Menilik Catatan 4 Penyerang yang Dipanggil Timnas Indonesia

Indonesia memanggil empat penyerang

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia sudah menentukan nama-nama yang akan memperkuat tim di dua laga FIFA Matchday lawan Curacao, 24 dan 27 September 2022 mendatang. Dari nama-nama itu, empat di antaranya berposisi sebagai penyerang.

Empat nama itu adalah Dendy Sulistyawan, Muhammad Rafli, Ramadhan Sananta, dan Muhammad Dimas Drajad. Mari kita menilik, seperti apa catatan dari keempat penyerang tersebut sejauh ini di gelaran Liga 1 2022/23.

1. Dimas dan Ramadhan paling produktif

Menilik Catatan 4 Penyerang yang Dipanggil Timnas IndonesiaDimas Drajad (instagram.com/dimasdrajad)

Dari empat nama ini, ada dua yang menarik perhatian. Mereka adalah Dimas Drajad dan Ramadhan Sananta. Keduanya jadi yang paling produktif. Dimas mencetak empat gol dari sembilan laga, sedangkan Ramadhan menorehkan tiga gol dari enam laga.

Dimas dan Ramadhan sama-sama jadi andalan di lini depan klub mereka sejauh ini. Dimas jadi tumpuan Persikabo 1973, sedangkan Ramadhan jadi andalan PSM. Keduanya juga cukup matang, dan mampu bersaing dengan para penyerang asing.

Sebagai penyerang, Ramadhan dibekali kecepatan dan juga naluri mencetak gol yang apik. Hal itu tampak ketika PSM menumbangkan Persib dan Persebaya. Sedangkan Dimas, pengalamannya bersama Timnas U-19 menjadikannya lebih matang di tim senior.

Bahkan, Dimas turut berperan aktif saat Timnas Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu. Meski hanya menyumbang satu gol, pergerakannya sukses membuat pertahanan lawan kelimpungan.

Baca Juga: Elkan Baggott: Shin Tae Yong Membentuk Saya di Timnas Indonesia

2. Rafli dan Dendy juga punya nilai lebih

Menilik Catatan 4 Penyerang yang Dipanggil Timnas IndonesiaIDN Times/Tunggul Kumoro

Dibandingkan Ramadhan dan Dimas, torehan gol Dendy Sulistyawan dan Muhammad Rafli memang lebih sedikit. Dendy baru mencetak dua gol dari 10 laga, sedangkan Rafli belum mencetak gol sama sekali dari enam laga.

Kendati minim gol, Dendy dan Rafli memiliki nilai tambah lain yang bisa membuat lini depan Indonesia lebih berwarna. Mereka andal dalam membuka ruang dan melakukan penetrasi. Mereka juga bisa berkombinasi dengan pemain dari lini kedua.

3. Adanya variasi di lini depan Timnas Indonesia

Menilik Catatan 4 Penyerang yang Dipanggil Timnas IndonesiaTimnas Indonesia menjalani latihan di Bandung. (pssi.org)

Hadirnya empat nama penyerang di Timnas Indonesia kelak memberikan variasi tersendiri. Ada banyak pilihan skema yang bisa diterapkan oleh Shin Tae Yong, dengan kehadiran Dimas, Ramadhan, Dendy, dan Rafli.

Lebih jauh, laga lawan Curacao ini bisa jadi momen bagi Shin untuk mengutak-atik skema Timnas Indonesia. Laga ini juga akan jadi ujian bagi para penyerang skuad Garuda untuk membuktikan kualitas di hadapan Shin.

Baca Juga: Buntut Perang, Timnas Rusia Dilarang Ikut Kualifikasi Piala Eropa 2024

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya