Indonesia Bakal Rutin Lawan Tim Besar di FIFA Matchday

Ada Brasil hingga Portugal yang sudah dikontak

Jakarta, IDN Times - Sebuah rencana besar digaungkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dia ingin, setiap tahun, Timnas Indonesia bersua tim-tim besar di FIFA Matchday. Untuk merealisasikan rencana ini, tentu dia tidak berpangku tangan.

Terdekat, PSSI sudah memastikan Indonesia melawan Argentina di FIFA Matchday Juni 2023. Ke depan, Erick berkata dia sudah menjalin komunikasi dengan beberapa tim besar. Tim mana saja yang sudah dihubungi olehnya?

1. Ada Maroko, Brasil, dan Portugal yang dikontak

Indonesia Bakal Rutin Lawan Tim Besar di FIFA MatchdayMaroko lawan Portugal di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine)

Erick mengaku, dia sudah mengontak beberapa negara besar dunia untuk melawan Indonesia. Tercatat, ada Maroko, Brasil, hingga Portugal yang sudah dihubungi sosok yang juga Menteri BUMN itu.

"Tahun depan kita alokasikan (lawan tim besar lagi), saya sudah kontak beberapa negara seperti Maroko, Brasil, Portugal, Rusia, dan mereka semua memberikan respons positif," ujar Erick di Gelora Bung Karno, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: FIFA Restui Timnas Indonesia Bentrok Lawan Argentina, Sah!

2. Akan ada satu tim dalam setahun yang dilawan Indonesia

Indonesia Bakal Rutin Lawan Tim Besar di FIFA MatchdayBrasil vs Korea Selatan di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine)

Meski sudah merencanakan lawan tim besar, Erick mengaku Indonesia tidak akan setiap saat melawan tim besar. Dia akan mengalokasikan satu slot negara besar untuk dilawan skuad Garuda setiap tahunnya. 

"Kita bolehnya ya lawan satu tim (besar) dalam setahun, jadi kita harus mempersiapkan laga Timnas selain untuk meningkatkan peringkat FIFA, ada juga laga di mana kita dipercaya oleh tim-tim besar dunia," kata Erick.

3. Indonesia harus biasa lawan tim besar

Indonesia Bakal Rutin Lawan Tim Besar di FIFA MatchdayTimnas Indonesia lawan Burundi di FIFA Matchday. (dok. PSSI)

Lebih lanjut, Erick berkata bahwa para pemain Indonesia harus terbiasa lawan pemain-pemain bintang. Dengan begitu, mereka tidak akan terkejut lagi ketika harus bersua tim-tim lain, termasuk tim-tim Asia Tenggara.

"Kita punya mimpi main di Piala Dunia, masuk peringkat 100 besar, nah kita harus membangun mental kita. Indonesia harus membiasakan diri ketemu tim-tim besar di FIFA Matchday, jangan tegang ketemu mereka," ujar Erick.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Argentina, FIFA Buat Unggahan Kocak

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya