Berapa Harga Sewa Pesawat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022?

Timnas gagal ke final, miliaran rupiah sudah keluar

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia ditaksir telah menghabiskan dana besar saat mengarungi Piala AFF 2022. Tak jadi juara, skuad Indonesia kemungkinan sudah menggunakan dana hingga miliaran rupiah sepanjang Piala AFF 2022.

Itu terlihat dari kebijakan Indonesia yang menggunakan pesawat charter sepanjang Piala AFF 2022. PSSI, secara khusus, memberikan pesawat charter saat mengangkut pemain ke negara-negara yang disambangi saat partai tandang demi kenyamanan pemain.

"Karena jadwal laga yang padat, kami sewa pesawat untuk transportasi para pemain Timnas Indonesia," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pada 18 Desember 2022 lalu.

Nah. kira-kira, berapa kocek yang harus dirogoh PSSI untuk sewa pesawat skuad Timnas Indonesia?

1. Bisa menyentuh miliaran rupiah

Berapa Harga Sewa Pesawat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022?Pengunjung mengamati pesawat Garuda Indonesia bercorak khusus dengan visual masker pada bagian moncong pesawat di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/12/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Pengamat penerbangan Indonesia, Alvin Lie, menyatakan harga sewa pesawat skuad Indonesia berpotensi mencapai miliaran rupiah. Hal itu bergantung pada tipe pesawat dan durasi sewa.

"Bisa saja (harganya mencapai miliaran). Tergantung tipe pesawat dan durasi sewa," ujar Alvin saat dihubungi IDN Times, Selasa (10/1/2023).

Sebagai contoh, data pada 2015 lalu menyatakan kalau harga pesawat satu jam bisa mencapai Rp88 juta. Taruhlah penerbangan ke Vietnam menghabiskan waktu empat sampai lima jam, harga sewa pesawat dalam satu kali perjalanan mencapai Rp500 juta.

Jika menghitung perjalanan pergi-pulang, harga sewa pesawat ke Vietnam mencapai Rp1 miliar. Alvin menyebut, hal itu belum menghitung bahan bakar avtur, biaya operasional, parkir, inap pilot dan awak kabin, hingga perizinan mendarat. Apalagi, bahan bakar sekarang ini sudah sangat mahal.

"Pada umumnya biaya sewa dihitung per jam operasi pesawat. Jika harus menginap akan ada tambahan biaya parkir pesawat, inap pilot, dan awak kabin. Ditambah, biaya perizinan negara-negara yang dilewati dan tujuan," ujar Alvin.

Baca Juga: Timnas Indonesia Kebobolan Terus di Piala AFF Tanpa Rachmat Irianto

2. Shin Tae Yong minta maaf

Berapa Harga Sewa Pesawat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022?Timnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Buah dari kegagalan skuad Indonesia, di tengah fasilitas yang diberikan PSSI ini, Shin Tae Yong selaku pelatih minta maaf. Padahal, dukungan dari federasi sudah begitu besar untuk Indonesia di ajang ini.

"Saya bersama para pemain sudah sampai di Jakarta dengan selamat. Saya mohon maaf karena tidak bisa balas budi, walaupun diberikan dukungan penuh dari Ketua Umum PSSI," ujar Shin dalam keterangan resminya.

3. Indonesia gagal ke final Piala AFF 2022

Berapa Harga Sewa Pesawat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022?Timnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Indonesia dipastikan gagal melaju ke final Piala AFF 2022. Dalam semifinal leg 2 yang berlangsung di My Dinh National Stadium, Senin (9/1/2023) malam, Indonesia tumbang dengan skor 0-2.

Terhentinya Indonesia di semifinal mengulangi capaian pada Piala AFF 2008, ketika kalah di semifinal. Kini, Indonesia cuma bisa menyaksikan Vietnam dan Thailand beradu kuat di final.

Baca Juga: Kali Ketiga, Timnas Indonesia Kalah di Semifinal Piala AFF

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya