Semifinal Liga Europa: Roma Menang, Juventus Imbang

Dua wakil Italia raih hasil beda

Jakarta, IDN Times - Gelaran semifinal Liga Europa 2022/23 resmi dimulai pada Jumat (12/5/2023) dini hari. Hasil berbeda didapatkan dua tim asal Italia, Juventus dan AS Roma.

Bersua Bayer Leverkusen di Stadio Olimpico, Roma sukses meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0. Di laga lain, Juventus urung meraih kemenangan atas Sevilla, kendati mentas di markas sendiri, Allianz Stadium.

1. Roma tampil lebih efektif ketimbang Leverkusen

Semifinal Liga Europa: Roma Menang, Juventus ImbangAS Roma menjalani laga pramusim 2022. (instagram.com/officialasroma)

Bertanding di Olimpico, Roma tertelan penguasaan bola Leverkusen. Tercatat, skuad asuhan Xabi Alonso itu menorehkan persentase penguasaan bola sebesar 62 persen, unggul atas Roma yang hanya 38 persen.

Namun, Roma tampil efektif di laga ini. Mereka mampu menorehkan 12 tembakan, unggul dari Leverkusen yang hanya 10. Hasilnya, mereka mampu mengunci kemenangan lewat gol tunggal Edoardo Bove pada menit 62.

Baca Juga: 6 Klub yang Dihadapi AS Roma hingga Melaju ke Semifinal Liga Europa

2. Juventus tertelan efektivitas Sevilla

Semifinal Liga Europa: Roma Menang, Juventus ImbangJuventus vs Torino. (ANTARA FOTO/REUTERS/Massimo Pinca/wsj)

Di laga ini, Juventus sebenarnya dominan dalam hal penguasaan bola. Mereka menorehkan persentase penguasaan bola sebesar 60 persen, unggul dari Sevilla yang hanya 40 persen.

Namun, masalah efektivitas, Juventus kalah dari Sevilla yang mampu mencetak 13 tembakan, berbanding 11 milik Juventus. Sevilla pun unggul lebih dulu via Youssef En-Nesyri pada menit 26.

Juventus selamat dari kekalahan berkat gol Federico Gatti jelang laga usai. Mereka masih memiliki peluang untuk lolos ke final, meski mengalahkan Sevilla tentu bukan pekerjaan mudah.

3. Leg kedua dihelat pekan depan

Semifinal Liga Europa: Roma Menang, Juventus ImbangUEFA.com

Pertemuan Roma-Leverkusen serta Juventus-Sevilla belum usai. Mereka akan melakoni laga leg kedua pada Jumat, 19 Mei 2023 mendatang. Laga ini juga akan jadi penentu, siapa yang bakal lolos ke final.

Menilik kekuatan yang ada, Juventus dan Roma masih berpeluang menciptakan All Italian Final di Liga Europa musim ini. Namun, Leverkusen dan Sevilla masih menyimpan ancaman yang bisa mengubur kemungkinan tersebut.

Baca Juga: Menengok Kiprah Juventus hingga Melangkah ke Semifinal Liga Europa

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya