Marc Klok Minta Dukungan Suporter di Piala AFF 2022

Marc Klok ingin stadion ramai oleh suporter

Jakarta, IDN Times - Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok, menelurkan sebuah permintaan jelang gelaran Piala AFF 2022 mendatang. Dia meminta suporter datang dan memadati stadion, memberikan dukungan kepada skuad Garuda.

Namun, berkaca dari tragedi Kanjuruhan, Klok juga meminta para suporter untuk mendukung dengan kehati-hatian. Respek dan fairplay jadi dua aspek yang harus diperhatikan betul oleh suporter.

"Saya harap suporter datang ke sini, ramai-ramai, bantu kita dan dukung kita. Tetapi juga tetap hati-hati, belajar dari kejadian di Malang. Dukungan harus tetap diberikan, tetapi tetap fair dan respek," ujar Klok di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

1. Timnas Indonesia tak terbebani target juara

Marc Klok Minta Dukungan Suporter di Piala AFF 2022TC Timnas Indonesia di Bali. (pssi.org)

Klok juga mengungkapkan, skuad Timnas Indonesia tidak terbebani dengan target juara. Dia menyebut, skuad Garuda tengah dipenuhi rasa percaya diri dan akan melakukan pendekatan laga per laga di Piala AFF 2022.

"Yang penting kita main game by game, kita tetap humble dan percaya dengan diri kita sendiri. Lawan-lawan di turnamen nanti (Piala AFF 2022) memang sulit, tetapi kita main bawa nama Indonesia," kata pemain Persib Bandung ini.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tebar Optimisme di Piala AFF: Harus Juara!

2. Sudah pelajari permainan Kamboja

Marc Klok Minta Dukungan Suporter di Piala AFF 2022Timnas Kamboja yang dipaltih Keisuke Honda, berpotensi menyulitkan Timnas Indonesia saat keduanya bertemu di Grup B Piala AFF 2020. (khmertimeskh.com).

Klok juga mengungkapkan, Timnas Indonesia sudah mempelajari permainan Kamboja, lawan perdana di Piala AFF 2022. Kamboja jadi tim yang berpotensi merepotkan, karena mereka sukses mengalahkan Filipina dengan skor 3-2.

"Ya, hari ini mereka (Kamboja) sudah bermain. Kita sudah mempelajari gaya main mereka seperti apa. Namun, yang penting kami berfokus ke permainan kami sendiri," ujar Klok.

3. Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022

Marc Klok Minta Dukungan Suporter di Piala AFF 2022Timnas Indonesia saat kalahkan Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Gelaran Piala AFF 2022 sudah dimulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang. Pada ajang tersebut, Indonesia berada di Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand, dan Filipina.

Timnas Indonesia sudah memulai latihan di Jakarta pada Selasa (20/12/2022). Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan bakal menjamu Kamboja pada laga perdana Piala AFF 2022 pada Jumat, 23 Desember 2022.

Baca Juga: Kekhawatiran Shin Tae Yong Jelang Piala AFF 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya