Vietnam vs Thailand Dicurigai Main Sabun, PSSI Dorong AFF Investigasi

Timnas U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 Indonesia gagal melaju ke semifinal. Kendati menang besar atas Myanmar di laga grup Piala AFF U-19 2022, mereka tetap tak mampu nangkring di peringkat dua besar fase grup.

Sorotan pun mengarah ke Vietnam dan Thailand, termasuk dari PSSI. Sebab, di laga lain, Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1.

Padahal, Timnas U-19 sejatinya mendapatkan hasil apik lawan Myanmar. Bersua di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (10/7/2022), Garuda Nusantara sukses meraih kemenangan dengan skor 5-1.

Akibat hasil itu, Timnas U-19 dinyatakan kalah produktivitas gol oleh Thailand dan Vietnam. PSSI pun mencurigai adanya tindakan tidak fair yang dilakukan Vietnam dan Thailand. Mereka meminta AFF untuk mengusut laga tersebut.

"Saya berharap investigasi dari AFF untuk laga tersebut. Kalau menurut AFF itu fair, silakan lanjut, kalau tidak fair, perlu dipertimbangkan untuk didiskualifikasi kedua tim tersebut (Vietnam dan Thailand)," ujar Manajer Timnas U-19, Endri Erawan, dalam sesi jumpa pers selepas laga.

1. Kekhawatiran sudah dirasakan Ketum PSSI

Vietnam vs Thailand Dicurigai Main Sabun, PSSI Dorong AFF InvestigasiShin Tae Yong di sesi jumpa pers Timnas U-19. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku sudah menyimpan kekhawatiran akan laga Vietnam lawan Thailand. Apa yang dia rasakan pun akhirnya jadi nyata. Kedua tim itu bermain imbang 1-1 dan membuat Timnas U-19 gagal lolos.

"Saya ingat masuk ruangan tim meeting, jam 4.45, saya tanya beliau (Shin Tae Yong), kans kita gimana lawan Myanmar, Oke. Lalu saya curiga kalo 1-1 (Vietnam lawan Thailand) gimana. Shin katakan mereka tidak mungkin kaya gitu, ya kaget juga kita," ujar Iriawan.

Baca Juga: Menang Telak, Indonesia Tetap Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

2. Shin Tae Yong kecewa dengan Vietnam dan Thailand

Vietnam vs Thailand Dicurigai Main Sabun, PSSI Dorong AFF InvestigasiShin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae Yong, mengaku kecewa dengan apa yang dipertontonkan Vietnam dan Thailand. Dia berpandangan, seharusnya kedua tim main fair. Dia pun yakin, Vietnam dan Thailand takut pada Timnas U-19 Indonesia.

"Memang harusnya dari lawan kami juga lakukan laga yang fairplay, tetapi nyatanya tidak seperti itu. Thailand dan Vietnam ini seperti takut dengan Indonesia. Oleh karena itu saya sedikit tersinggung dan tak senang dengan situasi ini," ujar Shin.

3. PSSI akan mempertimbangkan lapor ke AFF

Vietnam vs Thailand Dicurigai Main Sabun, PSSI Dorong AFF InvestigasiKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di gedung Kemenpora (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menimbang saran dari Endri, Iriawan selaku Ketum menyebut bahwa PSSI akan coba mengajukan surat kepada AFF, untuk menginvestigasi laga Vietnam lawan Thailand. Sebab, pada akhirnya Timnas U-19 jadi dirugikan dengan hasil ini.

"Nanti kami akan bicarakan (lapor ke AFF). Memang menurut info baru pertama kali aturan ini terjadi, tetapi akan kami diskusikan apakah PSSI akan melayangkan laporan (soal laga Vietnam lawan Thailand). Kami akan lihat video laga juga," kata Iriawan.

Baca Juga: Shin Tae Yong Kritik Striker Timnas U-19, Rabbani Tasnim Jawabannya!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya