Format Baru di Fase Gugur Liga Europa, Barcelona Terancam

Fase grup Liga Europa 2021/22 sudah tuntas

Jakarta, IDN Times - Liga Europa 2021/22 sudah melangsungkan laga terakhir fase grup pada Jumat (10/12/2021) dini hari. Beberapa tim sudah menentukan tempat di fase gugur. Ada yang lolos sebagai runner-up, sebagian menjadi juara grup.

Nah, berbeda dengan musim-musim sebelumnya, format fase gugur Liga Europa 2021/22 sedikit berbeda. Tidak lagi menggunakan format babak 32 besar, Liga Europa memberi keuntungan lebih bagi para juara di fase grup.

1. Ada play-off 16 besar

Format Baru di Fase Gugur Liga Europa, Barcelona TerancamPemain Villarreal Gerard Moreno merayakan gelar juara Liga Europa usai melibas Manchester United di Polsat Plus Arena Gdansk, Gdansk, Polandia, Kamis (2.7/5/2021). ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Michael Sohn

Fase gugur Liga Europa 2021/22 tidak langsung menggabungkan tim-tim dari fase grup Liga Europa dengan peringkat tiga babak penyisihan Liga Champions. Ada pemisahan yang dilakukan oleh UEFA, selaku penyelenggara Liga Europa.

Jadi, ada play-off untuk menentukan delapan tim yang akan berkompetisi di babak 16 besar. Play-off mempertemukan runner-up grup dan tim-tim peringkat tiga fase grup Liga Champions. Merunut jadwal, play-off akan dilaksanakan pada 17 dan 24 Februari 2022.

Baca Juga: UEFA Resmi Hapus Aturan Gol Tandang di Liga Champions dan Liga Europa

2. Keuntungan bagi juara grup

Format Baru di Fase Gugur Liga Europa, Barcelona TerancamPesepak bola AS Roma Edin Dzeko (kedua kanan) menendang bola dan berhasil mencetak gol ke gawang Ajax Amsterdam dalam laga leg pertama babak perempat final Liga Europa, di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (8/4/2021) (ANTARA FOTO/Reuters-Piroschka Van De Wouw)

Di sisi lain, juara grup tidak akan bertarung lagi untuk memperebutkan satu tempat di babak 16 besar. Total, delapan tim juara grup Liga Europa 2021/22 akan langsung melaju ke babak 16 besar. Mereka hanya tinggal menunggu lawan yang akan bertanding di play-off.

Aturan ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para juara grup. Alhasil, tak heran setiap tim di Liga Europa 2021/22 benar-benar berjuang untuk bisa finis sebagai juara grup. Nyatanya, ada sesuatu yang memang mereka kejar.

3. Daftar tim di fase gugur Liga Europa 2021/22

Format Baru di Fase Gugur Liga Europa, Barcelona TerancamUEFA.com

Menilik nama-nama yang menjadi runner-up grup, plus tim-tim peringkat tiga penyisihan Liga Champions, potensi munculnya banyak laga besar kemungkinan terjadi. Nama-nama macam Real Sociedad, Lazio, Napoli, dan Rangers akan bersua nama-nama macam RB Leipzig, Sevilla, dan Borussia Dortmund.

Jangan lupa juga, ada Barcelona di fase gugur Liga Europa 2021/22 ini. Kehadiran tim asal Spanyol itu akan menambah semarak Liga Europa, selain tentunya jadi pertanda sedang ada penurunan kualitas yang terjadi di Barcelona. Dengan format baru ini pula, Barcelona terancam. Bukan tak mungkin langkah mereka di kompetisi Eropa terhenti sejak play-off.

Berikut daftar tim di fase gugur Liga Europa 2021/22.

Juara grup:
Olympique Lyon, AS Monaco, Spartak Moskow, Eintracht Frankfurt, Galatasaray, FK Crvena Zvezda, Bayer Leverkusen, West Ham United

Runner-up grup:
Rangers, Real Sociedad, Napoli, Olympiakos, Lazio, Sporting Braga, Real Betis, Dinamo Zagreb

Tim peringkat tiga Liga Champions:
RB Leipzig, Porto, Borussia Dortmund, Sheriff Tiraspol, Barcelona, Atalanta, Sevilla, Zenit St. Petersburg

Baca Juga: Hasil Liga Europa: Leicester City Gagal ke Fase Gugur

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya