Comscore Tracker

Mantap! Pierre-Emerick Aubameyang Cetak Gol Lagi buat Arsenal

Aubameyang sempat mengalami paceklik gol

Jakarta, IDN Times - Tidak mencetak gol dalam waktu lama jelas sebuah siksaan tersendiri bagi penyerang. Hal itu juga dialami mesin gol Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. Musim 2020/21 ini bak neraka bagi pemain asal Gabon tersebut.

Dibandingkan pemain yang berada di posisi lain, menilai apik atau tidaknya penyerang terbilang gampang. Ada dua atribut yang dapat dijadikan dasar penilaian seorang penyerang: jumlah gol dan kontribusinya terhadap gol, yaitu assist.

Sialnya, dua atribut itu tidak muncul secara konsisten dalam diri Aubameyang pada musim ini. Hasilnya, Aubameyang beberapa kali kerap terpinggirkan dari starting eleven akibat buruknya penampilannya musim ini. Ia pun jadi pesakitan.

Akan tetapi, di laga pekan ke-19 Premier League 2020/21 lawan Newcastle, Aubameyang menunjukkan bahwa dirinya belum habis. Ketajaman itu masih ada. Ancaman itu tetap nyata buat lawan.

1. Cetak dua gol setelah puasa gol dalam lima laga Premier League

Mantap! Pierre-Emerick Aubameyang Cetak Gol Lagi buat ArsenalArsenal vs Newcastle. (Twitter.com/Arsenal)

Di Premier League musim 2020/21 ini, Aubameyang kerap puasa mencetak gol. Terakhir kali Aubameyang menorehkan gol di Premier League adalah ketika Arsenal bermain imbang lawan Southampton di pekan ke-13.

Manajer Arsenal Mikel Arteta  setelahnya memutuskan untuk mencadangkan Aubameyang dalam dua laga, yakni ketika Arsenal lawan Everton dan Chelsea. Ia kemudian dapat kesempatan mentas di laga lawan Brighton, West Brom, dan Crystal Palace.

Akan tetapi, dalam tiga laga tersebut, Aubameyang gagal mencetak gol. Barulah di laga lawan Newcastle ini, Aubameyang sukses mencetak dua gol, sekaligus mengakhiri kemandulan yang menghinggapinya dalam lima laga terakhir.

Baca Juga: Rating Pemain Terbaik Sampai Terburuk di Laga Arsenal vs Newcastle

2. Menambah rekor apik Aubameyang saat berjumpa Newcastle United

Selain mengakhiri paceklik golnya dalam lima laga terakhir Premier League, dua gol Aubameyang ke gawang Newcastle ini membuatnya menorehkan catatan tersendiri. Opta mencatat, Aubameyang sudah menorehkan empat gol ke gawang Newcastle sampai saat ini.

Empat gol ini ditorehkan Aubameyang dalam tujuh laga yang  dijalani melawan Newcastle di semua kompetisi. Terlihat bahwa gawang Newcastle memang kerap jadi sasaran empuk Aubameyang untuk menambah catatan golnya buat Arsenal.

3. Pujian Mikel Arteta untuk Aubameyang

Manajer Arsenal Mikel Arteta mengungkapkan, Aubameyang merupakan pemain dengan mental yang kuat. Ia tahu, selama ini sosok asal Gabon itu sudah memikul beban berat untuk mengangkat performa tim. Arteta juga sudah banyak berdiskusi dengan Aubameyang soal hal tersebut.

Oleh karena itu, melihatnya mencetak gol lagi, menghadirkan sebuah perasaan bahagia buat Arteta. Harapan Arteta, pemain berusia 31 tahun itu dapat mempertahankan performa positif ini dalam beberapa laga ke depan.

"Hal inilah (paceklik gol) yang memang sudah sering ia (Aubameyang) jalani sebelumnya. Secara mental, Anda harus kuat untuk melewati periode itu, dan ia berhasil melakukannya. Hari ini, Pierre-Emerick Aubameyang telah kembali dan mencetak dua gol untuk Arsenal. Saya turut berbahagia untuknya," ujar Arteta.

Baca Juga: Gara-gara Topeng Black Panther, Toni Kroos dan Aubameyang Ribut

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya