Media Vietnam Kritik Piala AFF U-16 2022, Digelar di Stadion Buruk

Media Vietnam kritik lagi Piala AFF U-16 2022

Jakarta, IDN Times - Lagi-lagi media Vietnam mengkritik gelaran Piala AFF U-16 2022 yang bakal dihelat di Indonesia. Mereka menilai, gelaran ini dihelat di stadion yang tidak layak.

"Piala AFF U-16 2022 kemungkinan harus digelar di stadion berkualitas buruk. Karena, negara tuan rumah Indonesia tidak memiliki cukup dana," tulis laporan dari media Vietnam, The Thao247.

1. Fasilitas dari Maguwoharjo dan Sultan Agung buruk

Media Vietnam Kritik Piala AFF U-16 2022, Digelar di Stadion BurukStadion Maguwoharjo (instagram.com/stadion_maguwoharjo)

Media Vietnam menyebut, dari segi kapasitas, dua stadion yang jadi venue Piala AFF U-16 2022, Stadion Maguwoharjo, Sleman dan Stadion Sultan Agung, Bantul memiliki kapasitas yang mumpuni. Kedua stadion ini berkapasitas lebih dari 30 ribu kursi.

Namun, dari segi fasilias, kedua stadion ini tidak mumpuni. Sudah banyak fasilitas stadion yang tidak layak pakai. Ditambah lagi, di Stadion Sultan Agung, ada banyak coret-coretan hasil dari vandalisme.

"Dari segi kapasitas, dua stadion di Yogyakarta (Maguwoharjo dan Sultan Agung) sudah bagus. Namun, fasilitas dari peralatan di sini telah rusak parah. Tribune Stadion Sultan Agung rusak parah akibat vandalisme," tulis media tersebut.

Baca Juga: Vietnam Protes Jelang Piala AFF U-16 2022, PSSI: Jangan Banyak Ngeluh

2. Dugaan menghindari kesialan

Media Vietnam Kritik Piala AFF U-16 2022, Digelar di Stadion BurukStadiun Sultan Agung Bantul. Google

Tidak cuma itu, The Thao247 juga menyebut dalam laporannya, bahwa digelarnya Piala AFF U-16 2022 di Yogyakarta ini untuk menghindari kesialan. Sebab, pada gelaran Piala AFF U-19 2022 lalu, Timnas U-19 gagal ke semifinal gara-gara tampil di Jakarta.

"Awalnya, Indonesia akan menggelar Piala AFF U-16 2022 di Jakarta. Namun, ada opini bahwa Piala AFF U-16 2022 digelar di Yogyakarta untuk menghindari kesialan Timnas U-19 yang gagal ke semifinal," tulis laporan media tersebut.

3. Alasan PSSI gelar Piala AFF U-16 2022 di Yogyakarta

Media Vietnam Kritik Piala AFF U-16 2022, Digelar di Stadion BurukSekjen baru PSSI, Yunus Nusi. (pssi.org)

PSSI ternyata memiliki alasan tersendiri kenapa menggelar ajang Piala AFF U-16 2022 di Yogyakarta. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengatakan pemindahan lokasi Piala AFF U-16 2022 digelar di Yogyakarta karena harga sewa stadion.

"Karena biaya sewa stadion (Patriot dan Madya) sangat mahal dan berbeda dengan sewa stadion di Yogyakarta," ujar Yunus kepada para pewarta, Rabu (13/7/2022).

Yunus juga mengungkapkan, bahwa AFF tidak mendanai ajang U-16 ini. Pendanaan pun dilimpahkan kepada tuan rumah, sehingga jika ajang ini dihelat di Jakarta dan Bekasi, hal itu akan membuat PSSI kewalahan.

"Terkait pembiayaan, AFF tidak memberikan dana untuk ajang ini (Piala AFF U-16 2022) dan dilimpahkan langsung kepada host. Sehingga kami akan kewalahan apabila [ajang] youth saja dilaksanakan di Madya dan Bekasi," ujar Yunus.

Baca Juga: Vietnam vs Thailand Dicurigai Main Sabun, PSSI Dorong AFF Investigasi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya