Emir, Sosok di Balik Ombak Penonton saat Laga Indonesia vs Argentina

Ombak penonton tercipta di laga Indonesia vs Argentina

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Argentina Lionel Scaloni terpesona dengan fanatisme pendukung Timnas Indonesia. Kehadiran suporter itu juga yang menjadi salah satu faktor Argentina hanya menang 2-0 melawan Indonesia pada Senin (19/6/2023) malam.

Kreativitas suporter Indonesia memang ciamik. Mulai dari yel-yel hingga koreografi mampu mereka sajikan. Nah, dari sekian kreativitas yang ada, ombak penonton inilah yang menarik perhatian pada laga Indonesia lawan Argentina.

Pertanyaannya, siapa yang jadi inisiator ombak penonton di laga Indonesia lawan Argentina? Dia adalah Emir Suryohadiprojo.

Baca Juga: Bek Argentina Liburan di Pulau Komodo Usai Lawan Timnas Indonesia

1. Emir si penggerak ombak

Emir, Sosok di Balik Ombak Penonton saat Laga Indonesia vs ArgentinaSuasana GBK saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). (IDN Times/Sandy Firdaus)

Emir sejatinya adalah asisten pribadi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Emir mengaku, Komando ombak penonton di laga Indonesia lawan Argentina hadir dari dirinya. Awalnya, semua tidak berjalan mudah.

Setelah ajakan keempat, ombak penonton itu akhirnya tercipta dan berkeliling ke tribun Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang dipenuhi 58 ribu penonton. Tidak sekali, ombak ini bahkan melaju sampai tiga putaran.

"Saya bersama kakak saya Alvin Suryohadiprojo dan sahabat-sahabat saya mengajak seluruh keluarga besar Kemenpora bikin ombak. Alhamdulillah setelah percobaan keempat, seluruh penonton di GBK semarak mengikuti wave-nya," ujar Emir.

Baca Juga: Nonton Indonesia vs Argentina Bareng Jokowi, Ini Kata Menpora Dito

2. Emir memang senang akan kebersamaan di stadion

Emir, Sosok di Balik Ombak Penonton saat Laga Indonesia vs ArgentinaAntrean suporter menuju pintu masuk Stadion Utama Gelora Bung Karno jelang sepak mula Timnas Indonesia vs Argentina, Senin (19/6/2023). (IDN Times/Tata Firza).

Emir mengaku, menonton bola di stadion jadi sebuah kebahagiaan tersendiri baginya. Dia mengaku, ada kebersamaan yang terjalin, bahkan dengan orang-orang yang tidak dikenal. Soal ombak, dia memang biasa melakukannya.

“Salah satu tradisi yang biasa saya lakukan adalah melakukan gerakan mexican wave seperti yang selalu tersaji di Gelora 10 November bersama rekan-rekan Bonek di awal-awal saya mengenal stadion sepak bola,” ujar Emir.

Baca Juga: Scaloni Sudah Menduga Indonesia Bakal Sulitkan Argentina

3. Kreativitas yang disambut hangat oleh Dito

Emir, Sosok di Balik Ombak Penonton saat Laga Indonesia vs ArgentinaMenpora Dito di GBK. (Dok. Kemenpora)

Menpora Dito Ariotedjo pun memberi apresiasi untuk kreativitas para pendukung Timnas di pertandingan Indonesia lawan Argentina. Apalagi, bentuk dukungan itu selain bisa membuat pemain semakin bersemangat juga menghibur.

“Hal-hal positif untuk mendukung perjuangan Timnas Indonesia sangat penting. Apalagi suporter adalah pemain ke-12 dalam permainan sepak bola. Kami apresiasi semua kreativitas suporter di pertandingan melawan Argentina termasuk terciptanya ombak penonton," ujar Dito.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya