5 Klub Jerman yang Pernah Menaklukkan Chelsea di Liga Champions

Borussia Dortmund salah satunya

Chelsea akan kembali menghadapi Borussia Dortmund pada Rabu (8/3/2023) dini hari WIB. Duel kedua tim tersaji pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions Eropa 2022/2023.

Pada pertemuan pertama, The Blues harus mengakui keunggulan Die Borussen. Hasil pada leg pertama itu juga menambah catatan kekalahan Chelsea dari klub Jerman. Borussia Dortmund tercatat sebagai klub kelima Jerman yang menaklukkan Chelsea.

Berikut daftar lengkap klub Jerman yang pernah mengalahkan Chelsea di Liga Champions.

1. Bayern Munich

5 Klub Jerman yang Pernah Menaklukkan Chelsea di Liga ChampionsChelsea melawan Bayern Munich. (chelseafc.com)

Bayern Munich menjadi klub Jerman paling sering menaklukkan Chelsea di Liga Champions. Die Bayern menang dari klub asal London itu dalam 3 pertandingan dari 5 laga yang sudah dijalani.

Bayern Munich cukup perkasa dalam dua laga terakhir melawan The Blues. Meski begitu, Chelsea pernah menaklukkan The Bavarians dalam laga penting. Tepatnya pada laga final Liga Champions 2011/2012. Kala itu, Chelsea mempermalukan Bayern Munich yang berstatus sebagai tuan rumah.

2. Bayer Leverkusen

5 Klub Jerman yang Pernah Menaklukkan Chelsea di Liga ChampionsChelsea menghadapi Bayer Leverkusen. (uefa.com)

Bayer Leverkusen menjadi klub Jerman lain yang pernah menaklukkan Chelsea di Liga Champions. Kedua tim telah berhadapan dalam dua pertandingan. Bayer Leverkusen berhasil mengungguli Chelsea dalam satu pertandingan di antaranya.

Momen pertemuan kedua tim ini terjadi pada fase grup Liga Champions 2011/2012. Kala itu, Bayer Leverkusen berhasil mengalahkan Chelsea yang bertindak sebagai tuan rumah dengan skor 2-1. Namun, Leverkusen harus mengakui keunggulan The Blues saat bertandang ke London.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Chelsea yang Mentas di Liga Champions

3. Hertha BSC

5 Klub Jerman yang Pernah Menaklukkan Chelsea di Liga ChampionsHertha BSC (uefa.com)

Hertha BSC juga pernah menaklukkan Chelsea di Liga Champions Eropa. Klub ibu kota Jerman itu menang atas The Blues dalam satu pertandingan. Mereka sendiri baru berhadapan dengan Chelsea di Liga Champions dalam dua pertandingan.

Pertemuan kedua tim terjadi pada fase grup Liga Champions 1999/2000. Kala itu, Hertha BSC berhasil mengungguli Chelsea 2-1.

4. Werder Bremen

5 Klub Jerman yang Pernah Menaklukkan Chelsea di Liga ChampionsWerder Bremen (uefa.com)

Werder Bremen tercatat sebagai salah satu klub Jerman yang pernah menaklukkan Chelsea di Liga Champions. Mereka telah berhadapan dalam dua pertandingan. Dari total pertandingan tersebut, The Blues kalah dalam satu pertandingan.

Werder Bremen berduel dengan Chelsea di Liga Champions 2006/2007. Kala itu, kedua tim bersaing di grup yang sama. Werder Bremen mampu menaklukkan Chelsea dengan skor 1-0 saat main di kandang.

5. Borussia Dortmund

5 Klub Jerman yang Pernah Menaklukkan Chelsea di Liga ChampionsJude Bellingham, penggawa Borussia Dortmund, saat menghadapi Chelsea di Liga Champions. (bvb.de)

Borussia Dortmund menjadi klub Jerman terakhir dalam daftar ini. Die Borussen baru berduel dengan Chelsea di Liga Champions 2022/2023.

Kekalahan Chelsea atas Borussia Dortmund terjadi pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim ini. Dalam laga yang digelar pada 15 Februari 2023 itu, Die Borussen mengungguli Chelsea dengan skor 1-0.

Kemenangan itu menjadi modal berharga Borussia Dortmund untuk bertandang ke Stamford Bridge. Chelsea harus menang dengan selisih dua gol jika tak ingin tersingkir.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Chelsea di Era Thomas Tuchel, Bagaimana Kabarnya?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya