Bertahannya Catatan Apik Juventus di Liga Europa

Juventus tak terkalahkan di kandang sejak 2009

Jakarta, IDN Times - Juventus memang gagal meraih kemenangan di leg pertama semifinal Liga Europa 2022/23. Bersua Sevilla di Allianz Stadium, skuad 'Si Nyonya Tua' hanya bermain imbang 1-1 lawan Sevilla.

Meski gagal meraih kemenangan, rupanya ada catatan apik Juventus yang bertahan di Liga Europa. Catatan ini sudah tertoreh sejak 2009, atau sejak ajang ini masih bernama Piala UEFA.

1. Juventus tak pernah kalah di laga kandang Liga Europa

Bertahannya Catatan Apik Juventus di Liga EuropaJuventus (dok. Instagram.com/juventus)

Sejak 2009, Juventus sudah melakoni 15 laga kandang. Selama 15 laga itu, skuad "Si Nyonya Tua" tak pernah menimpa kekalahan. Rinciannya, mereka menang tujuh kali dan meraih hasil imbang sebanyak delapan kali.

Bahkan, tim sekelas Sevilla urung menumbangkan Juventus di kandang mereka dalam ajang Liga Europa ini. Padahal, mereka adalah tim ahli Liga Europa. Ini menandakan, Juventus begitu tangguh saat berlaga di kandang.

Baca Juga: Semifinal Liga Europa: Roma Menang, Juventus Imbang

2. Tumbang di Liga Champions, berjaya di Liga Europa

Bertahannya Catatan Apik Juventus di Liga Europapotret duel Juventus vs. AS Roma (juventus.com)

Musim ini, Juventus tampil di dua kompetisi Eropa. Selain di Liga Europa, mereka sempat mentas di Liga Champions. Suram di Liga Champions, Juventus menunjukkan sinarnya di kompetisi Liga Europa.

Sejauh ini, dalam tujuh laga fase gugur Liga Europa yang mereka jalani, Juventus tak pernah kalah dari lawan-lawannya. Khusus dalam empat laga kandang yang mereka lalui, mereka sukses menang dua kali dan imbang dua kali.

3. Juventus harus tetap waspada

Bertahannya Catatan Apik Juventus di Liga EuropaSelebrasi penggawa Juventus usai membobol gawang Sporting Lisbon, Jumat (14/4/2023). (Twitter/@juventus).

Terlepas dari catatan apik ini, Juventus harus tetap waspada. Pasalnya, Sevilla memiliki potensi ancaman yang besar. Tim sebesar Manchester United saja sukses mereka tumbangkan di ajang Liga Europa ini.

Sevilla memang dikenal sebagai rajanya Liga Europa dalam beberapa musim terakhir. Di leg kedua nanti, jika tidak waspada, Juventus bisa saja bernasib sama seperti MU, tumbang di tangan klub asal Andalusia itu.

Baca Juga: Menengok Kiprah Juventus hingga Melangkah ke Semifinal Liga Europa

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya