Comscore Tracker

Menilik Kekuatan Lawan Bali United dan PSM di AFC Cup 2022

Jalan panjang harus ditempuh Bali United dan PSM

Jakarta, IDN Times - Bali United dan PSM Makassar sudah mendapatkan lawan untuk ajang AFC Cup 2022. Berdasarkan hasil undian yang dilakukan pada Senin (17/1/2022) sore, kedua tim asal Indonesia itu mendapatkan lawan yang cukup menyulitkan.

Bali United tergabung di Grup G bersama Kaya FC Iloilo, Kedah Darul Aman, dan pemenang antara Visakha FC dan Young Elephants. Sedangkan PSM, mereka akan bersua Kuala Lumpur City FC, Shan United/Ayeyawady United, serta Tampines Rovers.

Mari kita sama-sama menerka, bagaimana prediksi perjalanan kedua tim, serta kekuatan dari lawan-lawan kedua tim di fase grup AFC Cup 2022.

1. Bali United akan direpotkan Kaya FC dan Kedah

Menilik Kekuatan Lawan Bali United dan PSM di AFC Cup 2022Sejumlah pesepak bola Kaya FC Iloilo menjalani sesi latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Senin (9/3/2020). Latihan dilakukan jelang laga penyisihan Grup H Piala AFC 2020 antara Kaya FC Iloilo melawan PSM Makasar yang akan berlangsung Selasa (10/2) pukul 15.30 WIB di Stadion Madya Senayan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Ada dua lawan berat yang sudah menunggu Bali United di fase grup AFC Cup 2022. Mereka adalah Kaya FC Iloilo dan Kedah Darul Aman. Kaya FC punya pengalaman bersua klub Indonesia, tepatnya PSM Makassar, pada gelaran AFC Cup 2019 lalu.

Kala itu, Kaya FC sempat merepotkan PSM saat kedua tim bersua di Stadion Pakansari, Cibinong. Namun, PSM mampu membalas hasil imbang itu dengan kemenangan di Panaad Stadium. Sedangkan Kedah, mereka juga tidak bisa dianggap remeh.

Kedah adalah runner-up Liga Super Malaysia pada 2021 lalu. Mereka juga adalah peraih gelar Piala FA Malaysia pada 2019, serta menjadi runner-up Piala Malaysia pada 2019. Kedah juga diperkuat salah satu penggawa Timnas Malaysia, Syafiq Ahmad.

Baca Juga: [BREAKING] Bali United dan PSM Makassar Gabung Grup Maut AFC Cup 2022

2. PSM Makassar bersua Tampines Rovers

Menilik Kekuatan Lawan Bali United dan PSM di AFC Cup 2022Instagram.com/tampinesrovers

PSM Makassar akan bersua lagi dengan beberapa lawan yang kerap bertemu klub Indonesia di AFC Cup. Ada Tampines Rovers dan Shan United/Ayeyawady United yang pernah bertemu klub Indonesia lain. Shan United/Ayeyawady United pernah bersua Persija Jakarta/Persib Bandung di AFC Cup.

Sedangkan Tampines Rovers, mereka pernah menumbangkan PSM dalam gelaran AFC Cup 2020. Ketika itu, PSM benar-benar kesulitan meladeni Tampines yang memang tampil ciamik. Tampines juga masih berstatus klub papan atas Singapura.

Sementara itu, Kuala Lumpur City FC adalah klub peraih gelar Piala Malaysia pada 2021. Mereka juga pernah menjadi tim tempat salah satu pemain Indonesia, Achmad Jufriyanto, bermain. Mereka punya potensi kekuatan untuk mengancam PSM.

3. Langkah panjang Bali United dan PSM menuju pucuk AFC Cup

Menilik Kekuatan Lawan Bali United dan PSM di AFC Cup 2022PSM Makassar di Liga 1 2021/2. (ligaindonesiabaru.com)

Berbeda dengan klub-klub yang menghuni Grup A sampai C, atau yang masuk ke dalam grup Asia Barat, perjalanan Bali United dan PSM yang masuk dalam zona ASEAN jauh lebih panjang menuju pucuk AFC Cup. Jika lolos grup, mereka akan masuk dalam semifinal zona ASEAN.

Selepas itu, jika menang di semifinal zona ASEAN, mereka akan berhadapan di final. Pemenang dari final akan masuk ke dalam semifinal dan final inter zona, mempertemukan mereka dengan tim dari zona Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Timur.

Lolos dari final zona, barulah mereka akan bersua di final dengan pemenang dari zona Asia Barat. Intinya, perjalanan berliku kudu ditempuh Bali United dan PSM menuju ke babak final AFC Cup 2022.

Berikut adalah hasil lengkap undian AFC Cup 2022.

(Asia Barat, Grup A sampai Grup C)

Grup A: Al Ansar, Al Seeb, Jableh, Al Kuwait
Grup B: Al Riffa, Shabab Al Khalil, Dhofar, Al Arabi
Grup C: Tishreen, Nejmeh, East Riffa, Hilal Al Quds

(Asia Selatan, Grup D)

Grup D: Gokulam Kerala, Bashundhara Kings, Maziya, pemenang play-off zona Asia Selatan

(Asia Tengah, Grup E dan Grup F)

Grup E: Nasaf Qarshi, Attyn Asyr, CSKA Pamir Dushanbe, Neftchi
Grup F: Khujand, Dordoi, Kopetdag

(Asia Tenggara (ASEAN), Grup G, Grup H, dan Grup I)

Grup G: Kaya FC Iloilo, Bali United, Kedah Darul Aman, pemenang play-off zona ASEAN
Grup H: Kuala Lumpur City FC, Shan United, Tampines Rovers, PSM Makassar
Grup I: Viettel, Hougang United, Phnom Penh Crown, Hantharwady United

(Asia Timur, Grup J)

Grup J: Eastern, MUST CPK, Tainan City, pemenang play-off Asia Timur

Baca Juga: Barter, Persik Kediri Pinjamkan Ahmad Agung ke Bali United

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya