimkan surat kepada Sabah FC. Isi surat itu tak jauh dari permintaan PSSI agar eks pemain Persela Lamongan dan Bhayangkara FC itu dapat segera bergabung ke Timnas U-23. PSSI pun tengah menunggu jawaban dari Sabah FC dan FAM.

"PSSI sudah melayangkan surat permintaan kepada Sabah FC dan FAM terkait pemanggilan dan permintaan Saddil Ramdani untuk bergabung bersama Timnas U-23 di ajang SEA Games 2021 Saat ini, PSSI menunggu jawaban dari Sabah dan FAM," kata Iriawan.

Ke depan, akan ada beberapa laga Liga Malaysia yang mengalami penundaan. Bagi PSSI, hal itu jadi angin segar. Mereka juga berharap Saddil bisa cepat bergabung dengan skuad Garuda Muda.

"PSSI berharap Saddil Ramdani cepat bergabung bersama timnas Indonesia. Dia (Saddil) merupakan pemain penting bagi tim dan menjadi pilihan pelatih Shin Tae Yong," ujar Iriawan.

3. Ada beberapa pemain luar negeri lain yang dipanggil

Beda Nasib Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani di Timnas U-23Timnas U-23 melakoni TC di Jakarta. (pssi.org)

Selain Saddil dan Asnawi, ada beberapa pemain luar negeri lain yang juga dipanggil PSSI untuk SEA Games 2021. Mereka adalah Elkan Baggott, Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman.

Arhan sudah dipastikan tak bisa gabung. Pun dengan Elkan, karena Ipswich Town membutuhkan jasanya. Sementara, Egy dan Witan kemungkinan gabung karena sedang mogok main akibat gajinya tak dibayarkan FK Senica.

SEA Games 2021 akan berlangsung di Vietnam mulai 12 hingga 23 Mei 2022 . Timnas U-23 berada di Grup A bersama tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, lalu Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Baca Juga: Janji Liga 1 Tak Bentrok dengan Jadwal Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya