Mengenal Jack Grealish, Pemercik Fantasi di Sepak Bola Inggris

Grealish bisa bawa Inggris ke dunia kaya imajinasi

Jakarta, IDN Times - Sepak bola Inggris, sejak zaman dahulu, tidak mengenal kata fantasista. Tidak seperti Italia, sepak bola Inggris hanya berisikan dua hal: etos dan kerja keras. Siapa yang bekerja lebih keras, dia akan dihargai. Jack Grealish tentu paham ini.

Omongan ini jelas bukan pepesan kosong. Saat juara Piala Dunia 1966 silam, Inggris menerapkan taktik yang disebut kick dan rush. Taktik ini benar-benar memaksa pemain mengeluarkan kemampuan fisik terbaiknya.

Zaman dahulu, sebelum taktik memiliki banyak diversifikasi seperti zaman sekarang, sepak bola Inggris hanya dikenal dengan kekuatan fisiknya saja. Fantasi adalah hal yang tabu. Alhasil, pemain-pemain macam Matthew Le Tissier maupun Glenn Hoddle, hanya dikenal oleh selentingan orang saja.

Pengecualian berlaku untuk Paul Gascoigne, karena ia sanggup membawa Inggris melaju ke semifinal Piala Dunia 1990 dan Piala Eropa 1996. Tetapi ya itu, karena fantasi tidak termaksimalkan dengan baik, Inggris belum lagi mampu mengecap prestasi layaknya 1966.

Kini, di tengah diversifikasi taktik yang sudah mulai menjangkiti sepak bola Inggris, Grealish muncul memberikan sebuah fantasi buat sepak bola Inggris. Dia, yang lahir dari keluarga pendukung setia Aston Villa, menawarkan imajinasi bagi Inggris.

1. Karier Grealish yang lekat dengan klub medioker

Mengenal Jack Grealish, Pemercik Fantasi di Sepak Bola Inggrisgoal.com

Grealish lahir di kota yang tidak terlalu besar di Inggris, Birmingham. Tempat tinggalnya berada dekat dengan pabrik mobil Land Rover, tempat di mana beberapa tetangganya bekerja dan mencari nafkah. Secara harfiah, Grealish tumbuh dari kelas pekerja.

Budaya kelas pekerja pun pada akhirnya merasuk ke dalam diri Grealish secara tidak langsung. Namun, nyatanya, itu tidak memengaruhi permainan sepak bolanya. Mereka yang menyaksikan Grealish sedari kecil, justru kagum dengan tekniknya, bukan fisiknya.

Namun, pada akhirnya, fisik Grealish pelan-pelan terasah karena dia sering bermain Gaelic football. Dengan dasar permainan Gaelic football ini, Grealish mulai menekuni sepak bola bersama klub Highgate United. Pada 2001, Aston Villa mencium bakatnya dan merekutnya masuk akademi.

Dari sinilah, karier sepak bola Grealish dimulai. Sempat dipinjamkan ke Notts County, dia akhirnya melakoni debut bersama tim senior Villa di Premier League pada 7 Mei 2014. Dia juga jadi salah satu pemain yang tetap bertahan saat Villa terdegradasi ke Divisi Championship.

Jika ditotal, sejauh ini Grealish kurang lebih sudah menorehkan 213 penampilan bersama Villa di semua kompetisi, berbalut catatan 32 gol. Torehannya ini masih bisa bertambah, mengingat Grealish saat ini masih bersama Villa.

Baca Juga: 5 Pemain Top Inggris yang Tersingkir dari Skuad Timnas Inggris

2. Sempat bela Irlandia, Grealish memutuskan bela Inggris

Mengenal Jack Grealish, Pemercik Fantasi di Sepak Bola Inggrispotret Jack Grealish di Timnas Inggris(news.sky.com)

Memiliki darah Irlandia dari kakek dan nenek, selain membuat Grealish mencicipi Gaelic football, akhirnya membuat pria kelahiran 1995 tersebut sempat membela Timnas junior Irlandia. Tercatat, dia pernah main untuk Irlandia U-17, U-18, dan U-21.

Namun, pada 2016, Grealish memutuskan untuk membela Timnas Inggris, dan Turnamen Toulon jadi kompetisi perdana yang dia jalani sebagai penggawa Inggris. Dia sukses membawa Inggris menjuarai turnamen tersebut.

Pada 31 Agustus 2020, Grealish mendapatkan panggilan Inggris senior pertamanya untuk laga lawan Denmark dan Islandia di ajang UEFA Nations League. Grealish pun menjalani debut pada September 2020, dalam laga yang berkesudahan 0-0 itu.

Jika ditotal, sejauh ini Grealish sudah menorehkan 10 penampilan bersama Inggris. Dia belum menyumbangkan satu gol pun untuk Inggris hingga saat ini.

3. Grealish adalah pemain penuh fantasi

Mengenal Jack Grealish, Pemercik Fantasi di Sepak Bola Inggristwitter.com/JackGrealish

Kendati bukan negara sepak bola dengan budaya fantasi, Inggris sempat melahirkan beberapa fantasista kenamaan dari zaman ke zaman. Ada Gascoigne, Le Tissier, Hoddle, serta beberapa nama lain yang bisa dikategorikan sebagai fantasista.

Nah, satu dari sekian fantasista itu adalah Grealish. Selain teknik olah bola mumpuni, Grealish punya gaya dribel yang menarik. Ketika mendribel, bola seolah-olah menempel di kakinya dan tidak mau lepas.

Sebagai seorang fantasista, Grealish tentu andal dalam memberikan umpan serta menciptakan peluang. Namun, salah satu kemampuan unik Grealish adalah kemampuannya melewati lawan secara halus. hal ini yang diakui oleh orang-orang yang memantaunya sejak muda.

"Dia (Grealish) memang tidak cepat. Tetapi dia punya kemamopuan untuk melewati lawan layaknya hantu. Talentanya benar-benar unik. Dia adalah pemain terkomplet yang mungkin pernah dihasilkan Villa," ujar mantan Direktur Akademi Villa, Bryan Jones.

Alhasil, tidak heran saat Villa kembali ke Premier League di musim 2019/20, Grealish jadi pemain Aston Villa yang paling banyak dilanggar. Di musim 2019/20 saja, total dia dilanggar sebanyak 167 kali. Catatan ini jadi yang terbanyak sepanjang sejarah Premier League.

Dengan segala kemampuannya ini, Grealish pun membawa Villa menuju sebuah dunia imajinasi yang mengagumkan. Dia juga yang membuat Villa mampu bersaing di Premier League pada musim 2019/20 dan 2020/21, berkat fantasi permainan yang dia pertontonkan.

4. Masalah yang pernah menimpa Grealish

Mengenal Jack Grealish, Pemercik Fantasi di Sepak Bola Inggrisskysports.com

Meski punya kemampuan apik, Grealish nyatanya beberapa kali kerap terlibat masalah. Selain masalah indisipliner ketika muda, baru-baru ini, tepatnya pada Maret 2020, Grealish pernah dihukum lantaran melanggar aturan karantina yang ditetapkan pemerintah Inggris.

Tidak cuma itu, Grealish juga pernah terkena hukuman larangan mengemudi selama sembilan bulan dan denda sebesar 82,499 pounds lantaran kedapatan mengendarai mobil secara ugal-ugalan. Beberapa kali, dia sempat terkena masalah.

Namun, terlepas dari masalah yang menimpa hidupnya, banyak orang mengagumi permainan dari Jack Grealish ini. Selain untuk Aston Villa, dia bisa membawa Inggris kepada dunia imajinasi yang mungkin tak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Baca Juga: 6 Kekalahan Timnas Inggris Saat Adu Penalti pada Turnamen Besar

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya