Menang Telak, Indonesia Tetap Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

Skuad Garuda menang 5-1 atas Myanmar

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Bersua Myanmar dalam laga pamungkas fase grup di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (10/7/2022) malam, skuad Garuda Nusantara menang dengan skor 5-1.

Gol-gol dalam laga ini dicetak oleh Muhammad Ferarri ('17, 32'), Arkhan Fikri ('25), Rabbani Tasnim (33'), dan Ronaldo Kwateh untuk Timnas U-19, serta La Min Htwe ('7) untuk Myanmar.

Namun, kemenangan ini gagal membawa Indonesia ke semifinal, lantaran mereka kalah head to head dari Vietnam dan Thailand. Walau unggul produktivitas gol, Timnas U-19 tetap tak beranjak di posisi tiga Grup A.

Sejak awal laga, Timnas U-19 langsung mengambil inisiatif. Mereka menekan lini pertahanan Myanmar sedemikian rupa. Asyik menyerang, Garuda Nusantara justru dapat kejutan pahit pada menit tujuh.

Berawal dari situasi sepak pojok, Min Htwe berhasil membobol gawang Timnas U-19. Tertinggal satu angka, skuad Garuda Nusantara tidak mengendur. Mereka malah makin intens menekan lini pertahanan Myanmar.

Pada menit 17, Timnas U-19 menyamakan angka. Berawal dari sepakan bebas Zanadin Fariz, Ferarri berhasil mencetak gol lewat sundulannya. Delapan menit berselang, skuad Indonesia membalikkan skor lewat sepakan jarak jauh Arkhan Fikri.

Timnas U-19 tidak berhenti sampai di situ. Pada menit 32, mereka mencetak angka lagi. Berawal dari umpan Arkhan, Ferarri kembali mencetak gol lewat sontekan apiknya. Skor berubah 3-1.

Semenit berselang, Timnas U-19 mencetak gol lagi. Berawal dari umpan terobosan apik Arkhan, Rabbani Tasnim berhasil mencetak gol lewat sepakannya. Skor pun berubah 4-1, hal itu memberikan kenyamanan bagi skuad Garuda pada sisa waktu babak pertama.

Namun, Myanmar belum menyerah. Myanmar berusaha menekan balik Indonesia yang mulai bermain santai. Sayang, upaya mereka gagal. Alhasil, babak pertama berakhir dengan skor 4-1. Timnas U-19 menorehkan keunggulan di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Timnas U-19 mengganti beberapa pemain. Edgar Amping dan Ronaldo Kwateh dimasukkan oleh Shin Tae Yong. Tampak bahwa Shin berusaha memberikan penyegaran untuk skuad Indonesia. Apalagi, mereka sudah unggul tiga angka.

Terlepas dari itu, tekanan masih diberikan oleh skuad Indonesia ke lini pertahanan Myanmar. Terlihat bahwa mereka tidak ingin membiarkan Myanmar mengembangkan permainan. Malah, mereka masih mencari kesempatan untuk mencetak gol lewat dua sisi sayap.

Pada menit 73, Timnas U-19 kembali mencetak gol lewat sepakan Ronaldo Kwateh. Pada sisa babak kedua, skuad Garuda Nusantara terus menekan lini pertahanan Myanmar. Mereka masih menerapkan permainan agresif.

Namun, hingga babak kedua tuntas, skor 5-1 untuk Timnas U-19 masih bertahan. Kendati menang besar, Garuda Nusantara tetap gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022, lantaran di laga lain, Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1.

Baca Juga: Walau Berat, Timnas U-19 Optimistis Lolos ke Semifinal Piala AFF

Baca Juga: Shin Minta Timnas U-19 Menunjukkan Mental Juara di Laga Terakhir

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya