Kisah Unik Antara Steven Gerrard, Aston Villa, dan Liverpool

Gerrard, Liverpool, dan Villa punya cerita menarik

Jakarta, IDN Times - Perjalanan hidup seseorang memang unik. Bagaikan misteri, apa yang dahulu lawan kita, bisa menjadi kawan di masa depan. Itu juga yang terjadi pada Steven Gerrard, Aston Villa, dan Liverpool.

Semasa jadi pemain, Gerrard dikenal sebagai legenda Liverpool. Hampir seluruh karier Gerrard sebagai pemain dihabiskan di Anfield. Dia mencatatkan 710 penampilan bersama The Reds, berbalut torehan 186 gol dan 150 assist.

Status legenda Gerrard di Liverpool ini tidak hilang kendati pindah ke Los Angeles Galaxy. Pensiun sebagai pemain, Gerrard memulai karier manajerial di Rangers. Sekarang, dia mulai mencicipi atmosfer Premier League sebagai manajer. Uniknya, bukan Liverpool klub yang ditanganinya.

Gerrard memilih untuk menangani Villa. Padahal, semasa jadi pemain, hubungan Gerrard dengan Villa bisa dikatakan tidak terlalu akrab. Malah, Gerrard kerap membuat fans Villa sakit hati.

1. Insiden musim 2007/08, Gerrard jadi penentu kemenangan Liverpool

Kisah Unik Antara Steven Gerrard, Aston Villa, dan LiverpoolSteven Gerrard kala berseragam Liverpool. (skysports.com)

Salah satu momen ketika Gerrard membuat pendukung Villa sakit hati terjadi di laga pembuka musim 2007/08. Ketika itu, Liverpool bersua dengan Villa di Villa Park. Villa yang masih diperkuat Gareth Barry, Ashley Young, dan Gabriel Agbonlahor, mampu membuat Liverpool kesulitan.

Hingga menit 86 laga, skor kedua tim masih imbang 1-1. Villa menyamakan kedudukan lewat Barry, usai kebobolan lebih dulu via gol bunuh diri Martin Laursen. Namun, pada menit 87, Gerrard muncul sebagai pemberi luka bagi Villa. Sepakan bebasnya membawa Liverpool unggul.

Liverpool memenangkan laga itu dengan skor 2-1, sekaligus mengawali Premier League dengan apik. Sedangkan Villa, mereka sempat terseok kendati akhirnya bisa finis di posisi enam klasemen akhir.

Baca Juga: Jadwal Laga Seru Akhir Pekan Ini: Gerrard Mudik ke Liverpool

2. Gerrard rutin bobol gawang Villa

Kisah Unik Antara Steven Gerrard, Aston Villa, dan Liverpoolliverpoolfc.com

Tidak cuma pernah membuat fans Villa sakit hati di musim 2007/08. Sebagai pemain, Gerrard ternyata rutin membobol gawang The Villans. Dilansir Transfermarkt, dari 27 pertemuannya dengan Villa di semua kompetisi, Gerrard berhasil menang 13 kali, imbang dalam sembilan kesempatan, dan kalah di lima laga.

Hebatnya lagi, Gerrard berhasil membobol gawang Villa sebanyak 13 kali. Catatan golnya ini bahkan lebih banyak dibandingkan torehannya ke gawang Everton (10) dan Manchester United (sembilan). Ternyata, Gerrard senang membobol gawang Villa semasa kariernya sebagai pemain.

3. Kini, Gerrard justru jadi manajer Aston Villa

Kisah Unik Antara Steven Gerrard, Aston Villa, dan Liverpoolliverpool.com

Terlepas dari semua catatan tersebut, ternyata Villa dan Gerrard memang ditakdirkan bersama. Per November 2021, Gerrard resmi jadi manajer Villa menggantikan Dean Smith. Bersama pria berusia 41 tahun itu, Villa bangkit di Premier League.

Ironisnya, pada Sabtu (11/12/2021) ini, Gerrard bersama anak-anak asuhnya di Villa akan bertandang ke Anfield untuk bersua Liverpool, klub yang membesarkannya sebagai pemain. Dari lawan, Villa menjelma jadi kawan Gerrard, dan keduanya harus melawan Liverpool. Hidup memang lucu.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya