Comscore Tracker

Harapan Zainudin Amali, Final Piala Menpora 2021 di Solo

Baiknya, semifinal dan final digelar terpusat

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia Zainudin Amali mengungkapkan, ia berharap laga semifinal dan final Piala Menpora 2021 digelar terpusat. Jika memungkinkan, dua laga itu dihelat di Solo.

"Saya sih berharap supaya tak terlalu banyak pergerakan maka semifinal dan finalnya juga di sana (Solo). Tetapi itu sekali lagi tergantung dari penyelenggara PT LIB," ujar Zainudin dalam jumpa pers, Kamis (4/3/2021).

1. Menpora sudah buka komunikasi dengan Wali Kota Solo

Harapan Zainudin Amali, Final Piala Menpora 2021 di SoloANTARA FOTO/Maulana Surya

Mengenai kemungkinan pemusatan laga semifinal dan final Piala Menpora di Solo, juga laga pembukaan Piala Menpora, Menpora mengaku sudah berkomunikasi dengan Wali Kota Solo. Apalagi, Solo juga jadi kandidat kota venue Piala Dunia U-20 kelak.

"Solo ini kan salah satu stadion yang disiapkan ke Piala Dunia U-20. Harapannya Wali Kota Solo untuk pembukaan (Piala Menpora), kita sudah komunikasi dengan PSSI. Pak Wali Kota sudah komunikasi dengan saya untuk sampaikan persiapan," ujar Zainudin.

Baca Juga: Target Persib di Piala Menpora, Robert: Turnamen Ini Tak Penting

2. Izin Piala Menpora aman

Harapan Zainudin Amali, Final Piala Menpora 2021 di SoloPertemuan Menpora, PSSI, Polri, dan PT LIB soal izin Liga 1 2021. (Dok. Humas Kemenpora)

Zainudin mengungkapkan, ia memastikan izin untuk Piala Menpora 2021 aman. Hal itu tidak terpengaruh oleh insiden gagalnya uji coba Timnas U-22 lawan Tira-Persikabo pada Rabu (3/3/2021) malam.

"Piala Menpora tetap jalan. Sempat ada kekhawatiran kalau terpengaruh dengan yang semalam (Timnas U-22 gagal lawan Tira-Persikabo). Ternyata tidak," ujar Zainudin. 

3. Piala Menpora 2021 dimulai 21 Maret hingga 25 April

Harapan Zainudin Amali, Final Piala Menpora 2021 di SoloLiga-Indonesia.id

Merunut jadwal, Piala Menpora 2021 akan dihelat mulai 21 Maret hingga 25 April 2021. Ada empat daerah yang rencananya akan menjadi tuan rumah babak penyisihan grup, yaitu Bandung, Sleman, Solo, dan Malang.

Piala Menpora 2021 akan dibuka di Kota Solo. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut, Solo dinilai sudah benar-benar siap secara venue. Solo juga salah satu kota yang sempat direncanakan menjadi venue Piala Dunia U-20.

"Piala Menpora 2021 dibuka di Solo, namun pertandingannya belum ditentukan," ujar Iriawan, Selasa, 2 Maret 2021.

Sesuai kesepakatan yang terjalin antara Polri, PSSI, Kemenpora, Satgas COVID-19, KONI, dan BNPB, Piala Menpora 2021 wajib digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Ajang ini juga akan menjadi bahan ujian sebelum izin Liga 1 dan Liga 2 2021 keluar.

Baca Juga: Juara Piala Menpora 2021 Dapat Hadiah Rp2 Miliar

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya