Keuangan PSSI dan PT LIB Diaudit Ernst and Young

Keuangan PSSI mulai lebih diperhatikan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjalin kerja sama dengan firma audit keuangan ternama, Ernst & Young. Kerja sama ini merupakan perwujudan dari keinginannya yang ingin mengaudit keuangan federasi dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

"Saya sudah tanda tangan MoU dengan pihak Ernst & Young Indonesia untuk mengadakan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI. Hal ini dilakukan sebagai bagian utama dalam bersih-bersih, baik PSSI maupun di Liga," kata Erick, Jumat (21/4/2023).

1. Polemik PSM jadi pemicu

Keuangan PSSI dan PT LIB Diaudit Ernst and YoungPSM Makassar di Liga 1 2022/23. (ligaindonesiabaru.com)

Gerak cepat dalam kerja sama ini, dijelaskan Erick, berawal dari polemik yang membelit PSM Makassar pasca juara Liga 1. Erick mengaku kegagalan PSM menerima uang hadiah dari LIB pasca juara Liga 1, menjadi alarm bagi tata kelola operator. Selain itu, ditengarai ada juga ketidakjelasan dalam sistem keuangan federasi.

"Gerak cepat ini bermula dari peristiwa kemarin, ketika ada inkonsistensi dalam pemberian hadiah juara liga (insiden PSM), lalu ditengarai ada juga ketidakjelasan dalam manajemen keuangan di PSSI," ujar Erick.

Baca Juga: Polemik PSM Tak Dapat Hadiah Juara Liga 1 2022/23

2. Buah dari persoalan manajemen keuangan

Keuangan PSSI dan PT LIB Diaudit Ernst and YoungErick Thohir dan Arya Sinulingga (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sebelumnya, persoalan manajemen keuangan di tubuh operator sepak bola nasional mencuat setelah muncul masalah inkonsistensi pemberian bonus juara liga yang dilakukan PT LIB.

Kesimpangsiuran kerja sama antara LIB dengan PSSI, termasuk transfer pembayaran LIB ke PSSI, mendorong Erick melakukan langkah tegas berupa pemeriksaan agar manajemen keuangan, baik di PSSI dan PT LIB lebih terbuka, transparan, dan akuntabel.

"Sudah pasti kita, saya, pengurus, dan pecinta sepak bola, mau soal keuangan yang krusial ini terbuka. Apalagi sepakbola ini milik rakyat. Kami ini hanya ditugaskan untuk membersihkan," ujar Erick.

3. Erick Thohir menepati janji

Keuangan PSSI dan PT LIB Diaudit Ernst and YoungKetum PSSI, Erick Thohir, di SUGBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sebelumnya, Erick memang sudah berkeinginan untuk melakukan audit keuangan terhadap PT LIB. Rencananya, audit ini akan dilakukan sebelum Liga 1 2023/24 bergulir. Hadirnya Ernst & Young ini jadi bentuk Erick dalam menepati janji.

"Saya akan bersih-bersih seperti yang saya lakukan, yang harus dipertanggungjawabkan di liga (PT LIB) dan di PSSI," ujar Erick Thohir.

Baca Juga: Erick Thohir Rogoh Kocek 2 M untuk Juara Liga 1 PSM Makassar

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya