Chelsea vs Borussia Dortmund: Ujian Kebangkitan Si Biru

Chelsea baru saja akhiri catatan buruk

Jakarta, IDN Times - Chelsea akan melanjutkan perjalanan mereka di babak 16 besar Liga Champions 2022/23. Pada Rabu (8/3/2023) dini hari WIB, "Si Biru' bakal berhadapan dengan Borussia Dortmund di leg kedua.

Di leg pertama yang dihelat di Signal Iduna Park, Dortmund sudah mencatatkan keunggulan 1-0. Alhasil, Chelsea butuh selisih dua gol agar mereka bisa memastikan satu tempat di babak perempat final.

Namun, mampukah Chelsea melakukan hal itu? Dengan kondisi dan skuad mereka sekarang, agaknya hal itu bisa saja mereka realisasikan.

1. Chelsea akhiri rentetan hasil buruk

Chelsea vs Borussia Dortmund: Ujian Kebangkitan Si BiruChelsea menang atas Norwich City di Premier League. (ANTARA FOTO/REUTERS/Chris Radburn)

Setelah lima laga tanpa kemenangan di semua kompetisi, Chelsea akhirnya sukses mengakhiri tren buruk. Pada laga lawan Leeds United pada Sabtu, 4 Maret 2023 malam WIB, 'Si Biru' menang dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan ini jadi hasil positif perdana yang didapat Chelsea. Namun, perlu dicatat juga bahwa Borussia Dortmund saat ini tengah berada dalam tren positif. Dalam enam laga terakhir, mereka selalu meraih kemenangan.

Terkhusus, dalam tiga laga Bundesliga terakhir, Dortmund menang atas Hertha Berlin, Hoffenheim, dan RB Leipzig. Mereka pun masih bersaing dengan Bayern Muenchen dalam perebutan gelar Bundesliga musim ini.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Leg Kedua Babak 16 Besar Liga Champions 2022/23

2. Chelsea urung diperkuat para pemain kunci

Chelsea vs Borussia Dortmund: Ujian Kebangkitan Si BiruChelsea menang atas Norwich City di Premier League. (ANTARA FOTO/REUTERS/Chris Radburn)

Sayangnya, dalam misi mempertahankan tren apik di laga nanti, Chelsea urung diperkuat para pemain kuncinya. N'Golo Kante, Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, dan Mason Mount harus menepi di laga ini karena cedera.

Di sisi lain, Dortmund masih akan diperkuat nama-nama macam Sebastien Haller, Marco Reus, Julian Brandt, dan Niklas Suele. Jude Bellingham juga masih akan jadi andalan Dortmund di laga ini, bersama Emre Can di tengah.

3. Bisakah Chelsea memenangi laga?

Chelsea vs Borussia Dortmund: Ujian Kebangkitan Si BiruChelsea menang. (Twitter.com/ChelseaFC)

Dengan kualitas skuad yang dimiliki, Chelsea sejatinya bisa memenangi laga. Apalagi, saat laga lawan Leeds United, mereka juga mempertontonkan skema yang apik, terutama ketika menerapkan serangan.

Akan tetapi, Borussia Dortmund tentu memiliki kualitas berbeda. Pressing yang mereka terapkan bisa memberikan kerepotan tersendiri bagi Chelsea seperti di leg pertama lalu. Jika itu urung teratasi, 'Si Biru' bisa saja terlempar dari Liga Champions

 

Baca Juga: Nawasiana

Baca Juga: 5 Klub Jerman yang Pernah Menaklukkan Chelsea di Liga Champions

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya