Comscore Tracker

Liga 1 Belum Mulai, Beberapa Klub Mulai Resah

Klub Liga 1, Persija dan Persib, mulai bersuara

Jakarta, IDN Times - Klub-klub Liga 1 seperti Persib Bandung dan Persija Jakarta mulai dilanda keresahan. Hingga awal Januari 2021 ini, belum ada tanda-tanda kepastian apakah Liga 1 bakal berlanjut lagi atau tidak.

Buah dari ketidakpastian ini, Persib dan Persija mulai angkat bicara. Menurut mereka, kepastian mengenai berlanjut atau tidaknya kompetisi harus jadi prioritas dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi.

1. Robert Rene Alberts sebut kompetisi 2020 dihentikan saja

Liga 1 Belum Mulai, Beberapa Klub Mulai ResahIDN Times/Galih Persiana

Dilansir situs resmi klub, pelatih Robert Rene Alberts mengungkapkan, ada baiknya kompetisi 2020 dihentikan saja. PSSI dan PT LIB lalu fokus mempersiapkan kompetisi untuk musim 2021.

Alberts beralasan bahwa kompetisi harus dihentikan lantaran banyak hal. Pertama, waktu yang tersisa sekarang tidak akan ideal bagi tim untuk melakukan persiapan. Kedua, hampir semua tim sudah meliburkan pemainnya. Jika kompetisi berlanjut Februari, pemain asing akan sulit datang ke Indonesia.

"Tidak ada waktu mempersiapkan tim demi menuntaskan kompetisi 2020 setelah 10 bulan terhenti. Saat liga dimulai nanti, artinya sudah 11 bulan (kompetisi terhenti)," ungkap Alberts.

"Jadi, pesan saya adalah berhenti pikirkan kompetisi 2020 bagaimanapun posisi tim di klasemen. Hentikan itu berdasarkan peraturan dan fokus menghadapi liga baru di musim 2021," tambahnya.

Baca Juga: Liga 1 Tak Jelas, Liga Malaysia dan Thai League Sudah Bisa Ditonton

2. Persija minta PSSI segera pastikan kelanjutan kompetisi

Liga 1 Belum Mulai, Beberapa Klub Mulai ResahANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Jika Persib meminta kompetisi dihentikan, lain hal dengan Persija. Kegamangan mereka akan kelanjutan Liga 1 2020 diungkapkan dengan cara meminta kepada PSSI dan PT LIB selaku operator liga untuk menentukan kepastian kompetisi.

Menurut Direktur Persija, Ferry Paulus, kepastian kompetisi ini akan jadi acuan bagi mereka untuk mempersiapkan tim, termasuk soal jadwal latihan dan kelanjutan kontrak dari para pemain.

"Kami memerlukan kepastian terkait kelanjutan kompetisi, apakah akan berjalan atau tidak," ujar Ferry, dilansir situs resmi Persija.

"(Keputusan PSSI) ini untuk menentukan langkah selanjutnya buat tim, termasuk nantinya terkait kelanjutan kontrak beberapa pemain yang akan habis. Untuk saat ini, kami belum bisa mengambil keputusan karena ini semua tergantung pada kepastian kompetisi berjalan atau tidak," lanjutnya.

3. PSSI akan gelar rapat Exco pada pertengahan Januari

Liga 1 Belum Mulai, Beberapa Klub Mulai Resahkantor PSSI . ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Pada pertengahan Januari 2021, PSSI berencana akan menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) untuk memutuskan kelanjutan Liga 1 dan Liga 2. Semua bergantung kepada faktor wabah COVID-19 yang sekarang ini masih melanda Indonesia.

"PSSI menjadwalkan untuk menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) di pertengahan Januari 2021 untuk memutuskan kelanjutan Liga 1 dan 2 atau memberhentikan liga musim kompetisi 2020 berdasarkan situasi terkini," ujar Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi,

Baca Juga: Isi Lengkap Buku Panduan Protokol Kesehatan Liga 1 dan Liga 2 2020

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya