Comscore Tracker

Bersua Ronaldinho, Airlangga Singgung Pembinaan Usia Dini

Pembinaan usia dini sepak bola Indonesia harus ditingkatkan

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, berkesempatan untuk bersua dengan Ronaldinho pada Senin (27/6/2022). Pertemuan ini dihelat di Lapangan Banteng, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Airlangga dan Ronaldinho terlibat sebuah perbincangan santai. Ada juga hal yang disinggung oleh Airlangga dalam perbincangan tersebut, yang akhirnya diamini Ronaldinho. Apakah itu?

1. Airlangga singgung pentingnya pembinaan usia dini

Bersua Ronaldinho, Airlangga Singgung Pembinaan Usia DiniRonaldinho bertemu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (dok. Kemenko Perekonomian)

Dalam perbincangan itu, Airlangga berujar Indonesia harus mementingkan pembinaan usia dini, agar tercipta bibit-bibit unggul di sepak bola. Dia juga menyebut, Indonesia butuh banyak sekolah sepak bola untuk mencetak pemain terbaik.

"Indonesia butuh banyak sekolah sepak bola yang siap mencetak atlet terbaik. Atlet sepak bola juga perlu disiapkan sejak dini," ujar Airlangga dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Trofeo Ronaldinho Membosankan, Bos RANS Angkat Suara

2. Indonesia harus belajar dari Brasil

Bersua Ronaldinho, Airlangga Singgung Pembinaan Usia DiniRonaldinho bertemu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (dok. Kemenko Perekonomian)

Airlangga juga menyebut, Indonesia harus belajar dari Brasil, terutama soal mencetak bibit unggul di sepak bola. Sebab, Indonesia dan Brasil sejatinya memiliki iklim serupa, dengan masyarakat yang hampir semua menggilai sepak bola.

"Indonesia dan Brasil memiliki iklim yang sama. Bahkan,penduduk Indonesia lebih banyak dari Brasil. Namun, Indonesia masih perlu belajar banyak untuk mencatatkan prestasi dalam sepak bola dunia seperti Brasil," ujar Airlangga.

3. Ronaldinho sepakat dengan Airlangga

Bersua Ronaldinho, Airlangga Singgung Pembinaan Usia DiniRonaldinho bertemu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (dok. Kemenko Perekonomian)

Ronaldinho rupanya menyepakati pemikiran Airlangga tersebut. Dia mengakui, sudah serius menekuni bola sejak tujuh tahun dan memulai karier profesional di usia yang masih remaja.

"Ide yang bagus. Saya telah mulai bermain sepak bola sejak tujuh tahun. Kemudian, saya memulai karier profesional saat masih 17 tahun," ujar Ronaldinho.

Ronaldinho sudah tiba di Indonesia pada 24 Juni. Selama berada di Tanah Air, legenda Barcelona dan Brasil itu melakoni banyak agenda, mulai dari tampil di turnamen segitiga, hadir dalam peluncuran jersey RANS Nusantara FC, dan melakukan coaching clinic.

Hadirnya Ronaldinho di Indonesia diharapkan mampu menggairahkan kembali dunia sepak bola di Tanah Air, sehingga ikut mendorong kembali pulihnya roda perekonomian yang terkait dengan bidang olahraga.

Baca Juga: Ronaldinho Sambangi Rumah Raffi Ahmad, Disuguhi Pangsit!

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya