Dituduh Mengunci Pintu Stadion Kanjuruhan, Arema Membela Diri

Arema FC akhirnya bersuara setelah sekian lama

Jakarta, IDN Times - Setelah lama menutup mulut, Arema FC akhirnya buka suara terkait tragedi Kanjuruhan. Dalam sebuah sesi jumpa pers di kantor mereka, Jumat (7/10/2022), mereka membeberkan fakta-fakta baru.

Sebagaimana diketahui, duel antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam, berakhir pilu. Ratusan suporter tewas akibat kerusuhan yang terjadi usai laga.

Salah satu fakta baru yang diungkap manajemen Arema adalah terkait pintu stadion yang disebut-sebut terkunci. Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan Arema, Abdul Harris, menyebut bahwa pintu stadion itu dalam keadaan terbuka.

"Sesuai SOP pintu semua harus terbuka. Kalau memang ada oknum yang menutup kan ada CCTV. Itu ada semua. Dari pertandingan, kick-off, sampai selesai. Silakan buka CCTV. Ada portir yang menjaga semua pintu. Ada penjaga dan polisi," ujar Abdul.

1. Security Officer dan panpel sudah pastikan pintu terbuka

Dituduh Mengunci Pintu Stadion Kanjuruhan, Arema Membela DiriSuasana Stadion Kanjuruhan pada Senin (3/10/2022). (IDN Times/Gilang Pandutanaya)

Abdul juga mengungkapkan, dia sebagai Ketua Panpel dan juga Suko Sutrisno selaku Security Officer, sebelumnya sudah memastikan semua pintu stadion terbuka jelang laga tuntas. Dia pun siap bersaing di pengadilan kelak.

"Kami selaku ketua panpel saya ada di tengah. Laporan yang saya terima dari pak Suko, pintu semua dibuka. Tapi itu masuk materi penyidikan jadi saya mohon maaf tidak bisa menyampaikan. Biar dari tim hukum yang menyampaikan," ujar Abdul.

Baca Juga: 8 Potret Pintu 13 Kanjuruhan Berubah Jadi Tempat Ziarah

2. CCTV pintu stadion akan jadi kunci

Dituduh Mengunci Pintu Stadion Kanjuruhan, Arema Membela DiriStadion Kanjuruhan masih dipenuhi peziarah yang datang untuk berdoa di hari kelima pasca kejadian. (IDN Times/Gilang Pandutanaya)

Kuasa hukum yang mendampingi Arema FC, Sumardhan, mengungkapkan bahwa video CCTV di pintu stadion harus dibuka di pengadilan nanti. Video CCTV ini akan jadi kunci dalam proses hukum kelak.

"Kami sudah mendampingi saat pemeriksaan. Apa yang kami dapatkan, itulah yang kami sampaikan. Nanti mungkin perlu teman-teman dibuka CCTV itu supaya tidak ada perbedaan dalam proses hukum. Kami tetap normatif," ujar Sumardhan.

3. Sebelumnya, PSSI sebut Arema lalai soal pintu stadion

Dituduh Mengunci Pintu Stadion Kanjuruhan, Arema Membela DiriKeterangan pers PSSI terkait insiden di Kanjuruhan. (IDN Times/Gilang Pandutanaya)

Keterangan dari Arema ini membantah apa yang diujarkan PSSI beberapa waktu lalu. Berdasarkan hasil temuan investigasi dari PSSI, banyak cacat yang dilakukan panpel Arema.

Selain kegagalan menahan fans agar tidak turun ke lapangan, panpel Arema juga tampak sengaja mengunci pintu stadion. Bahkan, hingga menit 80 laga, banyak sekali pintu stadion yang masih terkunci dan tidak terbuka.

"Pintu-pintu yang harusnya terbuka, tapi tertutup. Kekurangan ini jadi perhatian dan penilaian kami terhadap adanya hal-hal yang kurang baik dalam pertandingan (Arema vs Persebaya)," ujar Ketua Komisi Disiplin PSSI, Erwin Tobing.

Baca Juga: Menpora: Jokowi Sudah Minta Maaf kepada Keluarga Korban Kanjuruhan

https://www.youtube.com/embed/Xzj2s81tTss

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya