Dramatis! Gol Menit Akhir Antar Ukraina Tantang Inggris

Ukraina menang 2-1 atas Swedia

Jakarta, IDN Times - Swedia tumbang dalam babak 16 besar Piala Eropa 2020. Berhadapan dengan Ukraina di Hampden Park, Rabu (30/6/2021) dini hari, mereka kalah 1-2.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Emil Forsberg (43') untuk Swedia, serta Oleksandr Zinchenko (27') dan Artem Dobvyk (120+1') untuk Ukraina. Kemenangan ini membawa Ukraina ke perempat final, menghadapi Inggris.

1. Babak pertama, laga berjalan imbang

Dramatis! Gol Menit Akhir Antar Ukraina Tantang InggrisSwedia vs Ukraina. (twitter.com/EURO2020)

Kedua tim menurunkan para pemain terbaiknya di pertandingan ini. Swedia memainkan Victor Lindeloef, Albin Ekdal, Emil Forsberg, dan Alexander Isak. Sedangkan Ukraina memainkan Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, serta Oleksandr Zinchenko.

Di awal babak pertama, Swedia memberikan tekanan yang ketat ke lini pertahanan Ukraina. Namun, seiring berjalannya babak pertama, justru Ukraina yang menekan balik Swedia.

Kendati tampil sebagai wing-back, Zinchenko jadi motor permainan Ukraina di pertandingan ini. Pergerakannya merepotkan para pemain Swedia, sekaligus mendukung pergerakan Yaremchuk dan Yarmolenko di lini serang.

Terus menekan, Ukraina akhirnya berhasil mencuri gol pertama. Bermula dari umpan Yarmolenko, Zinchenko yang masuk ke kotak penalti sukses membobol gawang Swedia pada menit 27 lewat tembakan voli yang keras. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Ukraina.

Tertinggal satu angka, Swedia mulai meningkatkan tekanan ke lini pertahanan Ukraina. Upaya mereka untuk menyamakan kedudukan ini membuahkan hasil pada menit 63. Bermula dari umpan Isak, Forsberg sukses membobol gawang Ukraina. Skor berubah 1-1.

Di sisa waktu babak pertama, kedua tim coba menambah angka. Namun, skor 1-1 tidak berubah sampai babak pertama tuntas.

Baca Juga: [BREAKING] Inggris Depak Jerman di Partai Keras Piala Eropa 2020

2. Makin ketat di paruh kedua

Dramatis! Gol Menit Akhir Antar Ukraina Tantang InggrisSwedia vs Ukraina. (twitter.com/EURO2020)

Memasuki babak kedua, Swedia dan Ukraina saling melepas serangan. Ada kejadian unik saat dua peluang yang didapat Swedia lewat Forsberg, serta Ukraina lewat Yarmolenko, semuanya terkena tiang gawang.

Untuk menambah kekuatan, Swedia dan Ukraina melakukan pergantian pemain. Swedia memasukkan Pierre Bengtesson dan Emil Krafth, sedangkan Ukraina memasukkan Ruslan Malinovsky.

Masuknya beberapa pemain baru ini menjaga intensitas permainan kedua tim. Swedia dan Ukraina silih berganti melepaskan serangan. Mereka juga saling menekan satu sama lain.

Namun, di akhir-akhir babak kedua, Swedia mulai memegang kendali permainan. Forsberg tetap menjadi motor permainan Swedia, ditopang oleh pergerakan Isak yang konstan di lini depan.

Sementara itu, Ukraina banyak mengandalkan serangan balik. Mereka tidak terlalu dominan, tetapi mereka mampu melepaskan tekanan ke area lini pertahanan Swedia yang kosong. Akan tetapi, kebuntuan dialami oleh kedua tim.

Kebuntuan inilah yang terus terjadi hingga akhir babak kedua. Alhasil, skor 1-1 bertahan sampai babak kedua usai, dan laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

3. Ukraina pecah kebuntuan di perpanjangan waktu

Dramatis! Gol Menit Akhir Antar Ukraina Tantang InggrisSwedia vs Ukraina. (twitter.com/EURO2020)

Memasuki babak perpanjangan waktu, Swedia ditimpa kemalangan. Salah satu bek mereka, Marcus Danielson, harus keluar lapangan karena menerima kartu merah. Di sisi lain, Ukraina juga mendapat petaka setelah Artem Biesiedin cedera akibat hantaman keras Danielson.

Beberapa perubahan pun akhirnya dilakukan kedua tim di babak pertama perpanjangan waktu ini. Swedia memasukkan Filip Helander, sedangkan Ukraina memasukkan Viktor Tsigankov.

Situasi di babak pertama perpanjangan waktu ini masih belum ada perubahan. Kedudukan kedua tim masih imbang, karena baik itu Swedia atau Ukraina masih menemui kebuntuan.

Di babak kedua perpanjangan waktu, situasi juga masih belum membaik untuk Swedia maupun Ukraina. Insiatif memang dipegang oleh Ukraina, tetapi mereka kesusahan menembus lini pertahanan Swedia.

Cahaya akhirnya datang Ukraina pada menit 120+1. Berawal dari umpan silang Zinchenko, Artem Dobvyk sukses membobol gawang Swedia lewat sundulannya. Skor berubah 2-1, dan bertahan sampai laga tuntas. Dengan hasil ini, Ukraina dipastikan jumpa Inggris di Stadio Olimpico, Roma, 3 Juli 2021 mendatang.

Baca Juga: 6 Pemain yang Bakal Jadi Rebutan Usai Piala Eropa 2020

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya