Kurnia Meiga, Sakit Mata dan Potensinya Comeback

Kurnia Meiga masih punya harapan

Jakarta, IDN Times - Pada 2017, Kurnia Meiga sejatinya masih aktif bermain. Dia mentas bersama Arema FC di gelaran Liga 1. Masa tampilnya pun terhitung banyak, yakni 19 laga. Tak ada yang salah darinya sampai 19 laga itu.

Sayang, situasi memburuk baginya memasuki pertengahan musim. Terakhir kali Meiga bermain adalah saat Arema bertandang ke markas Barito Putera. Dalam laga itu, tim berjuluk Singo Edan ini menang dengan skor 2-1.

Selepas laga inilah keanehan mulai menjangkiti Meiga. Dia absen dalam lima laga selanjutnya secara beruntun. Dia dikabarkan sakit, tetapi tak ada penjelasan pasti. Dia bahkan disebut terkena guna-guna.

Namun, tersiar kabar juga Meiga terkena Papilledema. Penyakit ini membuat saraf optik mata seseorang membengkak, dan mengakibatkan kehilangan penglihatan secara tiba-tiba. Pada Rabu (5/7/2023), Meiga pun buka suara soal sakitnya ini.

1. Mata kanan yang terkena Papilledema

Kurnia Meiga, Sakit Mata dan Potensinya ComebackKurnia Meiga bersama Ketum PSSI Erick Thohir. (dok. PSSI)

Ternyata, memang mata kanan Meiga terkena Papilledema. Alhasil, penglihatan Meiga pun terganggu. Bahkan, Meiga mengaku gangguan penglihatan ini masih dirasakan sampai sekarang.

"Untuk penyakit dari 2017 hingga saat ini, kondisi saya memang masih kurang lebih lima persen (ada masalah) di penglihatan. Untuk fisik, Alhamdulillah masih jaga kondisi," ujar Meiga di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Penuhi Janjinya, Datangkan Dokter ke Rumah Kurnia Meiga

2. Meiga sudah melakoni semua jenis pengobatan

Kurnia Meiga, Sakit Mata dan Potensinya ComebackKurnia Meiga (twitter.com/we_aremania)

Istri Kurnia Meiga, Azhiera Adzka Fathir, menyebut semua jenis pengobatan sejak 2017 sudah dilakoni sang suami. Baik dari medis, non-medis, maupun alternatif, sudah dicoba. Sayang, hasilnya masih belum terlalu terlihat.

"Karena, kebetulan dari awal sakit, fisiknya sehat banget dan kemarin hasil dokter juga MRI, CT Scan, semuanya normal. Urine juga, USG sudah semua, tidak ada kendala. Jadi hanya di penglihatan memang. Itu saja," ujar Azhiera.

Dokter yang menangani penyakit Meiga, Asep Saepul Rochmat, menyatakan tindakan operasi tidak diperlukan. Sebab, operasi tak akan memberi banyak perubahan pada kondisi mata Meiga.

"Kami sedang coba apakah memungkinkan transplantasi. Masih ada beberapa dari kajian yang sepertinya agak sulit. Terpenting, sekarang kami coba pertahankan lima persennya itu, jangan sampai memburuk," kata Asep.

3. Potensi Meiga untuk comeback

Kurnia Meiga, Sakit Mata dan Potensinya ComebackMantan kiper Arema FC dan Timnas Indonesia, Kurnia Meiga. (Instagram/@egahermansyah)

Berkat bantuan dari PSSI, setidaknya penyakit Meiga bisa terdeteksi dan ditangani. Ke depan, andai kondisi memungkinkan dan sehat, dia akan merumput lagi.

"Mungkin untuk saat ini sambil didampingi Pak Erick Thohir untuk kesehatan, saya juga mungkin ada alternatif. Kita tak tahu mukjizat Allah. Kalau Allah kasih kesembuhan untuk bisa melihat lagi, saya akan aktif kembali," kata Meiga.

Baca Juga: Ketum PSSI Erick Thohir Siap Bantu Kurnia Meiga

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya