Hadiri KLB PSSI, Umuh Muchtar Soroti Wasit, VAR, dan Exco

Umuh Muchtar datang ke KLB PSSI

Jakarta, IDN Times - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar, menghadiri gelaran Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 di Hotel Shangri-La, Kamis (16/2/2023). Ada beberapa hal yang jadi sorotan. 

Hal pertama yang disoroti oleh Umuh adalah soal wasit. Dia berkata, wasit harus diperbaiki kualitasnya. Bila perlu, harus ada perombakan total di tubuh perwasitan Indonesia. 

"Kalau bisa bubarkan dulu ini wasit. Ganti, pilih, wasit itu tidak semua jelek yah. Terutama wasit. PSSI kalo mau maju, wasit ini harus dibenerin dan diutamakan. Siapa pun ketuanya yah," ujar Umuh. 

Nah, untuk membantu kinerja wasit, Umuh berkata bahwa Video Assistant Referee (VAR) harus segera diadakan oleh PSSI. Dengan adanya VAR, kelak kualitas kompetisi juga bakal mengalami peningkatan. 

"Nanti kalau ada VAR orang sudah tidak bisa mengelak. Kalau tidak ada VAR, sekarang, begitu, begini, kalau kita protes, malah kita kena hukum. Aneh kan? Ya, ada VAR, prestasi nanti akan datang," kata Umuh. 

Terakhir, Umuh berkata bahwa anggota Exco PSSI kelak juga kudu melakukan pembenahan. Nama-nama lama, jika perlu, harus dibuang. Lalu, Exco PSSI juga tidak boleh rangkap jabatan nantinya. 

"Nah ini kan orang Exco banyak, kenapa tugasnya harus di double juga? Ada apa? Jangan dicari terus karena ada uangnya, bagi-bagi lah semua. Banyak orang pinter yang bisa," ujar Umuh. 

Umuh Muchtar hadir di KLB PSSI 2023 dengan menggunakan setelan jaket Timnas Indonesia warna merah. Dia hadir bersama Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Teddy Tjahjono. 

Baca Juga: Erick Thohir Didampingi Agum Gumelar Masuk Lebih Awal ke KLB PSSI

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya