Diimbangi Ekuador, Belanda Gagal Kunci Tiket Fase Gugur

Ekuador menyamakan kedudukan melalui Enner Valencia

Jakarta, IDN Times - Belanda gagal meraih kemenangan dalam laga keduanya di Grup A Piala Dunia 2022. Bersua Ekuador di Khalifa International Stadium, Jumat (25/11/2022) malam, skuad Oranje ditahan imbang 1-1.

Gol-gol di laga ini dicetak Cody Gakpo (6') untuk Belanda, serta Enner Valencia (49') untuk Ekuador. Dengan begini, baik Belanda maupun Ekuador urung mengunci satu tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Sejak babak pertama ditiup, Belanda langsung memberikan tekanan ketat pada Ekuador. Hal ini mirip seperti yang mereka lakukan di laga lawan Senegal, dan langsung memberikan efek positif pada menit keenam.

Bermula dari kerja sama apik Steven Bergwijn dan Davy Klaassen, Cody Gakpo yang menerima bola di kotak penalti sukses membobol gawang Ekuador lewat sepakan kaki kirinya. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Belanda.

Selepas unggul, Belanda tidak mengendurkan tekanan mereka. Dengan lini tengah yang berisikan Teun Koopmeiners dan Frenkie de Jong, Belanda mengatur aliran bola sedemikian rupa. Belum lagi, Bergwijn juga acap mundur ke pertahanan.

Akan tetapi, Ekuador tidak tinggal diam. Alih-alih bertahan, mereka dengan berani menekan balik Belanda. Hal tersebut membuat Belanda kesulitan mengembangkan permainan, kendati mengatur aliran bola dengan baik.

Buah dari permainan mereka ini, Ekuador sukses beberapa kali mengancam gawang Belanda. Mereka acap menemukan beberapa ruang kosong yang bisa mereka eksploitasi di lini pertahanan Belanda hingga menit 25.

Tekanan ketat yang dilakukan Ekuador sempat memaksa Belanda untuk bertahan lebih dalam. Namun, memasuki menit 31, mereka coba kembali menekan Ekuador. Mereka coba menyerang secara vertikal, plus mengandalkan dua sisi sayap.

Akan tetapi, upaya Belanda ini masih urung membuahkan hasil. Rupanya, Ekuador menerapkan pressing ketat bagi para pemain Belanda yang masuk area sepertiga akhir. Alhasil. Belanda kesulitan.

Di sisa waktu babak pertama, situasi ini terus berlangsung. Ekuador sempat mencetak gol, tetapi dianulir lantaran off side. Alhasil, keunggulan 1-0 yang ditorehkan Belanda pun bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Ekuador coba mengambil inisiatif tekanan. Mereka langsung menggebrak dan itu membuahkan hasil positif. Pada menit 49, Enner Valencia sukses mencetak gol usai memanfaatkan bola muntah di depan gawang. Skor berubah 1-1.

Sukses menyamakan angka membuat Ekuador seolah mendapatkan angin. Tekanan ketat terus mereka terapkan di awal babak kedua ini, dan hal tersebut membuat Belanda gelagapan. Beberapa kali, Belanda acap kehilangan bola.

Namun, perlahan-lahan Belanda coba memperbaiki situasi. Mereka kembali menguasai bola dan melakukan beberapa perubahan. Memphis Depay, Wout Weghorst, Marten de Roon, dan Steven Berghuis dimasukkan Belanda di babak kedua ini.

Ekuador menjawab perubahan Belanda ini dengan melakukan perubahan juga. Mereka memasukkan Jeremy Sarmiento, Kevin Rodriguez, dan Romario Ibarra. Masuknya nama-nama baru ini membuat permainan kedua tim lebih hidup.

Di sisa waktu babak kedua, Ekuador mencoba bermain lebih direct. Mereka tidak lama-lama memegang bola, dan acap mengalirkan bola dengan cepat ke lini depan. Hal ini sedikit merepotkan pertahanan Belanda.

Ditambah lagi, Belanda juga acap mengalami miskomunikasi di area sepertiga akhir Ekuador. Hadirnya De Roon dan Berghuis urung memperbaiki situasi ini, sehingga membuat serangan Belanda buntu.

Situasi ini terus berlangsung hingga akhir babak kedua. Kebuntuan yang dialami oleh Belanda dan Ekuador, pada akhirnya membuat skor 1-1 ini bertahan sampai babak kedua tuntas.

Baca Juga: Susunan Pemain Belanda vs Ekuador, Cody Gakpo Jadi Andalan!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya