FIFA Matchday, Indonesia Lawan Turkmenistan Digelar 8 September

Akan jadi pertemuan kelima Indonesia dan Turkmenistan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sudah menentukan lawan untuk Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday September 2023 mendatang. Skuad Garuda akan bersua tim asal Asia Tengah, Turkmenistan.

Rencananya, laga lawan Turkmenistan ini akan dihelat pada 8 September. Tidak di Jakarta, pertandingan akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

"Kita akan isi satu pertandingan FIFA Matchday untuk tanggal 8 (September), lawan Turkmenistan, itu nanti di Gelora Bung Tomo, Surabaya," ujar Erick di Menara Danareksa, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga: PSSI Mau Undang Portugal dan Brasil di FIFA Matchday

1. PSSI hanya menggelar satu laga FIFA Matchday

FIFA Matchday, Indonesia Lawan Turkmenistan Digelar 8 SeptemberKetum PSSI, Erick Thohir bersama Waketum PSSI, Zainudin Amali. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Tidak seperti Juni 2023 lalu, PSSI hanya menggelar satu laga FIFA Matchday pada September 2023 ini. Erick menyebut, padatnya agenda Timnas Indonesia pada rentang Agustus hingga Februari 2024 menjadi alasan utama.

Tercatat, ada Piala AFF U-23, Asian Games 2022, Kualifikasi Piala Asia U-23, Kualifikasi Piala Dunia 2026, hingga Piala Asia 2023. Pemanfaatan satu laga ini juga didasari oleh rasa sayang federasi terhadap para pemain.

"Kita tidak bisa seperti FIFA Matchday sebelumnya, ada dua laga. Sebab, kita akan jadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 di Solo, belum lagi ada agenda-agenda lain. Kita harus pastikan pemain ini bisa mengisi program-program pertandingan yang ada," ujar Erick.

Baca Juga: Indonesia Bakal Rutin Lawan Tim Besar di FIFA Matchday

2. Turkmenistan akan kirimkan tim senior

FIFA Matchday, Indonesia Lawan Turkmenistan Digelar 8 SeptemberFOX Sports Asia

Uniknya, Turkmenistan juga menjadi lawan Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23. Ada kekhawatiran bahwa skuad yang diturunkan untuk FIFA Matchday nanti adalah tim Turkmenistan U-23. Namun, Erick menampik hal tersebut.

"Lawan Turkmenistan yang saya mengerti itu tim senior, tanggal 8 September di Surabaya. Tapi apakah ada irisan dengan tim U-23-nya mereka, saya tak tahu, yang pasti sudah ada kesepakatan dengan Shin Tae Yong," ujar Erick.

Baca Juga: PSSI Resmikan Komite Tetap 2023-2027, Tak Ada Zainudin Amali

3. Indonesia sudah pernah bertemu Turkmenistan empat kali

FIFA Matchday, Indonesia Lawan Turkmenistan Digelar 8 SeptemberTimnas Indonesia lawan Burundi di FIFA Matchday. (dok. PSSI)

Dilansir 11v11, Timnas Indonesia sudah bertemu Turkmenistan sebanyak empat kali di level senior, tepatnya di laga Kualifikasi Piala Dunia. Dalam empat pertemuan itu, Indonesia unggul dengan dua kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah.

Satu-satunya kekalahan Timnas Indonesia dari Turkmenistan terjadi pada 31 Maret 2004. Ketika itu, mereka kalah 1-3. Nah, September 2023 nanti akan jadi pertemuan kelima skuad Garuda dengan tim asal Asia Tengah itu dalam laga resmi FIFA.

Baca Juga: Konser Coldplay Berpotensi Ganggu FIFA Matchday Timnas Indonesia

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya