Jersey Alfin Lestaluhu, Pembakar Semangat Timnas U-16

Alfin pernah membela Timnas U-16

Jakarta, IDN Times - Ada hal berbeda yang diperlihatkan skuad Timnas U-16 Indonesia dalam sesi jumpa pers selepas laga. Rupanya, ada jersey mendiang Alfin Lestaluhu yang dibawa oleh sang pelatih, Bima Sakti.

Bima mengungkapkan, jersey tersebut memang sering dibawa skuad Garuda Asia dalam setiap laga, termasuk dalam laga melawan Vietnam, Sabtu (6/8/2022) malam. Lewat jersey itu, Bima coba membakar semangat para pemain.

"Jersey ini adalah simbol dari pemain yang punya semangat tinggi, pemain yang bekerja keras baik di dalam maupun luar lapangan. Jersey ini jadi motivasi bagi pemain-pemain saya di turnamen ini," ujar Bima dalam sesi jumpa pers selepas laga lawan Vietnam.

1. Kenangan sosok Alfin Lestaluhu

Jersey Alfin Lestaluhu, Pembakar Semangat Timnas U-16instagram/officialpssi

Bima mengenang Alfin dalam sebuah momen khusus, tepatnya pada gelaran Piala AFF U-15 tahun 2019 lalu di Thailand. Saat itu, Indonesia dan Vietnam beradu dalam babak adu penalti untuk memperebutkan tempat ketiga.

Dalam situasi penuh ketegangan itu, Alfin berani mengambil risiko dengan menjadi eksekutor untuk penalti pertama. Meski eksekusinya gagal, pada akhirnya tim bisa menang. Bima menginginkan para pemain Timnas U-16 saat ini mempunyai semangat yang sama.

"Ini lho, Alfin Lestaluhu. Kami memperlihatkan video betapa luar biasanya anak ini. Mudah-mudahan, kiprahnya jadi motivasi bagi para pemain Timnas U-16 yang sekarang," kata Bima.

Baca Juga: [BREAKING] Pemain Timnas U-16 Alfin Lestaluhu Meninggal Dunia

Baca Juga: Dua Penyakit yang Renggut Nyawa Alfin Lestaluhu

2. Alfin pernah diasuh Bima Sakti

Jersey Alfin Lestaluhu, Pembakar Semangat Timnas U-16Twitter/@gmthiar

Pada 2019, Alfin memang pernah diasuh langsung oleh Bima Sakti. Dia membawa skuad Indonesia mencapai peringkat tiga Piala AFF U-15 2019 di Thailand. Dia juga membawa Timnas U-16 lolos ke Piala Asia U-17 pada 2020.

Sayangnya, usia Alfin tidak panjang. Pada Oktober 2019, dia meninggal karena sakit enchepaltis yang menyerang otaknya. Sempat dirawat di Ambon, kemudian di Jakarta, dia pun mengembuskan napas terakhirnya di Jakarta.

3. Timnas U-16 sudah mengunci tempat di semifinal

Jersey Alfin Lestaluhu, Pembakar Semangat Timnas U-16Timnas U-16 bersua Filipina di Piala AFF U-16 2022. (pssi.org)

Hadirnya jersey Alfin rupanya berbuah positif bagi Timnas U-16. Dalam laga lawan Vietnam, mereka sukses menang dengan skor 2-1, setelah tertinggal 0-1 di babak pertama. Mereka menunjukkan mental yang ciamik.

Timnas U-16 pun memastikan satu tempat di semifinal Piala AFF U-16 2022. Saat ini, mereka tinggal menanti lawan dari Grup C, antara Myanmar, Malaysia, atau Kamboja. Siapa pun lawannya, akan ada Alfin Lestaluhu yang mendukung mereka.

Baca Juga: Rahasia Timnas U-16 Bungkam Vietnam: Taktik Berjalan Baik

Baca Juga: Bekuk Vietnam, Timnas U-16 Tembus Semifinal Piala AFF

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya