Doa Menpora di HUT: PSSI Timnas U-23 Raih Emas di SEA Games 2021

Emas SEA Games akan jadi hadiah sempurna

Jakarta, IDN Times - Tepat pada Selasa (19/4/2022), PSSI merayakan ulang tahunnya yang ke-92. Berbagai perjalanan sudah dilalui oleh federasi sejauh ini, tak terkecuali di SEA Games bersama Timnas Indonesia U-23. Hal itu tak luput dari perhatian banyak pihak.

Salah satu orang yang memerhatikan perkembangan sepak bola Indonesia adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Di hari jadi PSSI yang ke-92, terbersit harapan darinya, Timnas U-23 akan meraih emas di SEA Games 2021.

1. Optimisme Menpora pada Timnas U-23

Doa Menpora di HUT: PSSI Timnas U-23 Raih Emas di SEA Games 2021Menpora Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Zainudin merasa optimistis Timnas U-23 mendapat emas di SEA Games 2021. Keyakinan itu muncul seiring dengan penjelasan dari PSSI dan Shin Tae Yong. Namun, pada dasarnya, dia ingin semua cabang olahraga (cabor) dapat emas.

"Keinginan pribadi, ya semua cabor yang berangkat bisa emas. Kalau dari penjelasan PSSI sih Insya Allah ya. Jadi banyak yang main kemarin itu sudah tidak bisa main lagi (skuad lawan). Saya pegangannya dari PSSI dan keyakinan pelatih," ujar Zainudin di Kemenpora, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Shin Tae Yong Panggil 3 Pemain Tambahan ke Timnas SEA Games

2. Timnas U-23 siap singkirkan kutukan runner-up

Doa Menpora di HUT: PSSI Timnas U-23 Raih Emas di SEA Games 2021Timnas U-23 melakoni TC di Jakarta. (pssi.org)

Zainudin juga yakin, Timnas U-23 bisa menyingkirkan kutukan runner-up yang acap melanda tim Indonesia di ajang sepak bola. Apalagi, keberangkatan Timnas U-23 ke SEA Games 2021 ini sudah melalui restu dari tim review.

Alhasil, terbayang jika kelak skuad Garuda Muda gagal meraih prestasi. Sebab, bukan cuma PSSI yang akan jadi sorotan, melainkan tim review yang memberikan lampu hijau pada Timnas U-23 untuk berangkat.

"Saya masih yakin betul (emas) karena kan Profesor Asmawi dan anggota tim review yang lain pasti tidak akan mempertaruhkan reputasi mereka sebagai guru besar. Jadi, yang memanggil pengurus itu kan tim review," ujar Zainudin.

3. Pembenahan sepak bola dilakukan sedari dini

Doa Menpora di HUT: PSSI Timnas U-23 Raih Emas di SEA Games 2021Pemain-pemain Timnas U-16 (Dok. PSSI)

Selain menyinggung soal emas SEA Games 2021, Zainudin juga berkata bahwa pembenahan sepak bola harus dilakukan sejak dari basis. Pandangan ini dia dapat saat main golf bersama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

"Kalau sama Shin Tae Yong itu ,dia ingin supaya pembenahan dari dasar, kalau ingin maju. Memang pembenahan itu harus dari basis, dari usia muda pasti fisiknya akan bagus dan ditempa dengan baik," ujar Zainudin.

Zainudin juga mengucapkan selamat berulang tahun bagi PSSI yang ke-92 tahun. Sebagai olahraga yang paling digandrungi masyarakat, dia ingin agar sepak bola meraih prestasi nyata di kancah internasional.

Apalagi, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo sampai mengeluarkan Inpres no. 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Dengan harapan ini, wajar jika emas SEA Games 2021 dari Timnas U-23 akan jadi pelepas dahaga publik.

Baca Juga: 4 Derbi Sepak Bola Terpanas di Kawasan Asia, Ada Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya