FIFA Larang Konser Raisa dan Blackpink di GBK

GBK tak boleh digunakan dua konser tersebut

Jakarta, IDN Times - FIFA memberikan respons terkait surat yang dikirim oleh PSSI, soal pemakaian Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Dalam suratnya, otoritas sepak bola dunia itu melarang konser Raisa dan Blackpink digelar di GBK.

Memang, ada dua konser besar yang akan dihelat di GBK jelag Piala Dunia U-20 tahun depan. Pertama, konser Raisa pada 25 Februari 2023. Kedua, ada juga konser Blackpink pada 11 dan 12 Maret 2023. Nyatanya, dua konser ini tidak mendapat persetujuan dari FIFA.

1. Catatan dari FIFA untuk GBK

FIFA Larang Konser Raisa dan Blackpink di GBKStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Dalam surat balasan FIFA, disebutkan mereka tidak bisa menyetujui jadwal yang sudah diberikan, terkait penggunaan GBK. Mereka berujar, mengadakan dua konser dalam rentang waktu berdekatan bisa merusak kualitas lapangan.

"Adanya dua konser dengan selang waktu beberapa hari, beserta pembongkaran di bagian lapangan permainan, tentu akan membuat permukaan lapangan tertekan dan memengaruhi kondisi lapangan," tulis surat tersebut.

Baca Juga: Belanda Lewati Jalur Neraka di Piala Dunia 2022

2. FIFA mengingatkan pemerintah Indonesia

FIFA Larang Konser Raisa dan Blackpink di GBKpotret Rapat Dewan FIFA (binsidethegames.biz)

Masih dalam suratnya juga, FIFA mengingatkan pemerintah Indonesia jika dua konser itu tetap digelar, akan jadi sesuatu yang kontradiktif. Sebab, Indonesia berjanji akan menyediakan lapangan ciamik untuk Piala Dunia U-20 2023.

"Mengingat investasi signifikan yang telah disetujui pemerintah, agar dibelanjakan untuk menyediakan lapangan sepak bola berkualitas tinggi, akan jadi kontradiktif jika membiarkan dua konser ini berlangsung sedekat mungkin dengan turnamen (Piala Dunia U-20 2023)," tulis surat tersebut.

3. Jawaban langsung resmi dari FIFA

FIFA Larang Konser Raisa dan Blackpink di GBKStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Beberapa waktu lalu, Menpora Zainudin Amali menyampaikan pihaknya menanti jawaban dari FIFA, terkait penggunaan venue Piala Dunia U-20 2023, tak terkecuali GBK, untuk ajang-ajang lain.

Lewat surat balasan ini, sudah terang apa yang harus dilakukan, apalagi surat ini merupakan balasan langsung dari FIFA. Intinya, khusus untuk konser Blackpink dan Raisa, GBK sudah dilarang untuk dipakai.

Baca Juga: AS Salah Bendera, Iran Minta FIFA Tendang dari Piala Dunia 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya