Haruskah Persib Kembali Menggunakan Jasa Pelatih Lokal?

Pelatih lokal memang sukses bawa Persib juara

Jakarta, IDN Times - Legenda Persib, Robby Darwis, memiliki satu harapan usai Luis Milla mengakhiri kerja sama dengan 'Maung Bandung'. Dia ingin, pengganti sosok asal Spanyol di kursi pelatih itu adalah sosok lokal.

"Saya sebenarnya tidak mau berkomentar ya (soal pengganti Milla), tetapi yang saya harapkan secara pribadi sih, inginnya Persib pakai pelatih lokal saja ya," ujar Robby kepada para jurnalis.

Baca Juga: Luis Milla Jadi Korban Pertama di Liga 1, Mundur dari Persib

1. Robby Darwis punya alasan tersendiri

Haruskah Persib Kembali Menggunakan Jasa Pelatih Lokal?Legenda Persib, Robby Darwis. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Robby juga punya alasan tersendiri kenapa ingin agar pengganti Milla nanti adalah sosok lokal. Menurutnya, sosok lokal lebih memahami kultur sepak bola, apalagi jika sosok itu berasal dari Bandung atau Jawa Barat.

"Karena menurut saya, kalau yang lokal itu lebih hafal dan paham materi pemain, dan dia juga sudah tahu lah kultur sepak bola Indonesia. Tapi itu kembali terserah ke manajemen, saya hanya bisa kasih masukan," kata Robby.

Baca Juga: Legenda Persib: Luis Milla Gagal Angkat Performa Tim

2. Robby anggap Luis Milla gagal angkat performa tim

Haruskah Persib Kembali Menggunakan Jasa Pelatih Lokal?Luis Milla, pelatih baru Persib Bandung. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Secara pribadi, Robby rupanya masih memerhatikan perkembangan Persib di Liga 1 2023/24. Mengenai hengkangnya Milla, dia menyebut eks pelatih Timnas U-22 Indonesia itu memang gagal mengangkat performa tim.

"Ya kalau menurut saya jadi memang belum ada peningkatan semenjak ditangani Luis Milla. Yang jelas bahwa penampilan Persib selama ditangani Milla itu belum ada kemajuan yang diharapkan," ujar Robby.

Baca Juga: Ini Alasan Luis Milla Mundur dari Persib!

3. Lokal berjaya di Persib

Haruskah Persib Kembali Menggunakan Jasa Pelatih Lokal?Liga-Indonesia.id

Persib memang memiliki banyak cerita manis dengan pelatih lokal. Pada gelaran Liga Indonesia I 1994/95, mereka berhasil merengkuh juara dengan sosok Indra Thohir di kursi pelatih, Dia adalah pituin (sebutan orang asli di bahasa Sunda) Bandung, Jawa Barat.

Pada 2014, Persib juga merengkuh gelar Liga Super Indonesia dengan sosok Djadjang Nurjaman di kursi pelatih. Djadjang sendiri jadi sosok yang pernah membawa Persib juara dengan status sebagai pelatih dan pemain.

Jadi, tertarik menggunakan pelatih lokal lagi, Persib? Atau mau coba pelatih asing lagi seperti tiga musim terakhir?

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya