Jadwal Malam Liga 1 2022/23, LIB: Ada Unsur Broadcaster

Unsur broadcaster berpengaruh dalam penentuan jadwal

Jakarta, IDN Times - Sejak beberapa musim lalu, Liga 1 menerapkan sebuah hal yang menarik. Mereka mulai rutin menerapkan jadwal main pukul 20.30 WIB. Nah, hal tersebut masih tampak dalam gelaran Liga 1 2022/23 ini.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, membeberkan alasan kenapa jam malam itu masih berlaku. Lukita mengungkapkan, ada unsur broadcaster yang memengaruhi penetapan jadwal pukul 20.30 WIB ini.

"Tak bisa dimungkiri, unsur broadcaster harus diikuti dalam proses penyusunan jadwal. Nah, kami mendapatkan data yang shahih, bahwa memang penonton malam lebih banyak sekarang ini," ujar Lukita di Kantor LIB, Rabu (13/7/2022).

1. Ada perubahan paradigma di masyarakat soal jam malam

Jadwal Malam Liga 1 2022/23, LIB: Ada Unsur BroadcasterLaga Bhayangkara FC vs Persib di Liga 1. (ligaindonesiabaru.com)

Berdasarkan data tersebut, Lukita menjabarkan bahwa paradigma jam malam di Indonesia saat ini berubah. Dia berkata, pada pukul 20.30 WIB, orang-orang sudah pulang ke rumah dan berada dalam posisi santai.

"Di jam segitu, jam segitulah penonton sudah santai dan sudah pulang ke rumah. Sekarang ternyata malam pukul 20.00 WIB adalah waktu santainya orang menunggu di rumah," kata Lukita.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak ke Gawang Klub Liga Inggris di Liga Champions

2. LIB tetap melakukan akomodasi

Jadwal Malam Liga 1 2022/23, LIB: Ada Unsur BroadcasterPersib Bandung di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Terkait jam malam ini, LIB tidak begitu saja menerima bulat-bulat masukan dari broadcaster. Tetap ada beberapa akomodasi dan diskusi yang dilakukan, untuk menemukan jalan tengah sekaligus terbaik bagi klub yang sering main jam malam.

"Kami bukan begitu saja menerima, kami berdiskusi juga, tolong jangan terlalu sering malam. Kalau idealnya itu, kita menetapkan angka lima dari 10, kalau diikuti semua saran broadcaster bisa jadi main jam 11 malam," ungkap Lukita.

3. Jadwal sudah hasil diskusi dengan pihak broadcaster

Jadwal Malam Liga 1 2022/23, LIB: Ada Unsur BroadcasterBorneo lawan Arema FC. (ligaindonesiabaru.com)

Lebih lanjut, Lukita mengungkapkan bahwa jadwal yang sudah ditetapkan LIB saat ini adalah jadwal terbaik. Jadwal tersebut merupakan buah dari diskusi dengan pihak klub dan juga broadcaster, menyesuaikan juga dengan jadwal-jadwal ajang lain.

"Jadwal Liga 1 2022/23 ini sudah yang paling pas. Jadwal didesain sehingga pas Timnas main agak aman. Dalam jadwal itu, saat Timnas main, seminggu sebelumnya liga sudah break. Ada juga Piala Dunia, ada Piala AFF, termasuk ada juga Liga 2 dan Piala Indonesia," ujar Lukita.

Baca Juga: 9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga Champions

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya