Comscore Tracker

Kualifikasi Piala Dunia: Vietnam Bantai Timnas Indonesia

Timnas Indonesia hancur lebur di kualifikasi Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia dibantai dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Menghadapi Vietnam di Al Maktoum Stadium, Dubai, Senin (7/6/2021), Indonesia tumbang dengan skor 4-0.

Gol-gol di pertandingan ini dicetak oleh Nguyen Tien Linh ('51), Nguyen Quang Hai ('62), Nguyen Cong Phuong (67'), serta Vu Van Thanh (74'). Dengan hasil ini, Indonesia gagal mengulangi penampilan apik saat mereka menahan imbang Thailand.

1. Babak pertama, pertahanan Indonesia buruk

Kualifikasi Piala Dunia: Vietnam Bantai Timnas IndonesiaSkuat Timnas Indonesia di Dubai. (pssi.org)

Beberapa perubahan dilakukan oleh Timnas Indonesia di laga ini. Nama-nama seperti Yakob Sayuri, Rachmat Irianto, serta Osvaldo Haay diturunkan sejak awal. Sedangkan Vietnam, mereka memainkan para pemain intinya seperti Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh, serta Vu Van Thanh.

Di awal-awal babak pertama, Vietnam sudah memberikan tekanan yang intens untuk pertahanan Indonesia. Menanggapi tekanan dari Vietnam ini, skema pertahanan Indonesia justru tidak terjalin rapi.

Tidak ada lagi transisi yang baik dari menyerang ke bertahan, yang diperagakan Indonesia di laga lawan Thailand. Skema pertahanan Indonesia kacau, dan hal ini makin menjadi-jadi saat pertandingan memasuki menit 20 hingga 30 laga. Ditambah lagi, distribusi bola pemain Indonesia juga buruk.

Barulah selepas water break, skema pertahanan Indonesia membaik. Mulai jarang terlihat tekel serampangan yang dilakukan pemain Indonesia. Mereka juga mulai sadar akan ruang, dan mulai bermain rapat di lini pertahanan. Hal tersebut mulai menyulitkan lini serang Vietnam.

Di sisi lain, serangan Vietnam juga tidak mengalami progresi yang positif. Justru serangan mereka jadi tidak setajam di awal babak pertama. Kebuntuan pemain Vietnam, plus fokusnya Indonesia mengelola pertahanan membuat babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Baca Juga: Jadwal Aksi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

2. Babak kedua, Indonesia hancur lebur

Kualifikasi Piala Dunia: Vietnam Bantai Timnas IndonesiaSkuat Timnas Indonesia. (pssi.org)

Beberapa perubahan dilakukan oleh kedua tim di babak kedua. Indonesia memasukkan Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri, sedangkan Vietnam memasukkan Nguyen Cong Phuong. Pergantian ini membuat intensitas laga terjaga.

Vietnam masih memegang kendali laga di babak kedua ini. Terus menyerang, Vietnam akhirnya mencetak angka pada menit 51. Bermula dari umpan panjang di sisi kanan, Tien Linh memanfaatkan umpan tersebut dan menyelesaikannya jadi gol. Skor 1-0 untuk VIetnam.

Setelah unggul satu angka, Vietnam bermain lebih nyaman. Mereka mengatur serangan dengan lebih apik, menggunakan umpan-umpan pendek, plus sepakan-sepakan jarak jauh yang sudah menjadi senjata mereka sejak babak pertama.

Dengan metode serangan simpel seperti ini. nyatanya Vietnam mampu menambah tiga gol. Semua bermula pada menit 62. Quang Hai mampu membobol gawang Indonesia lewat sepakan jarak jauh. Berlanjut pada menit 67, Cong Phuong mencetak gol, memanfaatkan situasi bola mati.

Terakhir, pada menit 74, giliran Van Thanh yang sukses membobol gawang Indonesia. Memasuki water break, Indonesia sudah tertinggal 4-0. Selepas water break, tidak ada perubahan situasi yang berarti.

Indonesia memang melepaskan tekanan secara intens ke lini pertahanan Vietnam. Namun, tekanan ini jadi tak berarti karena Vietnam sudah bertahan dengan nyaman. Alhasil, skor 4-0 bertahan hingga laga tuntas. Vietnam berhasil memenangi pertandingan.

3. Indonesia masih puasa kemenangan di laga kualifikasi

Kualifikasi Piala Dunia: Vietnam Bantai Timnas IndonesiaTimnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (twitter/PSSI)

Kekalahan dari Vietnam ini menjadikan Indonesia masih nirkemenangan di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka baru mengumpulkan satu poin, buah dari hasil imbang lawan Thailand. Sisanya, Indonesia karib dengan kekalahan.

Total, dari tujuh laga yang dilakoni di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia kalah enam kali dan imbang sekali. Hal ini tentu jadi evaluasi tersendiri untuk Shin Tae Yong, sebelum Indonesia bersua Uni Emirat Arab di laga terakhir kualifikasi.

Baca Juga: Timnas Indonesia Raih Poin Perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya