Gianluigi Buffon di Antara Pensiun dan Meneruskan Karier

Gianluigi Buffon punya dua pilihan sekarang

Jakarta, IDN Times - Gianluigi Buffon tengah berada di persimpangan saat ini. Ketiks usianya yang sudah memasuki 45 tahun, ada dua hal yang bisa dia pilih, yaitu pensiun atau meneruskan karier.

Buffon sejatinya masih terikat kontrak bersama Parma hingga 2024 mendatang. Dia juga hampir saja mengantarkan Parma promosi di musim 2022/23, andai tidak kalah dari Cagliari di semifinal play-off.

Kontribusinya masih terasa bagi Parma, apalagi dia juga bertabur pengalaman. Tak pelak, minat dari Arab Saudi tetap datang untuknya. Namun, tubuh memang tidak bisa berbohong. Sudah ada tanda-tanda bahwa dia memang harus segera pensiun.

1. Gianluigi Buffon banyak absen musim lalu

Gianluigi Buffon di Antara Pensiun dan Meneruskan Kariertwitter.com/gianluigibuffon

Buffon memang turut mengantarkan Parma ke play-off Serie A musim lalu. Namun, tak bisa dimungkiri bahwa dia juga banyak absen musim lalu. Bahkan, dia sempat menepi selama 12 laga secara beruntun di ajang Serie B karena cedera hamstring.

Total, khusus di ajang Serie B, Buffon absen selama 21 laga dari total 38 laga yang dilakoni Parma. Tampak bahwa dia absen hampir setengah musim bersama Parma musim lalu, karena masa pemulihan cederanya memakan waktu lebih lama.

Pilihan pensiun bagi Buffon pun menyeruak, seiring apa yang dia alami di Parma sepanjang musim 2022/23. Namun, pilihan lain muncul baginya baru-baru ini.

Baca Juga: Gianluigi Buffon, Bukti Pengabdian sang Legenda untuk Si Nyonya Tua

2. Buffon dapat tawaran main di Arab Saudi, tapi ditolak

Gianluigi Buffon di Antara Pensiun dan Meneruskan Kariergoal.com

Saat bayang-bayang pensiun menyeruak di benak, Buffon justru mendapatkan tawaran untuk main di Arab Saudi. Tidak disebutkan di mana klubnya, tetapi tawaran ini terbilang menggiurkan bagi Buffon yang sudah berusia senja.

Dilansir Football Italia, Buffon menerima tawaran dari Arab Saudi dengan nilai 30 juta euro (setara Rp491 miliar), dengan durasi kontrak dua tahun. Tidak disebutkan klub mana yang memberi Buffon tawaran ini.

Setidaknya tawaran ini jadi pilihan lain baginya untuk meneruskan karier, di tengah ancaman pensiun yang hadir. Namun, Buffon pada akhirnya menolak tawaran itu dan dia juga sudah mengutarakan tidak tertarik main di Major League Soccer (MLS).

3. Jadi, mau bertahan atau pensiun?

Gianluigi Buffon di Antara Pensiun dan Meneruskan Karierpotret Gianluigi Buffon (instagram.com/Gianluigi Buffon)

Saat ini, Buffon hanya memiliki dua opsi, yaitu bertahan di Parma atau pensiun, memutus kontraknya setahun lebih awal. Dilansir La Gazzetta dello Sport, keputusan ada di tangan Buffon sekarang.

Terlepas dari pilihan yang ada, Gianluigi Buffon memang sudah sadar bahwa kariernya mendekati akhir. Selain cedera yang kerap mendera, kesempatan untuk lebih dekat dengan anak dan keluarga bisa jadi pertimbangannya untuk menepi.

Baca Juga: Senior Banget, Buffon Pernah Main Sama 6 Ayah-Anak Ini

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya