Head to Head Persija vs PSM: Juku Eja Nirmenang Sejak 2017

Persija selalu jadi nemesis bagi PSM

Jakarta, IDN Times - PSM Makassar boleh saja memiliki titel sebagai pemegang gelar juara Liga 1 2022/23. Akan tetapi, di hadapan Persija Jakarta, mereka sepeti kehilangan taring.

Hal itulah yang disadari pelatih PSM, Bernardo Tavares. Dia pun meyakini, laga lawan Persija bakal berjalan sulit.

Apalagi, skuad berjuluk 'Juku Eja' itu memiliki tren buruk setiap kali bertandang ke markas 'Macan Kemayoran'.

1. Tak pernah menang tandang sejak 2017

Head to Head Persija vs PSM: Juku Eja Nirmenang Sejak 2017Persija vs PSM di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Tavares mengungkapkan, PSM selalu kesulitan setiap kali bertandang lawan Persija sejak 2017. Terakhir kali, PSM menang tandang lawan Persija pada 2016 silam di ajang Indonesia Soccer Championship. Persija bermarkas di Stadion Manahan saat itu.

"Sementara kami PSM Makassar menurut sejarah sejak Liga 1 2017, PSM Makassar tidak pernah menang tandang melawan Persija. Musim lalu kami mengalami kekalahan telak," ujar Tavares dalam sesi jumpa pers sebelum laga, Minggu (2/7/2023).

Baca Juga: Puja-puji Pelatih Persija untuk Kekompakan dan Kualitas PSM

2. PSM siap putus catatan buruk

Head to Head Persija vs PSM: Juku Eja Nirmenang Sejak 2017PSM Makassar di Liga 1 2022/23. (ligaindonesiabaru.com)

Sadar bahwa mereka acap menorehkan catatan buruk di kandang Persija, Tavares ingin agar para pemainnya mengubah catatan tersebut.

Meski begitu, dia juga tahu bahwa Persija bukan lawan yang mudah dikalahkan.

"Laga lawan Persija nanti akan menjadi pertandingan yang sangat sulit bagi kami. Saya berharap performa kami bisa lebih baik dibanding (pertemuan) musim lalu," ujar Tavares.

3. Head to head Persija lawan PSM

Head to Head Persija vs PSM: Juku Eja Nirmenang Sejak 2017Penyerang Persija Jakarta Taufik Hidayat berebut bola dengan bek PSM Makassar Ganjar Mukti dalam laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2021/22 yang berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Senin 21 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Dalam lima pertemuan terakhir, Persija memang jadi tersendiri bagi PSM. Skuad berjuluk 'Juku Eja' itu tak pernah menang atas Persija, dengan rincian empat kekalahan dan sekali hasil imbang.

Di musim 2022/23 silam, Persija bahkan sukses mengalahkan PSM dengan skor 4-2 di Stadion Patriot Candrabhaga. Akankah catatan buruk itu terhenti pada laga Senin (3/7/2023) nanti?

Baca Juga: Jelang Jumpa Persija, Pelatih PSM Sebut Tim Lawan Lebih Difavoritkan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya